masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sering Disepelekan dan Tidak Banyak Orang Suka? Ini Manfaat dari Hobi Membaca Buku
Sering dianggap sepele dan tidak banyak orang yang minat, ini dia manfaat dari hobi membaca buku


Membaca buku, dapat dikatakan di Indonesia masih sangat minim sekali minat baca dari masyarakat karena membaca buku dianggap sebagai sebuah aktivitas yang membosankan dan kurang menarik.

Bahkan tidak jarang pandangan sinis dan kurang menyenangkan juga dirasakan oleh orang-orang yang rajin membaca buku atau biasa disebut sebagai kutu buku. Banyak orang menganggap bahwa orang yang kutu buku adalah orang-orang yang anti sosial karena tidak memiliki waktu untuk berinteraksi dengan orang sekitar dan lebih memilih menyendiri menyibak lembar demi lembar halaman buku.

Pandangan bahwa kutu buku merupakan orang yang anti sosial tentu saja itu kurang tepat GanSis, karena tidak semua orang yang hobi membaca buku atau kutu buku mereka tidak berinteraksi dengan orang sekitar atau anti sosial.

Hobi membaca buku sendiri sama dengan hobi-hobi yang lainnya, dimana orang yang memiliki hobi tersebut memanfaatkan waktu luang atau menyisihkan satu waktu khusus untuk menjalankan hobinya yaitu membaca buku.




Membahas tentang membaca buku, apakah ada manfaat yang seharusnya bisa membuat semua orang tertarik untuk menjadikannya sebagai sebuah hobi sehingga mereka akan menyisihkan satu waktu khusus untuk menjalankan kegemarannya?

Berikut ini beberapa manfaat dari hobi membaca buku yang perlu Agan dan Sista ketahui.


1. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Manfaat pertama dari hobi membaca buku yaitu dapat menambah wawasan serta pengetahuan dari Agan dan Sista.

Dari membaca buku entah itu buku-buku fiksi atau non fiksi, GanSis akan mendapatkan banyak ilmu, pengetahuan baru, istilah-istilah yang sebelumnya belum diketahui, atau fakta tentang sesuatu yang mungkin sebelumnya Agan Sista memahaminya dalam artian yang salah atau kurang tepat.
Rajin membaca buku dan menjadikannya hobi adalah langkah untuk melihat dunia tanpa harus naik pesawat dan tanpa harus menyeberang lautan.

2. Menghilangkan Stres dan Mengembalikan Mood

Menurut pembuktian yang dilakukan oleh banyak orang termasuk dengan TS, hobi membaca buku dapat menekan atau bahkan menghilangkan stres. Dengan membaca buku otak akan fokus untuk membaca kata demi kata, badan rileks sehingga stres karena masalah pekerjaan atau percintaan akan terlupakan dengan aktivitas membaca.

Bukan hanya itu, mood yang semula tidak baik juga akan berubah sesaat setelah Agan dan Sista membaca, tapi terkadang ada juga orang yang moodnya terpengaruh dengan buku yang sedang dibacanya.

3. Memperkuat Ingatan

Menurut beberapa penelitian yang pernah ada, orang yang memiliki kegemaran untuk membaca buku dan menjadikannya sebagai rutinitas maka kekuatan ingatannya lebih besar dibandingkan orang yang tidak pernah membaca buku sama sekali GanSis.
Ingatan akan terasah secara alami ketika seseorang gemar dan hobi membaca karena otak terasah untuk mengingat ide pokok dan inti dari buku yang dibaca.

4. Menambah Teman

Orang yang hobi membaca biasanya mereka haus akan bahan bacaan GanSis, dan dari sinilah muncul peluang untuk menambah teman yang pastinya memiliki frekuensi yang sama yaitu hobi membaca buku.

Bukan hanya berbagi tentang buku bacaan, bertukar pengalaman atau cerita juga akan dilakukan oleh orang-orang yang memiliki hobi membaca buku.

5. Memiliki Tujuan Hidup

Membaca buku bukan hanya menambah ilmu dan pengetahuan, melainkan juga dapat membuka tujuan hidup seseorang di masa depan.

Buku-buku bacaan yang berisi motivasi hidup akan membuat orang-orang yang membacanya semangat dalam menjalani hidup, sedangkan buku tema kesuksesan usaha akan memberikan dorongan untuk seseorang berusaha lebih giat agar cita-cita atau goal nya tercapai.



Itulah tadi GanSis beberapa manfaat dari hobi membaca buku yang perlu kalian ketahui.

Salah satu alasan kenapa orang-orang di negara maju rata-rata memiliki minat baca yang tinggi, karena sebuah negara dapat maju ketika sumber daya manusianya berkualitas dan kualitas seseorang dapat dilihat dari ilmu pengetahuan dan bakat yang dikuasai.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 13-10-2022 08:34
s.c.a.
jayay
nurhuda008
nurhuda008 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
4.7K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan