dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Bahaya Mandi Tengah Malam Bikin Rematik, Apa Benar?



Sejak kecil pasti kita pernah mendengar larangan mandi pada tengah malam karena dapat menyebabkan rematik. Bahkan secara logika hal tersebut bisa dikaitkan, sebab suhu air saat tengah malam terasa begitu dingin dan mungkin saja ada dampak negatifnya. Sehingga larangan tersebut hingga sekarang masih menjadi mitos urban yang belum banyak orang yang mengetahui kebenarannya.

Bila dipikir-pikir mandi tengah malam mungkin akan menyebabkan rasa mengigil hal inilah yang kadang-kadang dikait-kaitkan seseorang terkait penyakit rematik. Saat kita terus menerus merasa mengigil ketika mandi tengah malam, ada yang menganggap bahwa hal tersebut bisa memicu penyakit rematik terjadi. Apalagi ketika tubuh sedang kedinginan maka pembuluh darah menjadi mengecil. Lalu apa benar mandi malam hari dapat menyebabkan rematik? mari kita cermati thread berikut!


Konten Sensitif


Penyakit rematik merupakan suatu kondisi dimana bagian persendian di dalam tubuh terasa nyeri. Rasa nyeri yang dirasakan akan terus menerus muncul ketika kita menggerakan persendian tubuh. Sehingga untuk sementara waktu kita harus bergerak dengan pelan-pelan agar tidak terasa nyeri. Penyakit rematik ini biasanya disebabkan oleh gangguan imun pada tubuh yang menyebabkan sel imun tubuh menyerang bagian yang sehat. Jadi rematik bisa terjadi bukan hanya di sendi, tulang, otot bahkan organ pun dapat mengalaminya.

Lalu apa benar mandi malam bisa memicu munculnya penyakit rematik pada tubuh. Jawabannya adalah tidak, mandi pada malam hari sama sekali tidak berkorelasi dengan penyakit rematik sehingga hal ini dapat dikategorikan sebagai mitos zaman dahulu yang masih dipercaya hingga sekarang. Mau bagaimanapun kondisi dingin yang dihasilkan ketika mandi malam hari, hal tersebut sama sekali tidak dapat memicu terjadinya rematik.



Hal-hal yang sering dikait-kaitkan oleh orang masa lampau terkait bahaya rematik karena mandi malam hari yakni disebabkan suhu air pada malam hari sedang dingin-dinginnya. Hal ini diduga bisa berdampak pada persendian, otot dan tulang kemudian menimbulkan rematik atau rasa nyeri pada bagian-bagian tersebut. Ternyata hingga saat ini penelitian demi penelitian yang telah dilakukan sepakat untuk menetapkan bahwa tidak ada hubungannya sama sekali antara mandi malam dengan timbulnya penyakit rematik.

Jadi mitos mandi tengah malam dapat menyebabkan rematik harus gansis buang jauh-jauh. Penyakit rematik hanya dapat muncul karena kondisi spesifik seperti terjadinya mekanisme autoimun pada tubuh yang akhirnya menyerang sel-sel sehat seperti persendian. Alhasil timbul rasa nyeri tak tertahankan. Walaupun demikian mandi malam hari justru sangat tidak disarankan bagi penderita rematik. Karena mandi malam dapat memperburuk kondisi rematik yang diderita.



Bagi orang sehat, mandi malam tidak berdampak sebagai pemicu terjadinya penyakit rematik. Namun bagi penderita penyakit rematik, mandi malam hari dapat memperparah kondisinya. Yaitu suhu dingin dari air dapat membuat kapsul persendian mengkerut sehingga rasa nyeri yang dihasilkan semakin bertambah. Oleh sebab itu penderita penyakit rematik tidak disarankan untuk mandi malam hari. Kalaupun memang ingin mandi maka dianjurkan menggunakan air hangat.

—oOo—

Itu dia penjelasannya apakah mandi tengah malam dapat menyebabkan rematik. Rupanya hal tersebut hanyalah mitos. Mandi pada malam hari tidak ada kaitannya sama sekali dalam memicu munculnya penyakit rematik pada tubuh. Namun demikian, mandi tengah malam justru dapat berbahaya bagi orang yang sudah mengidap rematik karena mandi malam hari dapat memperparah rematik yang terjadi.


Sumber : Disini, disinidan disini
gpandita
shotgunBlues
evywahyuni
evywahyuni dan 15 lainnya memberi reputasi
16
5.3K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan