harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Makanan Berbahan Jeroan Sapi Khas Indonesia, Kalian Suka Yang Mana?

Sumber Gambar

Makanan Indonesia sangatlah beragam. Selain memiliki cita rasa, tentu memiliki keunikannya sendiri. Dari mulai bahan yang dipakai sampai cara penyajiannya. Salah satunya adalah makanan yang berasal dari jeroan sapi.

Jeroan sendiri adalah organ dalam dari sapi yang dikeluarkan, kemudian diolah menjadi makanan. Wah, ternyata tidak hanya daging yang bisa dinikmati. Organ dalam pun bisa. Itukah uniknya kuliner Indonesia.

Kira-kira apa saja ya makanan jeroan khas Indonesia yang terbuat dari jeroan sapi ya? Berikut daftarnya!emoticon-Ngacir



1. Oseng Torpedo


Sumber Gambar

Yang dimaksud torpedo di sini bukanlah roket air yang digunakan untuk perang ya. Tapi merupakan salah satu organ kelamin dari sapi. Ya, biasanya torpedo ada sepasang dan ada saja orang yang menggemari bagian ini untuk disantap.

Simpel saja, biasa ya torpedo yang sudah dipotong-potong dioseng atau ditumis dengan bawang bombai, bawang merah, cabai serta bumbu dapur lainnya. TS sendiri tidak pernah mencobanya karena melihat bentuk awalnya saja sudah tidak tertarik. Hehe.

2. Gulai Otak


Sumber Gambar

Makanan ini biasanya ada.di rumah makan Padang. Otak sapi biasanya dibuat gulai dengan kuah kuning kental yang menggugah selera. Selain lezat, otak sapi juga dipercaya memiliki berbagai vitamin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebelum dijadikan gulai, otak sapi harus dicuci bersih dan direbus terlebih dahulu. Sebelum akhirnya dimasak dengan kuah gulai yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Semur Lidah


Sumber Gambar

Tak ketinggalan, lidah sapi juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Lidah sapi harus dikuliti terlebih dahulu dan dicuci bersih sebelum diolah menjadi makanan yang salah satunya adalah semur.

Rasa dari lidah sapi sendiri kenyal dan lembut. Cocok nih buat yang mau makanan unik.

4. Dendeng Paru


Sumber Gambar

Makanan berbahan paru sapi banyak ditemukan di beberapa rumah makan. Biasanya disemur, atau juga digulai. Selain itu juga ada yang dijadikan dendeng kering layaknya dendeng daging sapi.

Paru hanya tinggal dipotong tipis-tipis, diberi bumbu kemudian digoreng sampai kering.

5. Soto Babat


Sumber daya

Pasti kalian sering mendengar nama makanan ini kan? Babat sendiri adalah isi perut yang termasuk dalam bagian lambung sapi. Teksturnya kenyal dan kasar, ada yang menyebutnya mirip handuk.

Nah, soto babat ini seperti soto ada umumnya, hanya saja berisikan babat. Babat sapi harus dicuci bersih hingga baunya hilang sebelum diolah menjadi soto.

emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol

Ya, itulah dia beberapa makanan yang berbahan jeroan sapi yang bisa TS bagikan. Karena ini jeroan, tentu kita harus mencucinya dengan benar dan ekstra supaya baunya benar-benar menghilang dan bisa dinikmati dengan puas.

Gimana tertarik mencoba? Bagian jeroan apa lagi nih yang enak? emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
shinwjy
cheria021
lusfdlrrhmn
lusfdlrrhmn dan 18 lainnya memberi reputasi
19
5K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan