Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vinandafebrianiAvatar border
TS
vinandafebriani
Awas Penipuan Atas Nama BCA, GanSist Bisa Cek Lewat Sini!


Gan n Sist nasabah Bank Central Asia (BCA)? Pernah nggak gan n sist dapat edaran mengatasnamakan BCA yang setelah diusut, rupanya itu hoaks? Ternyata banyak juga loh, masyarakat kita yang masih percaya sama hal-hal beginian.

Jadi ane mau sharing hasil #rapathansip di Craftote Caffee tadi siang bersama Mafindo dan Kaskus. Tadi dalam rapat hansip itu, hadir agan Maulana Viliano (agan Olan) yang merupakan Deputi Manager Digital Marketing PT. BCA. Pada forum istimewa itu, agan Olan bercerita tentang hoaks-hoaks yang mengatasnamakan BCA.

Salah satunya adalah surat palsu mengatasnamakan BCA. Sebenarnya bukan hanya BCA saja yang dicatut, tapi juga bank yang lain. Meskipun modus operandinya sebenarnya sudah bisa terdeteksi sejak awal, alias nggak rapi dalam hal format dan penulisan kalimat dalam surat, tapi tetep aja Gan n Sist, banyak orang yang udah ketipu.



Tentunya ini ngerugiin banget, terutama buat Bank BCA itu sendiri. Makanya sejak maraknya penipuan jenis ini, BCA bikin kampanye Awas Modus di medsos, lewat website dan situs resmi BCA.

Penipuan lain mengatasnamakan BCA dalam bentuk Social Engineering, penipuan ini bisa berupa dua bentuk: kesenangan atau kesedihan.

Agan Olan jelasin ke kita, kalau pernah ada penipuan mengatasnamakan BCA dengan nomor +628 1500 889 atau sejenisnya. Nah, agan Olan mastiin kalau itu BUKAN NOMOR RESMI BCA. Kata agan Olan, nomor resmi BCA hanya 1500 889 tanpa tambahan angka sebelum dan sesudahnya. Sedangkan kalau WA, pasti CEKLIS HIJAU PADA PROFIL, BUKAN FOTO PROFIL.

Agan n Sist hati-hati kalau ada orang telpon atas nama BCA, terus nyebutin nomor rekening atau kartu ATM/Kredit agan n sist. Jangan langsung percaya.

"Coba buktiin kalau kamu pegawai BCA!" Kata agan Olan.

Oh ya, soal Kartu Kredit nih, sering ada yang kehipnotis kayak kedorong buat bagiin kode OTP. Jangan pernah bagiin ke siapapun kode rahasia itu ya gan n sist, biarlah kamu dan Tuhan yang tahu, bahkan pacar atau pasangan agan n sist pun sebisa mungkin jangan dikasihtau. Itu privat, sangat sangatlah privat!

Terus tadi ada Pak Hansip ngasih tambahan juga terkait kartu kredit, kalau agan n sist dapat surat tagihan kredit yang berbentuk fisik, sebelum dibuang dihancurin dulu sampai benar-benar tidak kebaca nomor-nomor pentingnya ya. Soalnya ada aja penjahat yang bisa gunain nomor-nomor itu buat nipu agan n sist.

Begitu juga kalau agan n sist beli paket lewat e-commerce, habis buka paket jangan lupa alamat agan n sist dihancurin dulu sebelum dibuang. Biar nggak ada penjahat di luar sana yang gunain alamat agan n sist untuk tindak kejahatan yang merugikan.

Terakhir, kalau agan n sist pengen tau info terbaru soal penipuan di BCA, agan n sist bisa pantau di bca.co.id/awasmodus biar bisa apdet info modus penipuan terbaru mengatasnamakan BCA.
Diubah oleh vinandafebriani 29-10-2022 14:53
bintang105
sandro.anton064
vasilizaitsev
vasilizaitsev dan 21 lainnya memberi reputasi
22
2.3K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan