cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Si Rangking Satu Sekarang Jadi Apa?


Cangkeman.net - Tahun 2019 lalu, kalimat di judul artikel ini sempet trending di kolom Twitter. Seolah memberi kesan mengejek bahwa orang yang semasa sekolahnya hebat, kini bukan siapa-siapa. Gak sampai di sana, orang juga membanjiri komentar dengan pengalaman mereka satu kelas dengan si ranking satu. "Dulu yang aktif ke depan, apa kabarnya?","Yang dulu pelit contekan, sekarang udah sehebat apa?"

Lucunya, nada-nada kalimat tersebut sedikit demi sedikit melukai harga diri saya. Masa SMA, saya termasuk dalam murid yang aktif di kelas. Meskipun saya anti nyontek buku, saya gak pernah pelit kok ngasih contekan ke temen-temen. Malah, tiap pagi saya rutin bagi contekan PR buat satu kelas. Sekarang, apa saya sehebat diri saya yang dulu? Nggak.

Temen-temen yang dulu rajin nyontek justru menghilang satu persatu. Mereka sibuk menulis skripsi sampai mempersiapkan sidang yang saya sama sekali gak paham apa dan ngapain aja. Bahkan satu-dua orang berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Saya? Saya cuma lulusan SMA yang 2 tahun terakhir luntang-lantung jadi pengangguran, wahahaha.

Saya berusaha keras menanamkan pepatah, kalo setiap bunga mekar dengan caranya sendiri. Tapi trend topik di Twitter saat itu berhasil mengguncang saya. Apa yang warganet bicarakan seolah ngasih tamparan bahwa keadaaan memang begitu adanya, kalo si anak berprestasi semasa sekolah, dewasanya bukan siapa-siapa.

Di sisi lain, saya gak terima dengan stereotip warganet yang semasa sekolah ngasih cap negatif terhadap orang 'pinter'. Contohny seperti aktif menjawab pertanyaan di papan tulis  itu dianggap cari perhatian guru. Kalo bener begitu, apa salahnya? Masalah contek-menyontek, gak semua anak pinter pelit kok. Sekali pun pelit, udah haknya dong. Horang dia yang belajar siang malem, dia yang mikir, masa semudah itu dimintain jawaban sama anak yang ogah mikir. Hadeuhh

Terkecuali hubungannya mutualisme, saling tuker jawaban di bidangnya masing-masing, kan lebih asik tuh wkwk.

Tapi sadar gak, sih? Sebenernya si rangking satu sama anak lainnya itu sama aja. Cuma kebetulan, orang yang hobi dan jago di bidang akademik berakhir dicap 'pinter'. Sedangkan sisanya disebut 'bodoh' sama masyarakat sekolah. Padahal gak semua pelajaran dikuasai orang pinter, dan yang dianggap bodoh pun punya kelebihan yang ternyata gak diakui orang. Tapi ya ... udah tradisinya begitu.

Entah si pencetus ide ini mungkin aja punya dendam pribadi sama si rangking satu. Sampai menarik perhatian netizen dengan pengalaman serupa jadi kepengen ikut ngeramein. Padahal, nyatanya orang pinter cuma memenuhi kewajiban dan hak buat belajar di sekolah. Jadi murid berprestasi dan disebut cerdas cuma bonus yang sebenernya gak semua orang mau.

Karena sayangnya, pinter dan kemauan aja gak cukup buat bergelut di dunia yang keras ini. Prestasi sekolah gak bisa dijadikan tolak ukur masa depan orang sukses. Selain butuh dorongan orang terdekat dan dukungan material, manusia juga butuh peluang dari setiap kesempatan. Tapi nyatanya gak setiap kesempatan itu berpeluang. Bahkan peluang bisa hilang kalo gak sesuai dengan keadaan. Pada akhirnya, meskipun pinter, si rangking satu tetep gak bisa memilih nasib.

Sialnya, gara-gara trend topik itu otak saya dihantui pikiran baru, "Saya nyesel rajin belajar". Iya, rasanya sia-sia belajar keras kalo akhirnya apa yang saya tekuni dengan serius gak menjadikan saya siapa-siapa. Semoga yang berpikiran begitu cuma saya aja ya, heuheu.

Bakal ekstrim jadinya kalo pelajar jadi ogah belajar keras karena takut nasib masa depannya ditertawakan di kemudian hari. Jadi, hati-hati deh kalo mau ngetik sesuatu di media sosial, apalagi di kolom Twitter yang netizen-nya ganas-ganas. Jangan sampai apa yang kita tulis, gak sengaja bikin orang membentuk mindset baru yang merugikan. Cheers!


Tulisan ini ditulis oleh Thiara di Cangkeman pada tanggal 25 September 2022
evywahyuni
pakisal212
heehaw
heehaw dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan