masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Dari Menjalankan Sebuah Hobi, Ini Hal-hal yang Tak Boleh Dilupakan Oleh Setiap Orang
Sering terlupakan, ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjalankan sebuah hobi


Hobi atau kegemaran, seringkali membuat seseorang menjadi keranjingan atau kegilaan sehingga dapat melakukan apapun asal hobinya dapat terpenuhi.

Tentu saat sebuah kegemaran atau kesenangan mengalahkan sesuatu yang bersifat wajib untuk dilakukan itu tandanya sudah bukan sebuah kebenaran ya GanSis. Seseorang harus lekas sadar dan kembali melakukan semuanya sesuai dengan keharusan agar tidak mengalami dampak atau resiko buruk entah itu bagi diri sendiri atau orang-orang yang ada di sekitar.

Kembali kepada maksud dan tujuan adanya sebuah hobi yang dilakukan, yaitu untuk relaksasi atau membuat diri bahagia setelah melakukan aktivitas padat dan berat menjalankan pekerjaan kantor, menyelesaikan masalah hidup, atau yang lainnya. Melihat fungsi hobi seperti yang telah disebutkan tentu jangan sampai hobi yang dijalankan menambah beban bagi pelakunya atau membuat masalah bertambah dan akhirnya hobi yang dijalankan tidak memiliki manfaat apapun.

Ternyata dari menjalankan sebuah hobi sendiri masih banyak orang yang mengabaikan aturan dan melupakan pakem yang seharusnya tetap dijaga GanSis.

Berikut ini beberapa hal yang seharusnya tidak boleh dilupakan oleh setiap orang yang memiliki hobi entah apapun itu bentuk hobinya.




1. Waktu Istirahat

Menjalankan banyak pekerjaan dalam waktu satu pekan kemudian memiliki waktu istirahat satu hari di hari libur, ternyata banyak orang yang salah memanfaatkan waktu istirahat tersebut dengan menjalankan hobi secara ugal-ugalan dan tanpa aturan.

Waktu satu hari libur kerja harus benar-benar dimanfaatkan sebagai mungkin GanSis, jangan sampai kalian lupa untuk istirahat karena tubuh dan pikiran juga perlu untuk diistirahatkan agar kembali bugar dan siap menghadapi tantangan hidup selanjutnya.

Memang benar hobi merupakan cara relaksasi, tetapi saat olahraga atau aktivitas berat dijadikan sebagai sebuah hobi maka tubuh tetap harus bekerja keras sehingga ada dampak dan resiko bahaya kelelahan atau yang lainnya.

2. Kebersamaan dengan Keluarga

Kehidupan seseorang tidak ada yang pernah bisa menebak sampai kapan, itulah sebabnya seseorang harus memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari.

Menyempatkan waktu untuk menjalin kehangatan bersama keluarga entah itu hanya sekedar ngobrol-ngobrol atau liburan tetap harus dilakukan karena Agan Sista tidak pernah tahu siapa yang akan mendahului siapa dan kapan waktunya.
Jangan sampai hanya karena menjalankan hobi dengan tanpa tahu aturan kemudian GanSis tidak menyempatkan waktu bersama keluarga.

3. Pengeluaran

Selain waktu istirahat dan keluarga, Agan Sista juga tidak boleh melupakan sudah berapa banyak pengeluaran yang diperuntukkan hanya untuk bersenang-senang. Masih banyak orang yang berdalih mencukupi hobi tetapi ternyata mereka sudah berlebih-lebihan sampai tidak sadar telah menjadi boros karena hobi yang dilakukan.

Ingat, kehidupan meskipun tidak tahu sampai kapan tetapi akan selalu ada yang dibutuhkan di setiap waktunya GanSis.
Jangan sampai saat kalian butuh uang kemudian tidak memiliki uang sepeserpun karena uang kalian habis untuk menjalankan hobi.

4. Mengganggu atau Merugikan Orang Lain

Disini ada yang hobinya mengganggu dan merugikan orang lain?
Mungkin memang tidak secara terang-terangan mengganggu atau merugikan orang sekitar, tetapi saat Agan Sista melakukan hobi tanpa memikirkan dampaknya maka bisa jadi kalian telah menjalankan hobi yang tidak baik.

Contoh kasus untuk seseorang yang hobi mendengarkan musik, kemudian mereka menyetel musik keras-keras di rumah sedangkan rumah kalian tidak kedap suara. Musik yang kalian putar bukan kalian sendiri yang mendengarkan dan bisa jadi tetangga Agan Sista tidak menyukai itu karena mereka butuh istirahat atau ada keluarga yang sakit.

Konten Sensitif


Itulah tadi GanSis beberapa hal yang tidak boleh untuk dilupakan saat kalian menjalankan sebuah hobi dan kegemaran.

Banyak hal yang harus dipikirkan ulang ketika Agan Sista akan mencari sebuah kebahagiaan. Jangan sampai kalian mencari kebahagiaan dengan mengorbankan diri sendiri atau merugikan orang lain.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
cahlenong
ushirota
syaifudinseno
syaifudinseno dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.3K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan