zaenudinzannoAvatar border
TS
zaenudinzanno
Peluang Grosir Stik Es Krim di Indonesia
Melihat Lokasi Grosir Stik Es Krim Exxowood yang melakukan pembuatan stik es krim di Purbalingga Jawa Tengah
Di Indonesia lokasi industri pembuatan produksi stik es krim atau pabrik pembuat stik es krim secara umum tidak banyak yang tahu Di mana lokasi pabrik stik es krim yang menyediakan grosir stik es krim, karena minimnya informasi yang ada di masyarakat tentang pabrik stik es krim yang ada di Indonesia, karena memang jumlah pabrik grosir stik es krim tidak banyak dan hanya tersebar di Pulau Jawa terutama di Jawa Tengah dan juga di Jawa Timur .

Proses pembuatan stik es krim sendiri yang ada di Indonesia kebanyakan menggunakan kayu albasia dan juga Kayu pinus . Menurut informasi dari pengrajin stik es krim di wilayah Purbalingga , sebelum pandemi Corona menyerang , kebanyakan permintaan stik es krim untuk grosir stik es krim dan juga dari pabrik pembuat stik es krim adalah Kayu pinus yang merupakan kayu keras dimana kebutuhannya adalah suplai kepada toko-toko alat tulis dan juga toko-toko kue .
untuk stik es krim yang berdasarkan bahan kayu pinus memang ditunjukkan kepada market yang lebih premium karena memang dari tampilannya lebih tebal yaitu setebal 2 mm lebar 1 cm dan panjang sekitar 11 cm .
Namun ketika Corona masuk ke Indonesia selama 2 tahun banyak pabrik stik es krim yang kemudian hampir saja gulung tikar, kalau tidak karena modal yang besar atau memiliki sumber pendapatan modal yang lain kebanyakan semuanya nyungsep dan beralih profesi menjadi buruh pekerja kasar dan usaha-usaha lain untuk bertahan di masa pandemi

Karena memang begitulah pasar yang terjadi yang saya lihat sendiri . Beberapa pabrik yang tidak memiliki uang besar akhirnya sekarang sudah tidak aktif lagi, dan kita akan membahas tentang grosir stik es krim atau produksi stik es krim yang ada di wilayah Purbalingga yaitu pabrik stik es krim Exxowood yang mana melayani grosir stik es krim

Perlu Anda ketahui, di kabupaten Purbalingga sendiri adalah salah satu pusat pabrik pembuatan stik es krim secara tradisional, dan yang saya tahu tidak ada pabrik pembuatan stik es krim di Indonesia yang berbentuk one stop place di mana proses produksinya berupa pengolahan dari mulai bahan baku sampai menjadi berbentuk stik es krim utuh seperti yang di jual di toko-toko alat tulis maupun di toko-toko kue . Namun yang ada di lapangan saat ini adalah dalam proses pembuatan stik es krim semuanya melalui proses Padat Karya karena seperti inilah jalan proses produksi stik es krim di Indonesia

Jikalaupun ada sepertinya sangat sulit sekali karena memang untuk membuang barang atau memasarkannya masih kesulitan, karena kebanyakan para konsumen stik es krim terutama yang konsisten dan besar seperti perusahaan-perusahaan eskrim mereka mengambil stik es krim langsung dari China atau import . Yang memang dari segi kualitasnya selalu setara dan juga sama sementara di Indonesia sendiri meskipun menggunakan kayu pinus yang keras masih dibuat secara tradisional dan tidak full otomatis .

Dalam proses pembuatan stik es krim sendiri ada dua bahan yaitu kayu albasia dan juga pinus, untuk kayu albasia sendiri bahannya adalah kayu albasia dari sisa-sisa limbah pabrik pengolahan kayu yang banyak tersebar di wilayah Purbalingga, jadi di Purbalingga sendiri selain terkenal sebagai pabrik pembuatan bulu mata palsu dan juga wig atau rambut palsu, di sini Sebenarnya banyak juga pabrik pengolahan kayu yang mana mereka melakukan ekspor ke luar negeri.
Jadi sudah cukup lama pabrik-pabrik pengolahan kayu lapis ini menjadi Sumber devisa bagi pajak Purbalingga, namun memang Purbalingga Sendiri lebih terkenal karena sering masuk di berita sebagai kota atau Kabupaten pembuat bulu mata palsu dan juga pembuat rambut palsu

Kembali lagi ke pabrik stik es krim pembuatan stik es krim pabrik pembuat stik es krim tadi, asal muasalnya bahak baku berupa limbah kayu lapis yang bentuknya lebih mirip seperti triplek tapi ketebalannya sekitar 1 milimeter sampai 3 milimeter itu dibuang begitu saja, Bahkan kebanyakan dibakar di lapangan lapangan terdekat yang ada di dekat pabrik pengolahan kayu tersebut dulunya secara sejarah yang terjadi di lapangan.

Beberapa tahun yang lalu kisaran 15 atau 20 tahun yang lalu ada beberapa orang yang kreatif dari wilayah Purbalingga Namun kita tidak tahu pasti Siapa yang pertama kali memulai nya? yang mana Ini adalah asal muasal bisnis dari pabrik pembuatan stik es krim di Purbalingga yaitu limbah kayu lapis tersebut ketimbang dibakar begitu saja di lapangan lapangan dekat pabrik kayu lapis Purbalingga kemudian diambil dan dipotong-potong dan secara kreatif iseng oleh warga kreatif tersebut diubah menjadi stik es krim , dan seperti itulah prosesnya kemudian lama-lama ada permintaan dan penawaran dan tentunya ada uang sehingga mulailah berjalan sedikit demi sedikit sampai sekarang terbentuklah bisnis pabrik pembuatan stik es krim yang terlihat cukup konsisten meski tidak stabil .
Sekarang kalau melihat modal bisnisnya , pabrik pembuatan stik es krim yang melayani grosir stik es krim semuanya Bentuknya sama di Purbalingga,  ada beberapa pelaku yang menjadi juragan atau bosnya .

Semua prosesnya sama yaitu pengambilan bahan baku kayu lapis dari pabrik pengolahan kayu lapis kemudian penyerahan bahan baku tersebut kepada masyarakat atau warga binaan . Di mana mereka akan menjalani proses pertama yaitu pemotongan dari lembaran-lembaran kayu lapis yang lebarnya sekitar 1 * 1 Meter atau 2 * 3 Meter yang mana sangat bervariasi tidak ada standarnya .
Mereka akan memotong menjadi 11 * 11 cm di menjadi seperti triplek kotak ukuran 11 kali 11 centimeter dan setelah dipotong dengan ukuran tersebut potongan itu akan dipotong lagi menjadi 1 cm * 11 cm. Jadi bentuknya sudah hampir mirip seperti stik es krim tapi masih ujung-ujungnya tajam. Belum bisa dikatakan sebagai stik es krim karena contohnya yang namanya es krim itu ujungnya bulat atau oval .
Intinya membulat karena memang ini untuk konsumsi dan contohnya tidak boleh melukai mulut orang-orang yang menggunakan stik es krim tersebut . Nah itulah proses pertama dan itu hanya dilakukan oleh satu golongan masyarakat itu tugasnya hanya itu saja dan ini adalah usaha bisnis kerja dimana banyak juga permasalahan dan juga fenomena karena berhubungan dengan uang dan juga dengan berbagai lapisan masyarakat , hal ini bagi pelaku bisnis pabrik stik es krim tidak hanya jadi pemilik modalnya juga tapi harus memiliki kemampuan hubungan kemasyarakatan karena memang ini tidak murni bisnis juga ,jadi memang ini adalah usaha yang berhubungan dengan seni hubungan dengan masyarakat banyak sehingga memang sulit  juga untuk menjalankan bisnis stik es krim ini bagi yang belum berpengalaman belum lagi keuntungan yang tidak besar sehingga sulit untuk orang baru memulainya . Beberapa coba coba namun semuanya gagal. Hanya yang konsisten dan niat yang bisa terus berjalan di bidang bisnis pembuatan stik es krim ini.

Dan dengan keuntungan yang memang sangat tipis karena memang merupakan salah satu bisnis yang masuk kategori sebagai komoditas dan prosesnya cukup ribet .
Dan intinya melibatkan banyak manusia dalam proses produksi stik es krim tentunya semakin banyak melibatkan manusia semakin banyak permasalahan yang timbul entah dari segi teknis maupun dari segi social kemasyarakatan.
Dan selanjutnya kita akan membahas proses selanjutnya dalam pembuatan produksi stik es krim kayu ini , setelah sudah dibuat hampir mirip seperti stik es krim sekarang prosesnya adalah membulatkan atau melakukan oval terhadap stik es krim tersebut . Jadi kami sebagai pemilik pabrik es krim Exxowood atau pembuat stik es krim atau grosir stik es krim akan mengambil kayu-kayu tersebut yang sudah mirip seperti stik es krim kita kan bawa lagi ke warga masyarakat yang lain yang tugasnya hanya khusus untuk melakukan penghalusan , pengovalan , pembulatan, ada yang melakukannya dengan cara manual yang kami menyebutnya dengan istilah di skral , dan ada juga yang menggunakan dengan mesin amplas yang mana kurang rapi dibandingkan dengan proses manual skral. Masing masing memiki porsi kerja masing masing, untuk yang manual durasi lebih lama yang kami sebut diskral tersebut , dan untuk yang otomatis itu lebih cepat proses nya tapi memang kurang rapi. Meski demikian ada juga beberapa warga binaan memiliki kualitas masing masing, ada yang manual kurang rapi juga ada, dan ada juga yang manual sangat rapi , jadi kualitas tergantung individu juga.

Dan demikian setelah pembulatan , pengovalan , pengahalusan dari stik es krim yang sudah jadi tadi, nah  jadi prosesnya seperti itu saja sebenarnya Dan di situ sudah lebih mudah sudah halus diamplas maka akan dibungkus dengan 1 plastik yang isinya sekitar 500 batang stik es krim .
Dan ini tidak bisa distandarisasi karena ini semuanya manual. Isinya kurang lebih adalah 500 batang atau 450-500 batang. dan ini semuanya dikerjakan manual oleh warga masyarakat di Purbalingga yang kebetulan memang di Purbalingga untuk upah cukup murah melihat keadaan daerahnya yang seperti ini . Jadi banyak juga orang-orang dari luar kota yang mencari pabrik pembuatan stik es krim stik es krim maka akan ketemu dengan kami yaitu pabrik stik es krim EXXOWOOD yang dimiliki bapak Mohamad Zaenudin Akil

jadi mereka akan memasarkannya keluar kota jadi distributor dari stik es krim atau jual stik es krim di kota terdekat mereka seperti di Jakarta Surabaya Bandung Malang Bali di Makassar Sulawesi Kalimantan dan beberapa dari Lampung . Beberapa ada orang yang bertanya tentang alat pembuat stik es krim , kami katakana tidak ada karena alat pembuatan stik es krim kami manual bukan mesin. Ada yang Namanya mesin rotary yang harganya kisaran RP 100.000.000 ke atas . Namun butuh pertimbangan lebih , mungkin nanti Ketika semakin berkembang pabrik stik es krim EXXOWOOD ini .

Kira-kira seperti itu proses pembuatan pabrik stik es krim atau grosir stik es krim yang ada di Indonesia .itu adalah informasi yang kami ketahui. Kalau di luar itu ada informasi yang lebih baik silakan saja anda sampaikan di kolom komentar
Kami hanya menyampaikan apa yang kami ketahui selama bertahun-tahun tentang proses pembuatan stik es krim yang secara tradisional di Indonesia , dan untuk informasi tambahan kebanyak untuk stik es krim dengan bahan kayu albasia digunakan untuk kerajinan tangan sementara untuk stik es krim dengan bahan kayu pinus yang keras beberapa memang ada pengusaha-pengusaha es krim atau makanan menggunakan stik es krim pinus, dan memang untuk keperluan es krim seperti Pak Dodik dari Malang yang sudah beberapa kali memesan untuk es krim lolipop nya

Dan untuk stik es krim dari bahan stik es krim kayu albasia sendiri kami mendapati beberapa pembeli menggunakannya untuk produk gagang stik frozen food mereka yaitu frozen food murah yang seperti sosis ataupun Kalau Anda lihat seperti tepung tepung seperti itu mereka menggunakan stik es krim kayu albasia.
Dimana kadang kalau kita lihat di pasar atau di pedagang kaki lima itu gagang stik es krim kayu albasia tersebut ikut digoreng atau  dimasukkan ke dalam penggorengan dan kebanyakan konsumennya adalah anak-anak yang kami lihat
Dan ada beberapa industri kreatif yang membuat miniatur rumah atau miniatur berbagai macam jenis seni mereka menggunakan kayu stik albasia Karena harganya jauh lebih murah 3 kali lebih murah daripada stik es krim yang dibuat dari kayu pinus
kira-kira seperti itu kan Itulah ilustrasi atau gambaran dari pabrik stik es krim di Indonesia yang mana disini kami menceritakan tentang pabrik pembuatan stik es krim EXXOWOOD milik bapak Mohamad Zaenudin Akil,  jadi bentuknya seperti itu, istilahnya adalah pekerja plasma dan bukan beraada dalam satu tempat yang utuh seperti pabrik dari input sampai output langsung jadi dalam satu tempat itu setahu kami tidak ada

Jadi memang ini melibatkan banyak sekali anggota masyarakat dalam pembuatan stik es krim yang terlihat remeh dan sederhana seperti itu,  tapi memang ini banyak sekali dibutuhkan karena namanya stik es krim dibutuhkan tentunya meski pada masa pandemic covid corona kami merasakan sendiri ternyata penjualannya bisa hilang Lumayan besar ya sampai 80-90 persen dan merupakan kejadian yang luar biasa memang virus Corona itu sehingga permintaan dari stik es krim itu benar-benar hilang.
Beberapa rekan-rekan Kami sampai sekarang masih belum bisa bangkit dan belum terlihat membaik padahal dulunya bisa mengirim ber truk truk batang stik es krim .
sementara memang untuk pasar local dengan kualitas produk seperti itu supliernya adalah dari kami secara tradisiona,l belum ada supplier supplier stik es krim besar dari Cina karena memang harganya juga lebih mahal yang dari Cina.
Seperti itu teman-teman , dan kami juga dapatkan info ada juga pabrik stik es krim yang semi otomatis lengkap tapi ternyata juga memiliki kendala lain, yaitu bahan bakunya yang sulit

Ini memang adalah bisnis yang cukup sulit, pabrik pembuatan stik es krim ini yang ingin jadi distributor grosir stik es krim karena walaupun punya mesin atau segala macam juga tetap butuh bahan baku berupa kayu albasia dan kayu pinus dan juga butuh seni untuk melobi para pabrik pengolahan kayu .
Selain itu seni bisnis pembuatan stik es krim juga tidak hanya dari bahan baku tetapi juga para pekerja warga binaan yang membuat stik es krim ini juga perlu dibina dan diayomi , tidak hanya menjadi tenaga kasar Semata, karena kebanyakan sebenarnya para warga binaan ini adalah para petani, ibu rumah tangga ,dan juga para karyawan karyawan pabrik yang nyambi sebagai pembuat stik es krim di sekitar wilayah pabrik stik es krim EXXOWOOD Purbalingga Jawa Tengah.

Inilah kira-kira yang bisa kami sampaikan untuk Anda yang mencari pabrik stik es krim atau pabrik pembuat stik es krim di Jawa Tengah atau di Jawa Timur di Demak atau pun di mana pun di kota lain yang kami belum tahu, ini yang bisa kami sampaikan dan untuk Anda yang mencari grosir stik es krim itulah gambaran yang bisa kami berikan

sehingga bisa membuka pikiran anda yang belum tahu menjadi tahu informasi sederhana yang remeh ini ,mungkin remeh tapi anda sebelumnya tidak tahu menjadi tahu. Baik terima kasih untuk Anda yang sedang mencari informasi grosir stik es krim atau pabrik stik es krim cari saja di mesin pencari Google  pabrik stik es krim EXXOWOOD Purbalingga bapak Mohamad Zaenudin Akil .
pabrik stik es krim demak ada di wilayah khusus jauh dari purbalingga dan pabrik stik es krim di jawa timur suppliernya adalah kami dari purbalingga yang mana pabrik stik es krim melakukan produksi stik es krim juga pembuatan stik es krim dan sendok es krim dan juga coffe steer dan dalam proses pembuatan stik es krim kami menggunakan mesin pembuat stik es krim manual bukan otomatis kecuali pada saat proses pengahalusan kayu stik es krim dan alat pembuat stik es krim dibuat dengan custom khsus untuk pabrik pembuat stik es krim EXXOWOOD Purbalingga Jawa Tengah .

Untuk para pekerja seni dari bahan stik es krim biasanya mereka menggunakan lem buat stik es krim yang bentuknya seperti tembakan cair yang cocok melekat sempurna pada Garapan stik es krim mereka . dan cara membuat stik es krim seperti yang saya terangkan di atas sudah seperti itu sahabat kompasiana , mungkin ada anak anak anda yang sedang dapat tugas cara membuat stik es krim menjadi tempat pensil atau membuat kerajinan stik es krim ? bisa cari informasi tentang kami ya .

0
1.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan