serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Masakan Olahan Tempe Paling Enak (Versi TS)
Hai Semua!

emoticon-Hai

Karena hari ini Google ikut ngerayain hari Tempe Mendoan, nah ane juga mo ikut-ikutan. Bukan tentang tempe mendoan sih. Tapi ane mau bikin thread soal olahan tempe favorit ane. Simak sampe habis. Siapa tau favorit kita sama, ahaha.

***

Tempe Goreng



Sebagai penggemar tempe ane hampir memakan semua olahan tempe. Bahkan tempe mentah aja ane lahap wkwkwk, apalagi tempe goreng, yekan? Tempe goreng ala ane biasanya tempe udah dimarinasi pake bumbu khusus. Beli yang rencengan aja di warung. Marinasi lebih kurang 15 menit sambil ditaruh di kulkas. Habis itu goreng deh. Gorengnya harus sampe agak garing di luarnya tapi dalemnya lembut, beuhh enak beud kalo dimakan pake nasi panas mah.

***

Tempe Bacem


paxelmarket.co

Kalo kata emak, ane adalah orang Padang dengan selera Jawa. Karena ane emang sesuka itu sama masakan yang agak manis gurih dan ada kecapnya, termasuk tempe bacem. Walopun ane kurang suka sama tampilannya yang terlihat kayak tempe kumal, tapi rasanya cocok di lidah ane. Apalagi dimakan sama nasi panas dan sambel terasi yang nggak terlalu pedes. Enak banget pokoknya!

***

Tempe Crispy



Heheh ini namanya sok Inggris, pake istilah crispy-crispy segala. Padahal maksud ane tuh tempe goreng yang dijual sama abang-abang gorengan. Sebagai pecinta gorengan, ane nggak pernah bosen buat makan penganan tinggi kalori ini. Apalagi risol, bakwan, sama tempe goreng garing yang kalo dimakan banyak bikin mulut pegel wkwkwk. Menurut ane aneh sih orang yang ngga suka tempe crispy hihi.

Baca juga: Tempe Mendoan Jadi Doodle Google Hari Ini, Kenapa Ya?

***

Tempe Goreng Asam Manis


cookpad.com

Ini masakan emak favorit ane banget! Tempe yang sudah dipotong dadu dimarinasi dan digoreng bentar, jangan terlalu mateng. Lalu dibaur sama bumbu asem manis (asam jawa, saos tiram, dan kecap manis). Beuh rasanya beneran nampol! Ditambah pete juga enak banget. Jangan lupa bawang goreng biar makin gurih.

***

Sate Tempe


resepmamiku.com/rinihasrita

Agak lain emang, tapi asli ini enak. Tempenya disate barengan sama tahu, paprika, atau bahan lain yang disuka kemudian dibakar pake bumbu sate oles sederhana. Kalo ane biasanya pake kecap manis, saos sambal, bubuk kaldu, sama kacang giling terus dicampur rempah sesuai selera. Ntar dimakan pake mayones juga nikmat banget. Cobain deh.

Baca juga: Happy Diwali! Ini Dia Kudapan yang Wajib Ada di Perayaan Diwali India

***

Tempe Kering Campur Teri


kompas.com

Bikinnya gampang banget. Tinggal goreng tempe yang udah dipotong kayak stick tipis, teri, dan kacang tanah kalo suka terus nanti diaduk sama bumbu-bumbu. Biar lebih mantep ditambah irisan daun jeruk juga enak banget. Kalo ane biasanya tambahin kecap manis juga biar ada rasa manis gurihnya gitu. Dan ini tuh cocok banget buat anak kost kayak ane dulu, soalnya tahan lama alias ga gampang basi. Bisa dicemilin juga malah.

***

Gulai Tempe



Seperti yang ane udah bilang, kalo tempe tuh diapain aja enak, termasuk digulai. Ane sering bikin gulai tempe yang dicampur sama bahan lain. Kadang sama daging ayam, kadang telor puyuh, dan dicampur ke gulai tauco juga enak banget. Gulainya kayak biasa aja, ya sebisa kalian. Karena ane orang Padang, jadi bumbu yang ane pake, ya, ala gulai Padang.

***

Perkedel Tempe


buddyku.com

Cocok banget buat camilan pas hujan-hujan, Gengs. Bahannya mirip sama perkedel biasa (kentang atau jagung). Bedanya di sini kita pake tempe yang udah dihalusin sama terigu. Ya gitu aja. Makan dicocol sambal atau pake rawit enak banget. Gak cuma perkedel, dibikin bakwan juga maknyus. Bahannya mirip kayak bakwan biasa, cuma ditambah tempe doang. Cobain deh, Gengs.

***

Keripik Tempe


rinaresep.com

Kalo ini ane ga pernah bikin, tapi biasa beli di toko karupuak sanjai yang banyak banget di Kota Bukittinggi. Btw karupuak sanjai atau kerupuk sanjai adalah sebutan untuk beragam jenis kerupuk dan keripik khas Minangkabau. Kalian udah pernah nyoba?

***

So itu olahan tempe favorit ane, Gengs. Emang thread ini nggak ngasih pelajaran apapun karena ane cuma pengen berbagi hal yang ane sukai aja, hehe. Jadi makasih banyak buat yang udah baca sampe akhir. Kalian baik banget, hehehe.

Itu aja sih. Silakan komen menu olahan tempe favorit kalian. Ane tunggu.

Nb: maaf banget potonya ane sadur dari Google karena ane kalo masak jarang banget foto-foto 😭

Terima kasih udah mampir

Sumber:
pengalaman pribadi.


Diubah oleh serbaserbi.com 29-10-2022 03:07
azhuramasda
4ganku
cheria021
cheria021 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
5K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan