iskrimAvatar border
TS
iskrim
Gambaran Aneka Ikan Laut Dalam, Lebih Panjang Dari Long Cat Sekalipun!


Apa yang tergambar dalam fikiranmu tentang binatang laut dalam, gan? Ikan hiu atau paus mungkin pasti terlintas dalam benak fikiranmu, tapi dua binatang ini belumlah apa-apa. Ikan laut dalam selain bentuknya unik, seram ada juga yang ukurannya berkali lipat dari 2 binatang tadi, tapi juga eksotik bentuk dan pola hidupnya.

Membayangkan urutan kehidupan binatang air seperti ikan dan sejenisnya, bila berdasarkan tempat tinggalnya terutama di lautan menurut saya ibarat sebuah piramida bertingkat, dimana ikan yang hidup di lapisan paling dasar memiliki ciri khas yang khusus, salah banyaknya adalah mampu menghadirkan cahaya sendiri dalam tubuhnya (yang berfungsi untuk menarik mangsa, berkomunikasi, mengklaim wilayah, serta mengalihkan perhatian predator/counter illumination).

Bentuk yang tidak umum, menyeramkan dan tidak memiliki mata atau buta (tapi mereka mempunyai kepekaan 100 kali lebih sensitif terhadap cahaya dibandingkan dengan mata manusia), warna sisik yang gelap, tanpa tulang, letak mata yang berjauhan, gigi yang besar dan tajam dan masih banyak lagi yang unik bisa kita temukan di lautan dalam.

Konten Sensitif


Setiap tingkatan lapisan kedalaman laut memiliki habitat dengan ciri khas binatang dan tumbuhannya masing-masing, ini disebabkan atau dipengaruhi oleh lingkungan hidupnya, suhu, tekanan air, sumber cahaya matahari, jenis makanan dan predatornya.

Menurut standar internasional kelautan laut dalam itu berada pada lapisan thermocline dengan kedalaman lebih dari 1800 m. Dimana intensitas cahaya matahari disini sangatlah terbatas atau bahkan sama sekali tidak ada, keadaan gelap gulita, tapi tetap ada kehidupan dengan produktifitas sedikit.



Para binatang dikedalaman ini seperti organisme yang menghuni wilayah ini biasanya sangat bergantung pada material organik yang tenggelam ke dasar laut bisa dari makanan manusia, bangkai binatang lain dan lain sebagainya.

Saking dalamnya lautan (contoh: Palung Mariana, Laut Arafuru, Challenger dll) hingga kini manusia sulit memetakan kehidupan dan menggali informasi lebih banyak para binatang laut dan lingkungannya, bahkan tidak sedikit ditemukan jenis hewan purba dan tumbuhan langka yang teridentifikasi hidup disini.



Beberapa penampakan ikan seperti Fangtooth Fish, Hiu Goblin, Tongue Fish, Angler Fish, Hiu Hantu, Paus Lembek, Viper Pasifik, Snaggletooth dan masih banyak lagi yang lainnya bisa kita lihat berdasarkan tingkat kedalaman lautan, semakin dalam maka semakin unik dan aneh bentuk rupa ikannya.

Berikut penampakan para binatang, ikan laut dari tingkatan kedalam lautan berdasarkan sumber: Neal. Fun. Check in showgan.

Spoiler for :






Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Neal. fun, Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 14-10-2022 09:32
yasyah81
asamboigan
screamo37
screamo37 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.8K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan