iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mungkinkah Cuma Tukeran Posisi Cat, Plat Baru Kok Hasil Cetaknya Tetap Jelek!


Satu persatu kendaraan motor dan mobil pribadi yang saya lihat mulai banyak menggunakan desain plat nomor baru, dasar putih tulisan hitam. Kebijakan baru ini berdasarkan pada Perpol Nomor 7 Tahun 2021 di Pasal 45 Ayat 1 (a), bahwa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan juga Badan Internasional akan berwarna putih dengan tulisan hitam..

Awalnya saya dan mungkin juga kamu akan menerima dengan senang hati karena adanya perubahan ini akan berubah juga bentuk ukuran desain termasuk pemilihan hurufnya. Setidaknya ada penyegaran dan terlihat lebih modern, tapi kenyataan yang ada rupanya kita harus menunda rasa senang itu karena ternyata yang terjadi nyaris tidak ada perubahan sama sekali.

Yang terjadi ternyata seperti kisah shitnetron dengan judul 'tinta yang tertukar' alias tukeran posisi cat di tempat mesin cetaknya saja, pun lagi-lagi masih menggunakan jenis font yang sama saja, dan... mirisnya lagi kualitas cetakannya juga tidak jauh beda dari versi terdahulu. Tidak ada peningkatan kualitas cetak.

Saya sih tidak tahu yang terjadi apakah memang hanya menukar posisi tinta atau ternyata mengganti mesin baru. Ya, kalau sampai harus mengganti mesin baru dan hasilnya tidak jauh beda wajib dipertanyakan nih..



Saya sih tetap berfikir positif dan mendukung rencana Polri melakukan perubahan ini demi kemudahan dalam mengidentifikasi kendaraan disegala situasi terutama di kondisi minim cahaya, tapi dengan kualitas cetak yang tetap sama saja apakah ini sebuah pekerjaan mubazir? Buang-buang anggaran dan cari kesibukan baru yang sia-sia?

Satu hal lagi yang mungkin teman saya dan kamu kurang menyukai pemilihan warna dasar putih bertuliskan hitam; karena jadi kurang elegan. Ada loh, seseorang membeli kendaraan karena menyesuaikan warna plat nomornya, ketika plat nomor sekarang berubah dasarnya jadi putih nampak mobil hitamnya jadi terlihat aneh dan beda, dilihatnya terlalu kontras. Saran saya sebaiknya putihnya tidak 100% tapi ada misalnya unsur abu-abunya 5% pasti akan lebih bagus.



Yang begini nyetaknya sambil merem, kah? Jangan sampai terjadi lagi.

Well, saran saya mumpung ini masih baru saya berharap lagi-lagi persoalan kualitas pembuatan plat nomor kendaraan ini sebaiknya benar-benar diperhatikan, dijaga, ditingkatkan lagi kualitas hasil cetaknya, tulisan harus tajam dan rapih, tidak lagi bleber dan benar-benar rata.

Kalau ini masih terjadi maka peluang masyarakat dan pelaku usaha jasa plat nomor untuk mengubah jadi lebih bagus dari aslinya masih terus akan ada. Praktik asal bapak senangpun mungkin akan tetap terjadi di jalan. Meh.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 10-10-2022 11:34
mancitybest
primawidhie
screamo37
screamo37 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
6.8K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan