tipscantiktvAvatar border
TS
tipscantiktv
6 Negara Tanpa MALAM HARI, Matahari Bersinar Terus 24 Jam!!

      6 Negara Tanpa MALAM HARI, Matahari Bersinar Terus 24 Jam!!

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal adanya siang hari dan malam hari sebagai penanda waktu dan kegiatan. Tapi gaiss, kalian tahu nggak sih kalau ada beberapa negara yang nggak mengalami malam hari?
Bukan tanpa alasan, ternyata hal ini disebabkan karena kemiringan bumi. Bumi memiliki kemiringan aksis sebesar kurang lebih 23 derajat pada porosnya, sehingga membuat sebagian wilayah tidak mengalami malam hari.
Mau tahu negara mana aja?
Berikut 6 negara di dunia tanpa malam hari.
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

#1 NORWEGIA emoticon-Cool



Negara paling populer tanpa malam yang pertama dalah Norwegia. Negara yang terletak di Eropa Utara ini menyandang julukan “ the land of the midnight sun”. Wajar saja, hal tersebut dikarenakan letak geografisnya yang berada di wilayah Kutub Utara. Bahkan, Kota Hammerfest, salah satu kota di Norwegia paling utara mempunyai durasi waktu siang selama 34 jam saat bulan Mei hingga akhir Juli.

#2 SWEDIA emoticon-Cool



Masih di wilayah Eropa bagian utara, Swedia juga mengalami fenomena hari-hari tanpa malam saat mulai mendekati musim panas. Salah satu wilayah paling utara di Swedia, yaitu Lapland mengalami peristiwa “midnight sun” selama hampir 60 hari dari akhir bulan Mei hingga pertengahan bulan Juli. Selain Lapland, kota Abisko dan Jokkmokk juga mengalami hal serupa.

#3 ISLANDIA emoticon-Cool



Sebenarnya, di Islandia matahari sempat terbenam, tapi sangat sebentar. Saat memasuki bulan Mei, matahari akan bersinar mulai dari 18 hingga 20 jam dan meningkat menjadi 20 sampai 21 jam pada bulan Juni. Jadi, matahari hanya sempat terbenam tiga sampai empat jam saja, kemudian terbit kembali.

#4 ALASKA emoticon-Cool



Kita bergeser ke benua Amerika, tepatnya di negara Amerika Serikat paling utara, yaitu Alaska. Negara satu ini mengalami peristiwa midnight sun selama hampir 70 hari, mulai dari pertengahan April hingga Agustus setiap tahunnya. Hal ini justru dimanfaatkan berbagai perusahaan tur untuk menwarkan paket wisata tengah malam di Lingkaran Arktik.

#5 KANADA emoticon-Cool



Masih disekitar benua Amerika, negara selanjutnya yang tidak mengalami malam adalah Kanada, tepatnya bagian utara. 
Daerah Nunavut dan Inuvik akan merasakan hari-hari tanpa malam selama 56 hari atau hampir setara dengan dua bulan.
Sebaliknya, pada musim dingin, kedua daerah tersebut mengalami peristiwa malam tanpa siang hari selama hampir 30 hari.

#6 FINLANDIA emoticon-Cool



Negara dengan ribuan pulau dan danau, sebagian besar wilayah di negara ini mengalami hari tanpa malam selama kurang lebih 73 hari, selama musim dingin. Itulah alasannya, banyak penduduk kurang tidur pada musim panas dan tidur lebih banyak waktu musim dingin.



Itulah gais, 6 negara di dunia tanpa malam hari. Kalau kamu ada info menarik lainnya, kamu boleh share di kolom comment, smeoga bermanfaat and bye bye

emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai

Diubah oleh tipscantiktv 25-10-2022 15:17
crazzyid
bigjerro
indrastrid
indrastrid dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.4K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan