dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Ini Dunia Pria,Tidak Ada Lagi Wanita Di Partai Komunis China
Ini Dunia Pria,Tidak Ada Lagi Wanita Di Partai Komunis China
Published at : 24 Oct 2022

Tidak ada lagi wanita di Politbiro China
Beijing | EGINDO.co – Kongres Partai Komunis telah mengungkap ketidakseimbangan gender yang mencolok di eselon atas politik Tiongkok, dengan tidak ada seorang pun wanita yang menjadi Politbiro 24 orang untuk pertama kalinya dalam setidaknya seperempat abad.
Saat Xi Jinping dan sekutunya memusatkan kekuasaan selama akhir pekan, pemimpin wanita tertinggi partai itu pensiun.
Politisi veteran Sun Chunlan, wakil perdana menteri yang mengawasi kebijakan kesehatan China, absen dari daftar Komite Sentral yang diterbitkan Sabtu, yang berarti dia telah mengundurkan diri.
Di partai politik terbesar di dunia – yang memiliki 96 juta anggota aktif – perempuan tidak pernah memegang banyak kekuasaan, dan sekarang memegang lebih sedikit.
Mereka hanya terdiri dari 5 persen dari 205 anggota Komite Sentral baru partai, sementara Komite Tetap tujuh anggota – puncak kekuasaan China – tetap menjadi klub yang semuanya laki-laki yang dipimpin oleh Xi.
Sun, 72, adalah satu-satunya wanita di bekas Politbiro, badan pengambil keputusan eksekutif partai.
Sering dikirim untuk memeriksa kota-kota China dalam cengkeraman wabah Covid-19 yang melonjak, mantan ketua partai provinsi Fujian dan kotamadya Tianjin menjadi wajah publik dari kebijakan nol-COVID, memerintahkan tindakan keras ke mana pun dia pergi, mendorong julukan “Wanita Besi “.

Tetapi tokoh-tokoh seperti Sun jarang ada dalam politik China, di mana jaringan patronase laki-laki dan seksisme yang mendarah daging telah menghalangi karir para kandidat yang menjanjikan, kata para ahli.
Ini jauh dari janji nenek moyang Partai Komunis Mao Zedong bahwa “perempuan mengangkat separuh langit”.
“Komitmen Partai Komunis China terhadap hak-hak perempuan menurut saya lebih seperti komitmen untuk memajukan hak-hak ekonomi perempuan,” kata Minglu Chen, dosen senior di University of Sydney.

“Ini benar-benar tentang: ‘Perempuan harus bergabung dengan angkatan kerja yang dibayar’.”
Chen menambahkan bahwa Partai Komunis pada dasarnya adalah institusi maskulin dan patriarki, dari akarnya sebagai gerakan sosial hingga saat ini.
KONSERVATISME SOSIAL
Cina hampir tidak unik dalam kurangnya perempuan dalam politik.
Konservatisme sosial yang berlaku dan represi aktivisme hak-hak perempuan rumah tangga telah membuat perempuan sulit untuk menentang harapan bahwa mereka akan memprioritaskan kehidupan keluarga di atas karier mereka.
Negara telah memainkan harapan ini dengan mendorong wanita untuk memiliki bayi untuk mengimbangi populasi China yang menua dengan cepat. Wanita muda terutama merasa terganggu dengan hal ini, sebagian karena kurangnya dukungan kebijakan untuk ibu yang bekerja.

“Banyak wanita berbicara tentang bagaimana mereka tidak dapat menyulap peran ganda menjadi ibu, istri, dan pekerja yang baik,” kata Chen.

Dia menambahkan bahwa sebagian besar pejabat provinsi yang dipilih untuk promosi memiliki beberapa gelar pendidikan tinggi – prasyarat yang merugikan perempuan.
Banyak jaringan patronase informal juga terbentuk melalui seringnya bersosialisasi di restoran di lingkungan yang banyak pria – dan sering mabuk.
“Banyak mantan rekan pria Xi di Zhejiang dan Fujian sekarang menjadi anggota Politbiro,” kata Victor Shih, profesor ilmu politik di UC San Diego.
“Namun tidak ada rekan wanita sebelumnya yang berhasil masuk ke Politbiro dan bahkan tidak menduduki posisi puncak provinsi.”
China juga memiliki usia pensiun yang rendah untuk perempuan – 55 untuk pegawai negeri sipil perempuan dibandingkan dengan 60 untuk laki-laki dalam profesi yang sama, meningkat menjadi 60 untuk pejabat perempuan di tingkat deputi divisi ke atas.
Para menteri diperkirakan akan pensiun pada usia 65 tahun, sementara para pemimpin pusat sebagian besar mematuhi batas usia informal 68 tahun.
Cina memperkenalkan sistem kuota informal pada tahun 2001, yang mewajibkan seorang wanita di semua tingkat pemerintahan dan partai kecuali Politbiro. Namun tanpa mekanisme pengawasan yang tepat, hal ini bisa dilakukan dengan ringan.
“Jika kita telah melihat sistem kuota yang lebih baik yang diperkuat secara ketat, maka kita akan mulai melihat hasil yang berbeda,” tambah Chen.

“Dominasi satu partai telah menyebabkan ini juga.”
“POSISI MARJINAL”
Politbiro hanya menerima enam perempuan sejak tahun 1948, dengan hanya tiga dari mereka menjadi wakil perdana menteri, dan tidak ada perempuan yang pernah berhasil masuk ke Komite Tetap elit.
Para pengamat berharap Sun akan digantikan oleh Shen Yueyue, kepala Federasi Wanita Seluruh China, atau Shen Yiqin, yang menjadi kepala partai provinsi wanita ketiga kalinya ketika dia diangkat menjadi kepala Guizhou – tetapi tidak seorang pun wanita yang dipromosikan.
Meskipun perempuan membentuk sekitar 29 persen dari total keanggotaan Partai Komunis, semakin sedikit dari mereka yang berhasil naik dari posisi akar rumput.
Misalnya, proporsi perempuan di Komite Sentral berkisar antara 5 dan 8 persen selama dua dekade terakhir, menurut Shih.
“Diskriminasi di tingkat bawah menghalangi mereka untuk mendapatkan posisi tingkat tinggi,” katanya.
“Karena perempuan memegang posisi yang lebih marjinal di tingkat yang lebih rendah, mereka memasuki pemerintahan lebih lambat dari laki-laki dan mereka dipaksa untuk pensiun lebih awal dari rekan-rekan laki-laki.”

https://egindo.com/ini-dunia-priatid...komunis-china/

kalah dong ama Vietcong yg wapresnya "wajib" cewe emoticon-Matabelo

https://en.wikipedia.org/wiki/Vice_P...%80%93present)

Diubah oleh dragonroar 26-10-2022 02:01
kampret.strez
pakisal212
pakisal212 dan kampret.strez memberi reputasi
2
1.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan