Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lingkarpolitikAvatar border
TS
lingkarpolitik
Bawaslu akan Bikin MoU dengan TikTok untuk Cegah Hoaks Pemilu 2024


Bawaslu akan memperbarui perjanjian atau Memorandum of Understanding dengan berbagai media sosial untuk menghindari penyebaran hoaks menjelang Pemilu 2024. Salah satu penyedia layanan media sosial yang diajak kerja sama adalah TikTok.

“Aplikasi itu pasti juga akan digunakan beberapa orang untuk menyerang pilihan orang lain,” kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di sela acara Fifth Plenary Assembly Global Network on Electoral Justice di Bali, Senin, 10 Oktober 2022.

Bagja beranggapan media sosial memiliki sisi positif dan negatif dalam pelaksanaan Pemilu. Sisi positifnya, kata dia, adalah membantu penyebaran informasi. Namun, media sosial juga punya sisi negatif, yaitu digunakan untuk menyebarkan berita bohong. Menurut dia, kabar bohong yang terus diulang bisa juga membuat orang lain menjadi percaya.

“Itu yang kami khawatirkan terulang di Pemilu 2024,” kata Bagja.

Untuk itu, kata Bagja, Bawaslu akan memperbarui MoU dengan 9 platform media sosial seperti Twitter, Instagram dan Facebook. TikTok, kata dia, juga akan diajak kerja sama. Menurut Bagja, aplikasi berbagi video pendek itu mungkin belum terkenal pada 2019. Namun, aplikasi itu sudah populer saat ini. “Sedang kami persiapkan,” kata dia.

Dia mengatakan kerja sama akan meliputi cek fakta tentang informasi yang beredar di media sosial tentang Pemilu. Dia mengatakan bila berita bohong itu berkaitan dengan Pemilu, maka Bawaslu dapat melakukan penindakan. Sementara, untuk berita bohong yang berkaitan dengan pidana umum maka akan ditangani oleh Polri.

Bagja menuturkan lembaganya juga akan mempersiapkan keamanan digital untuk lembaganya. Dia mengatakan Bawaslu akan menjadi kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara, serta Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk memperkuat keamanan digital.

Dia mengatakan keamanan yang diprioritaskan adalah situs Bawaslu dan data-data yang dimiliki lembaganya. “Pasti kami siapkan,” kata dia.

https://nasional.tempo.co/read/16436...ks-pemilu-2024


pilot2isekai078
s.c.a.
s.c.a. dan pilot2isekai078 memberi reputasi
2
1.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan