valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Survei: Warga DKI Bahagia Dipimpin Anies, tapi Kurang Puas soal Banjir-Macet


Jakarta - Political Statistics (Polstat) anggota Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) merilis survei terkait kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mayoritas responden mengaku bahagi tapi kurang puas atas persoalan banjir dan macet selama Anies memimpin.

Jajak pendapat Polstat ini dilakukan pada 1-10 Oktober 2022 di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta. Total responden sebanyak 830 orang yang memiliki memiliki e-KTP DKI. Teknik pengambilan sampel diambil secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Batas kesalahan (margin of error) +/- 3,4% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung dengan responden berpedoman kuesioner.

Polstat mempertanyakan tingkat kebahagiaan warga terhadap kinerja Anies Baswedan di DKI secara umum. Hasilnya 68,1% warga mengaku bahagia. Ukuran bahagia itu disebut tidak terkait dengan kondisi ekonomi warga.

"Hasilnya, mayoritas warga DKI atau atau 68,1% responden mengaku hidupnya bahagia. Hanya 26,7% yang menyatakan kurang bahagia dan sisanya (5,2%) menjawab 'tidak tahu'. Ukuran bahagia dalam hal ini tidak selalu terkait dengan kondisi ekonomi warga. Ada warga yang ekonominya pas-pasan mengaku hidupnya bahagia, sebaliknya ada pula warga yang tingkat ekonomi nampak cukup mapan malah menjawab tidak bahagia," ujar Polstat.

Warga yang mengaku kurang bahagia menyebut sejumlah persoalan di balik pilihannya itu. Di antaranya, terkait harga BBM naik, harga kebutuhan pokok naik, lapangan kerja, hingga persoalan BLT.

"Hasilnya, sebanyak 35,7% mengaku kurang bahagia karena harga BBM naik. Lalu sebanyak 26,7% kurang bahagia karena harga-harga kebutuhan pokok naik. Berikutnya sebanyak 19,1% kurang bahagia karena susah cari pekerjaan, lantas 15,3% kurang bahagia karena tidak mendapat BLT dan 3,2% kurang bahagia karena kemacetan lalu lintas," ucapnya.

Polstat juga mempertanyakan perbandingan kondisi DKI saat ini dengan dengan 5 tahun lalu atau periode sebelumnya. Mayoritas responden menyatakan kondisi saat ini lebih baik.

"Hasilnya, bagian terbesar warga Jakarta atau 56,2% responden mengaku kondisi DKI Jakarta saat ini secara umum lebih baik dibandingkan 5 tahun lalu. Sebanyak 19% menyatakan sama saja dengan 5 tahun lalu. Sementara itu hanya 18,1% yang menyatakan kondisi DKI Jakarta saat ini lebih buruk dibandingkan 5 tahun lalu. Sebanyak 6,7% menjawab tidak tahu atau tidak dapat memberikan tanggapan," ujarnya.



Mayoritas Responden Kurang Puas atas Penanganan Macet-Banjir

Di satu sisi, Polstat mempertanyakan tingkat kepuasan responden terkait berbagai bidang. Mayoritas responden kurang puas terkait penanganan macet hingga banjir.

Soal kemacetan terdapat 74,3% menyatakan kurang puas. Sedangkan responden yang merasa puas sebesar 23,3%.

"Hasilnya, mayoritas warga Jakarta atau 74,3% responden mengaku kurang puas terhadap kinerja Gubernur atau Pemprov DKI dalam mengatasi kemacetan. Hanya 23,3% responden yang menyatakan puas terhadap kinerja Gubernur atau Pemprov DKI dalam mengatasi kemacetan di Jakarta.Sementara sebanyak 2,4% menjawab tidak tahu atau tidak dapat memberikan tanggapan," ujarnya.

Lalu terkait banjir, sebanyak 48,6% responden mengaku kurang puas. Angka ini beda tipis dengan masyarakat yang menyatakan puas, yakni 46,7%.

"Bagian terbesar warga Jakarta atau 48,6% responden mengaku kurang puas terhadap kinerja Gubernur atau Pemprov DKI dalam mengatasi masalah banjir di Ibu Kota. Sebanyak 46,7% responden mengaku puas terhadap kinerja Gubernur atau Pemprov DKI dalam mengatasi masalah banjir di Jakarta. Sementara sebanyak 4,9% menjawab tidak tahu atau tidak dapat memberikan tanggapan," ucapnya.

Suara mayoritas kurang puas itu juga terjadi terkait persoalan kriminalitas. Sebanyak 49,5% mengaku kurang puas terhadap penanganan kriminalitas.

"Sebanyak 44,8% responden mengaku puas terhadap kinerja Gubernur atau Pemprov DKI dalam mengatasi masalah kriminalitas di Jakarta. Sementara sebanyak 5,7% menjawab tidak tahu atau tidak dapat memberikan tanggapan," ucapnya.

Begitu juga soal penanganan gelandangan di DKI. Sebanyak 53,3% responden mengaku kurang puas. Kemudian 35,2% menyatakan puas dan tidak menjawab 11,5%.

https://news.detik.com/berita/d-6343...l-banjir-macet

Tuh kan terbukti.. emoticon-Malu (S)

Buat warga jakarta.. bahagia itu sederhana.. emoticon-Malu (S)





Masa kalian warga daerah lain ga mau merasakan kebahagiaan yang sama dengan kami??.. emoticon-Malu (S)

#Anies4President2024H



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 12-10-2022 07:07
galuhsuda
candidat.master
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.6K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan