masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Lebih Baik dari Games Online, Ini Manfaat dari Permainan Tradisional Bentengan
Lebih bermanfaat dari pada games online, ini dia manfaat dari permainan tradisional Bentengan


Sejak adanya games online yang dapat dimainkan di handphone atau gadget secara mobile, dapat dikatakan permainan tradisional mulai kehilangan banyak peminatnya. Sebelum teknologi secanggih saat ini dan handphone masih menjadi barang mahal yang langka dimiliki, anak-anak masih dekat dengan berbagai macam permainan tradisional.

Adanya games online atau games mobile sedikit banyak merubah kebiasaan anak GanSis, berdasarkan fakta yang ada saat ini jumlah anak yang bermain games online dengan permainan tradisional lebih banyak yang bermain games online karena memiliki tampilan yang menarik, beragam, dan tidak perlu keluar rumah untuk memainkan permainan tersebut.

Dibalik mudahnya games online dimainkan tentu memiliki beberapa dampak negatif bagi anak-anak, selain mengurangi aktivitas anak dengan teman sebayanya juga ada beberapa hal yang membuat anak-anak tidak bisa mempelajari sesuatu yang bisa didapatkan dari permainan tradisional.

Salah satu permainan tradisional yang memiliki banyak manfaat dan mungkin tidak bisa didapatkan oleh anak saat bermain games online adalah Bentengan.

Berikut ini penjelasan singkat tentang permainan tradisional Bentengan dan manfaatnya.




Bentengan, permainan tradisional yang dimainkan secara berkelompok dimana setiap kelompok terdiri atas 4 sampai 8 orang dan dimainkan antar dua kelompok yang berlawanan.
Permainan ini adalah permainan kerjasama team, yaitu bermain menjaga markas, menyerang markas lawan, dan menawan pemain lawan.

Dalam permainan ini terdapat sebuah tiang atau benteng yang menjadi pusat markas, dimana jika lawan bisa menyentuh benteng maka mereka memenangkan permainan.

Bukan hanya itu, saat ada lawan yang tertangkap menjadi tawanan maka teman satu teamnya boleh menyelamatkan dengan cara menyentuh tangan atau badan dari temannya yang menjadi tawanan lawan.

Setelah mengetahui sekilas tentang permainannya, berikut ini manfaat dari permainan Bentengan.




1. Kerjasama dan Interaksi Langsung

Mungkin beberapa games online juga mengajarkan kerjasama dalam permainan, tetapi berbeda dengan permainan tradisional Bentengan yang mana anak-anak dituntut untuk berinteraksi langsung dengan bekerjasama dalam meraih kemenangan.

Di dalam permainan tradisional Bentengan anak-anak diajarkan untuk mengatur strategi bersama teman kelompoknya, kemudian menjalankan strategi sebagaimana yang telah direncanakan baik untuk mencapai benteng lawan atau menyelamatkan teman yang tertangkap dan menjadi tawanan.

2. Ketangkasan dan Kelincahan

Permainan tradisional bentengan juga bermanfaat untuk melatih ketangkasan dan kelincahan anak-anak. Dengan bermain bentengan anak-anak dapat memaksimalkan aspek motorik (gerak) mereka baik itu motorik halus ataupun motorik kasar.

Dalam permainan bentengan anak-anak akan banyak melakukan aktivitas dan gerakan tubuh, ini juga akan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak dan juga kebugaran jasmaninya.

3. Mengajarkan Simpati dan Empati

Pelajaran dan manfaat selanjutnya dari permainan tradisional bentengan yang tidak bisa didapatkan dari games online adalah pelajaran hidup simpati dan empati terhadap sesama GanSis. Dalam permainan bentengan anak-anak mempunyai tugas dan kewajiban untuk menyelamatkan temannya yang menjadi tawanan jika memang ingin menjalankan strategi untuk memenangkan permainan, itulah sebabnya mereka akan bahu membahu untuk menyelamatkan temannya yang ditawan agar bisa kembali untuk ikut bermain.



Itulah GanSis sekilas tentang permainan bentengan dan manfaatnya bagi anak-anak.

Melihat saat ini permainan tradisional sudah banyak ditinggalkan dan beralih ke games mobile, tentu sebenarnya itu sangat disayangkan karena di dalam permainan tradisional banyak mengajarkan tentang pelajaran hidup yang baik dan juga bersosialisasi dengan teman sebaya.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan dan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4, 5
Okutet
nomorelies
Seno312
Seno312 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.1K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan