Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Manusia Tak Butuh Minum Susu! Apa Benar Begitu?




Oke, kalau gw tanya apa yang ada di pikiran agan ketika mendengarkan kata "susu" ?

Pastinya langsung terbersit di kepala lo bahwa itu adalah minuman sehat, atau lo malah berfikiran tentang hal yang lain? Yah, tapi disini gw gak akan bahas tentang hal lain tersebut, tapi kita akan bahas 4 sehat 5 sempurna yang ditambahkan minuman susu dalam hal tersebut.



Doktrin tentang susu sehat ini sudah berjalan puluhan tahun, tapi bagaimana kalau ada sisi gelap dari industri susu yang disembunyikan. Bahkan ketika teknologi berkembang, para ilmuwan mulai berpendapat bahwa manusia gak butuh susu terutama dari hewan.

Maka, 4 sehat 5 sempurna dengan susu di dalamnya sudah tak relevan lagi.



Kenapa manusia minum susu hewan?

Dalam doktrin tentang susu hewan ini ada pertanyaan menarik, kenapa sih manusia seakan diwajibkan minum susu hewan? Padahal yang berhak minum susu hewan yang biasanya itu sapi ya tentu saja anaknya sapi.

Jadi menurut sejarah, manusia konsumsi susu hewan baru 6000 tahun kebelakang, sedangkan manusia telah hidup di bumi selama ratusan ribu tahun yang lalu.



Susu awalnya dianggap menjijikan, bahkan ada yang alergi atau mual terhadap susu. Dan itu hal yang normal, karena perut manusia tidak di design secara baik untuk mencerna susu karena susu mengandung gula yang dinamakan laktosa, sedangkan kalau pada buah namanya fruktosa.

Nah laktosa ini semakin tua umur manusia, sistem mengolah laktosa juga menurun. Tidak seperti ketika manusia masih bayi, maka kalau manusia minum susu terkadang ada yang sakit perut atau diare.

Apakah anak kecil butuh susu?





Betul, anak bayi memang butuh susu tapi yang seharusnya di konsumsi adalah ASI. Namun bagaimana dengan susu formula? Mau semahal apapun susu formula, tetap bayi gak butuh juga sih susu hewan.

Pada masa lalu bagi orang tua yang mengalami kendala air susu, maka bayinya akan disusukan oleh orang lain. Namun di tahun 1860, seorang ahli kimia Jerman, Justus von Leibig mengembangkan susu formula.



Nah ada konspirasi ditahun 70an katanya susu formula dikembangkan awalnya untuk ibu-ibu yang gak bisa menyusui anaknya saja. Namun kalau diproduksi secara massal akan tidak menguntungkan, maka susu formula di branding sedemikian rupa agar bisa di konsumsi semua bayi, padahal si ibu tidak bermasalah pada ASI nya.

Bahkan branding susu untuk orang dewasa juga semakin masif, tentu hal itu adalah pure bisnis.

Lalu apa manusia tidak perlu minum susu?

Ya, gak juga karena susu itu tidak ada bahan yang berbahaya kecuali lactose intolerance, bahkan juga sering dibuat bahan lain seperti keju, yogurt dan olahan dari susu lainnya.



Tentu saja rasanya juga enak, bahkan juga menjadi bahan campuran makanan lain.

Tapi kalau untuk 4 sehat 5 sempurna, dan susu sapi menjadi pelengkap rasanya kurang relevan lagi saat ini karena banyak susu-susu yang lain seperti susu kedelai, susu almond, dan susu oat.

Oke jadi bagaimana menurut pandangan ente nih gan?



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star












Diubah oleh c4punk1950... 24-10-2022 14:47
pakisal212
diki174
provocator3301
provocator3301 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.9K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan