serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Penting Banget! Inilah Pertolongan Pertama Pada Orang Tersedak
Hai Semua!

emoticon-Hai



Siapa aja bisa kesedak. Waktu makan bakso, karena asik ngobrol baksonya pun ketelan bulat-bulat. Ada juga bocil yang kesedak koin, kelereng, sama buah rambutan. Pokoknya banyaklah penyebab kesedak! Kalo dalam ilmu medis, kesedak, keselek, atau tersedak adalah kondisi di mana seseorang nggak sengaja menelan sesuatu yang menyebabkan tersumbatnya jalan napas.

Ada beberapa ciri-ciri orang tersedak yang harus banget untuk ditolong. Ciri-cirinya adalah:

• Megap-megap karena sulit bernapas.
• Wajah pucat berangsur kebiruan.
• Nggak mampu ngomong
• Batuk melemah
• Tangisan lirih dan melemah (pada bayi)

Nah, kalo udah ngeliat orang dengan gejala di atas, segera beri pertolongan pertama! Bahaya banget kalo telat, soalnya si korban bisa lewat. Lantas pertolongan pertama yang kayak gimana yang bisa kita lakukan? Itu yang bakal ane paparin sekarang berdasarkan pelajaran dan pengalaman ane waktu praktek di RS, ya, Gengs. Simak thread-nya sampe habis!

Jangan Panik!


pixabay.com/filmbetrachter

Ini penting banget! Panik nggak bakal ngebantu sama sekali. Yang ada suasana bertambah chaos sehingga orang pun bingung mau ngelakuin apa. So, kalo ketemu situasi gawat darurat berusahalah untuk tetap tenang sebelum memberi pertolongan. Kalo misal kalian panik, lebih baik menjauh dari lokasi kejadian dan carilah bantuan. Asli, ane kalo lagi ngerawat pasien terus keluarganya panik banget, ane jadi ikut gugup buat ngelakuin sesuatu. Maklum masih newbie, hihi.

Baca juga: Semua Harus Tahu! Inilah Langkah Tepat Pertolongan Pertama pada Pasien Keseleo

Berikan Pertolongan Secepat Mungkin

Yang namanya pertolongan pertama harus dilakukan dengan sigap, Gengs. Kalo dinanti-nanti bakal fatal akibatnya. So, kalo kalian ngerasa mampu buat memberi pertolongan pada si korban, langsung kasih tanpa tunggu-tunggu dan ragu-ragu.

Berikut beberapa teknik pertolongan yang bisa kalian terapin.

Teruslah Batuk



Jika korban tersedak masih bisa batuk dengan efektif, maka jangan lakukan tindakan apapun selain menyuruh korban terus batuk sampe objek asing tersebut keluar. Itu karena korban cuma ngalamin kesedak parsial. Contohnya orang yang kesedak nasi gara-gara makan sambil ngobrol.

Ingat,jangan kasih minum ke orang yang tersedak karena itu bikin jalur napas korban makin tersumbat akibat adanya penumpukan cairan di jalan napas! Kasih minumnya ntar aja kalo benda asingnya udah keluar.

Tapi kalo korban batuknya udah melemah bahkan gabisa sama sekali, lakukan teknik berikut ini!

Heimlich Maneuver

Quote:


Teknik ini dilakukan kalo korbannya usia > 1 tahun.Kalo masih bayi jangan coba-coba! Bisa remuk tulang bayinya ntar, soalnya teknik ini tuh dilakukan dengan cara ngasih tekanan kuat di ulu hati korban sampe objek yang nyebabin kesedak keluar. Gini caranya.

Quote:

Kalo misal kalian sendiri yang tersedak dan nggak ada orang yang bisa bantuin, maka teknik heimlich manueverini bisa dipake. Caranya kalian harus sangga perut pake benda keras, biasanya sih sandaran kursi lalu hentakkan dengan posisi tangan sama dengan prosedur di atas. Lebih jelasnya kayak gambar di bawah ini.

Quote:


***

Chest Thrust

Quote:


Biasanya teknik heimlich maneuverudah cukup ampuh buat ngatasin tersedak. Tapi kalo misal masih gagal dan si penolong masih kuat, maka teknik yang satu ini bisa diterapin. Caranya dengan ngasih tekanan yang kuat di dada korban. Bisa sambil berdiri (kayak posisi heimlich manuever) atau minta korban untuk nyender di dinding atau berbaring, lalu beri tekanan sebanyak 5 kali di dada korban dengan telapak tangan. Oiya, teknik ini bisa banget dilakukan untuk korban yang sedang hamil atau penderita obesitas.

Chest thrust juga bisa dilakuin ke bayi loh. Tapi jangan lakukan penekanan dada bayi dengan telapak tangan. Cukup gunakan 2 atau 3 jari aja. Hentakannya jangan kuat-kuat, disesuaikan ajalah.

***

Finger Swab/Sweeb

Quote:


Teknik ini gampang banget, cukup dengan menyapu saluran napas korban dengan jari buat ngambil benda asing yang nyangkut di sana. Kayak rambut, sayuran, atau benda lainnya. Syarat dari teknik ini adalah, benda asing tersebut harus terlihat oleh mata.Kalo misalnya nggak keliatan, jangan coba-coba deh buat ubeg-ubeg tenggorokan korban pake jari. Takutnya benda asing itu malah makin terdorong jauh ke saluran napas korban. Kan bahaya?!

Finger swab juga cocok untuk bayi ya.

***

Back Blows

Quote:


Khusus untuk bayi atau anak-anak, kalo misal benda asingnya nggak dapat dilihat, maka lakukan back blows. Begini caranya!

Quote:


Ingat, teknik di atas cuma buat korban yang masih sadarkan diri.Kalo korban udah nggak sadarkan diri, maka langka selanjutnya adalah dengan melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru). RJP hendaknya dilakukan oleh profesional, tapi nggak ada salahnya kalau masyarakat awam untuk belajar RJP.

Karena prosedur RJP panjang banget, mungkin ane akan jelasin di lain thread. Tungguin ya.

Sekian

Terima kasih udah mampir.

Sumber:
1, 2, 3, 4



Diubah oleh serbaserbi.com 29-10-2022 07:06
crazzyid
fachri15
provocator3301
provocator3301 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan