masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Banyak Digemari, Ini Beberapa Makanan Khas Indonesia yang Melalui Proses Fermentasi
Menjadi makanan khas Indonesia yang digemari oleh banyak orang, berikut ini beberapa jenis makanan tradisional yang melalui proses fermentasi


Indonesia, negara yang terdiri atas banyak pulau ini selain dikenal dengan daerah pariwisatanya yang indah dan disoroti oleh Mancanegara juga memiliki adat budaya, tradisi, serta makanan-makanan khas dari daerah yang tidak kalah menarik untuk dieksplorasi.

Dari setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing mulai dari bahasa, kesenian, makanan, dan juga adat budaya sehingga membuat Indonesia semakin kaya dengan keanekaragaman.

Membahas terkait tentang makanan khas dan keanekaragaman, kali ini TS akan membahas tentang beberapa keanekaragaman jenis makanan Indonesia yang dibuat melalui proses fermentasi.

Apa itu fermentasi?

Fermentasi merupakan peragian di dalam pengolahan bahan pangan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengubah karbohidrat menjadi alkohol, asam amino organik, atau karbondioksida dengan menggunakan ragi, bakteri, fungi atau kombinasi antara ketiganya.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa makanan khas yang dibuat melalui proses fermentasi dan diantaranya adalah sebagai berikut.




1. Tempe

Membahas tentang tempe tentu hampir semua orang kenal dan pernah mencobanya.
Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang telah ada sejak kurang lebih 400 tahun yang lalu. Dibuat dari kacang kedelai atau kacang dan biji-bijian lainnya dengan menggunakan proses peragian.

Mulai dari orang miskin, kelas menengah atau bahkan orang kaya, semuanya menjadi tempe sebagai makanan favorit bahkan orang luar negeri pun juga menyukai tempe.

2. Tape

Tape atau tapai, makanan ini bisa dibuat dari beberapa jenis bahan dasar GanSis, yaitu ketan, beras, atau juga bisa singkong.
Hampir sama dengan proses pembuatan tempe, membuat tape juga membutuhkan ragi khusus untuk proses fermentasi.

Untuk proses fermentasi tape sendiri membutuhkan waktu yang cukup beragam GanSis, ada yang hanya membutuhkan waktu satu hari satu malam, atau bisa lebih.

Di daerah Jawa Barat khususnya Bandung, tape memiliki nama lain yaitu Peuyeum. Hampir sama dengan tape pada umumnya, hanya saja peuyeum dibuat dari singkong yang berbentuk utuh tidak dipotong selayaknya tape singkong pada umumnya.

3. Brem

Makanan khas Wonogiri ini juga melalui proses fermentasi GanSis. Brem merupakan kue khas Wonogiri yang terbuat dari beras ketan atau air tape yang difermentasi menggunakan ragi.
Hampir mirip dengan kue sagon, tetapi rasa dari Brem memiliki ciri khas kue hasil fermentasi.

4. Tempoyak

Bagi masyarakat Sumatera khususnya daerah provinsi Lampung dan Palembang tentu sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini.
Tempoyak merupakan makanan khas dari masyarakat suku Melayu yanh terbuat dari olahan durian yang sudah difermentasi.

Durian fermentasi atau tempoyak ini bisa dimakan untuk lauk secara langsung atau digunakan sebagai bahan campuran makanan lain, rasanya yang khas menambah kenikmatan dari setiap rasa makanan.

5. Oncom

Makanan khas Jawa Barat ini seringkali dipandang sebelah mata karena dibuat dari sisa-sisa olahan makanan yang lain.
Oncom terbuat dari ampas kedelai, ampas tahu, atau ampas kelapa yang difermentasikan GanSis, meskipun terbuat dari sisa olahan makanan lain oncom tetap digemari oleh banyak orang karena rasanya yang enak dan bisa diolah untuk beberapa jenis menu masakan.



Berikut tadi GanSis beberapa jenis makanan khas Indonesia yang dibuat melalui proses fermentasi.

Selain 5 jenis makanan di atas masih banyak lagi makanan-makanan khas Indonesia yang dibuat melalui proses fermentasi yang patut Agan Sista coba agar tahu rasa dan kenikmatannya.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan Agan Sista tentang makanan khas tradisional Indonesia.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
azhuramasda
cahlenong
abunabil19
abunabil19 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.9K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan