Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Anies Pamer Capaian di DKI: Bikin Drainase Vertikal hingga Kemacetan Turun
Konten Sensitif
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan capaiannya mengubah Kota Jakarta selama hampir 5 tahun terakhir. Anies mengakhiri masa jabatannya sebagai orang nomor satu di Jakarta pada 16 Oktober mendatang.
Capaian ini dibeberkan Anies ketika mensosialisasikan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Anies awalnya membeberkan sejumlah tantangan saat dirinya mulai bertugas sebagai gubernur, seperti predikat kota paling berpolusi, sering terjadi banjir besar, ketimpangan sosial, hingga membeludaknya jumlah kendaraan bermotor.

"Masuk pertama kali di Balai Kota apa tantangan utamanya? Kita punya tantangan utamanya, ada 16 juta motor, ada 3,5 (juta) mobil, penduduknya 11 juta, ini catatan di Polda Metro Jaya. Kita juga menemukan segregasi. Tanpa kita sadari Jakarta tersegregasi, ada kampung, ada kompleks, ada makmur, ada pramakmur, yang itu ada di dalam cluster masing-masing dan satu sama lain tidak terkoneksi," kata Anies, Rabu (21/9/2022).

"Kemudian kita juga tempat kita dimana paling berpolusi walaupun itu bukan dari kita tapi kenyataan itu ada, kemudian tempat yang sering mengalami banjir besar," tambahnya.

Kemudian, sejak 2018 pihaknya memulai agenda mentransformasi Kota Jakarta. Anies mengklaim DKI Jakarta memperoleh capaian dalam transformasi Jakarta menjadi kota global. Yakni sebagai berikut:

1. Pengguna Transportasi Publik Meningkat Signifikan

Anies mengatakan terjadi peningkatan jumlah penumpang selama beberapa tahun terakhir. Anies memerinci, pada 2017 jumlah penumpang tahunan sebanyak 144 juta. Sedangkan pada 2019 angkanya melonjak hingga 288,4 juta.

Kemudian, jumlah penumpang harian pada 2016 sebesar 350.000 dan pada 2020 angkanya melonjak tiga kali lipat menjadi 1.006.579.

"Kalau armada kita nambah, kita nggak usah bangga, karena apa? Karena punya uang untuk beli armada. Kalau penumpangnya naik 3 kali lipat berarti terjadi perubahan perilaku masyarakat dari yang semula naik kendaraan pribadi menjadi naik kendaraan umum. Kan disebut masalahnya jumlah kendaraan pribadi," ujarnya.

2. Cakupan Transportasi Publik

Anies menyebut, pada 2017, cakupan layanan transportasi publik hanya sebesar 42%. Saat ini, cakupan layanannya diperluas hingga 82%.

Dia juga membeberkan penurunan drastis tingkat kemacetan berdasarkan data TomTom sejak 2018-2022. Terlihat, di tahun 2017 Jakarta sempat meraih peringkat ketiga kota termacet di dunia. Kemudian, peringkat Kota Jakarta turun menjadi peringkat ke-46 di tahun 2021.

"Menjadi top 10 bagus kecuali kemacetan. Alhamdulillah 2019 turun jadi 10 lalu tingkat 31 dan sekarang 46 dengan conjunction rate 34 persen menurun dari 58%," terangnya.

3. Pengurangan Emisi-Anugerah Global

Anies juga memamerkan Kota Jakarta mendapat penghargaan Sustainable Transport Award 2021. Selain itu, pada 2020, Jakarta berhasil mencapai pengurangan gas efek rumah kaca hingga 26%.
Dia pun optimistis pada 2025 Jakarta mampu mengurangi gas efek rumah kaca hingga 30%.

"Efek rumah kaca yg targetnya 2030 30% berkurang, ini tahun 2020 kita sudah sampai 26%. Jadi tahun 2025 ini sudah akan tercapai," ujarnya.

4. Pengendalian Banjir
Konten Sensitif


Anies mengungkap saat ini pihaknya telah membangun 6 waduk, meningkatkan kapasitas empat sungai utama, membangun lebih dari 28 ribu drainase vertikal, membangun 2 km tanggul pantai, membangun sembilan sistem pompa baru, serta mengeruk lebih dari 2,5 juta m3 lumpur yang terdapat di delapan ruas sungai.

Selain itu, pihaknya menetapkan Key Performance Indicator penanggulangan banjir, di mana banjir ditargetkan surut dalam kurun 6 jam dan memastikan tak ada korban jiwa.

"Plus ada KPI kinerjanya, mudah-mudahan dijaga terus. kalau ada kejadian banjir KPI nomor 1 tidak ada korban jiwa KPI 2 dalam waktu 6 jam sudah surut, 6 jam usai hujan surut," jelasnya.
Konten Sensitif


5. Layanan Air Bersih

Anies menuturkan saat ini pihaknya telah mengoperasikan 102 kios air dan menyediakan 40.800 m3 air untuk 20 ribu keluarga. Bahkan, di tahun ini akan ada penambahan 100 kios air lainnya.

Di samping itu, pihaknya juga memberikan subsidi atas air bersih sebesar Rp 3.500 per m3, dari harga sebelumnya mencapai 32.000 per m3. Pemprov DKI terus memperluas layanan penyediaan air bersih serta memutus swastanisasi air.

"Kita sediakan lebih dari 102 kios air untuk memastikan bahwa kampung kampung sulit air bisa mendapatkan suplai air yang bersih," ujarnya.

6. Penyediaan Hunian

Sebanyak empat jenis hunian disediakan Anies.
Di antaranya penataan kampung melalui pembangunan kampung susun di 5 lokasi terdiri dari 612 unit, pembangunan 7.421 unit rusunawa, pembangunan 2.332 unit hunian dengan skema DP nol, serta 359 unit hunian terjangkau di kawasan TOD.
Konten Sensitif


7. Pembangunan Ruang Terbuka Hijau

Anies menyatakan sejak 2018 Pemprov DKI telah membangun dan merevitalisasi 428 taman, 29 hutan kota serta penanaman lebih dari 140 ribu pohon. Dia juga membeberkan, saat ini 91% warga di Jakarta bermukim dekat kawasan Taman Kota, yakni hanya berjarak sekitar 800 meter dari taman.

8. Integrasi Antarmoda

Anies menyampaikan saat ini telah terbangun sembilan simpul integrasi antarmoda, 12 JPO baru. Di antaranya Plaza Pejalan Kaki Dukuh Atas, Integrasi Stasiun Tanah Abang, JPO Pinisi SUdirman, Halte Integrasi CSW serta integrasi Stasiun Tebet.


9. Pembangunan Trotoar-Jalur Sepeda

Anies menuturkan saat ini Jakarta memiliki 241 kilometer trotoar, 103 kilometer jalur sepeda, serta 67 bike sharing. Menurutnya, penyediaan infrastruktur ini mewujudkan kesetaraan.

"Kalau kita bangun kota car oriented maka tidak akan bangun trotoar. Ini lebih setara kalau jalan di trotoar nggak ada pangkat dan jabatan," jelasnya.

10. Revitalisasi Kota Tua-Pengadaan Zona Rendah Emisi

Anies menyebut revitalisasi kawasan kini berganti nama menjadi Batavia ini mencerminkan kota masa depan. Di mana, trotoar di kawasan ini diperluas serta diberlakukan zona rendah emisi.

"Kota Tua yang mencerminkan kota masa depan, dikonversi yang dulunya kendaraan bermotor menjadi lebih ramah lingkungan," jelasnya.

11. Revitalisasi dan Membangun Panggung Seni-Budaya

Anies mengatakan upaya ini tecermin melalui revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM). Anies menyebut saat ini proses revitalisasi memasuki tahapan akhir.

Dia berharap revitalisasi ini dapat menjadikan TIM sebagai sentral kebudayaan dunia serta melahirkan karya-karya hebat.

"TIM sedang finishing beberapa hari lagi kita akan ada peluncuran, dan ini harapannya menjadi tonggak penting atau ekosistem yang bisa melahirkan karya-karya hebat, menumbuhkan seniman-seniman yang bisa nanti menjadi empu baru yang punya bobot karya seni melampaui Jakarta," ucapnya.

12. Pembangunan JIS

Anies menjelaskan Jakarta International Stadium (JIS) merupakan stadion bersertifikasi bangunan hijau platinum. Secara keseluruhan, total ada 260 gedung di Jakarta yang mengantongi sertifikasi yang sama dengan JIS. Panel surya pun terpasang di sejumlah gedung milik pemerintah.

13. Program JakWifi
Konten Sensitif


Pemprov DKI Jakarta saat ini menyediakan 14 ribu WiFi publik yang tersebar berbagai lokasi, seperti sekolah, kantor pemerintahan hingga taman.

14. Mempercepat Penerbitan Izin Usaha

Anies melakukan efisiensi pengurusan proses perizinan. Sebelumnya, masyarakat membutuhkan waktu 360 hari untuk membuat izin usaha. Kini, durasi proses penerbitan izin dipangkas menjadi hanya 51 hari melalui simplikasi dan digitalisasi.

"Durasi proses perizinan penerbitan izin dari 360 hari penyederhanaan dari proses biasa sequence menjadi simultan bersamaan, untuk kondisi ideal 57 hari menjadi 51 hari selesai, lebih cepat, mudah-mudahan Jakarta menjadi lebih maju," tandasnya.


https://news.detik.com/berita/d-6304...acetan-turun/2

Ane yakin sih barbuk2 yg ane kasi tdk akan mempengaruhi para fans abud.

Setidaknya ane bisa kasi info kepada non fans bahwa nih org lagi kelebihan klaimemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh gabener.edan 22-09-2022 06:43
shinhikarugenji
koniol
Kepala.Jenggot
Kepala.Jenggot dan 18 lainnya memberi reputasi
19
2.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan