masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Belajar Tentang Kehidupan dari ODGJ, Kenapa Mereka Bisa Hidup Tanpa Beban?
Meskipun sering dianggap hidup terlantar tak tahu arah, ternyata ada pelajaran hidup yang bisa diambil dari ODGJ


Orang dengan Gangguan Jiwa atau yang lebih akrab disebut dengan ODGJ, adalah orang yang memiliki masalah pada kejiwaan yang mempengaruhi pola pikir, berperilaku dengan orang sekitar, dan emosi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Orang dengan gangguan jiwa mereka akan kesulitan untuk menjalani hidup sebagaimana orang normal pada umumnya, terutama untuk berinteraksi dengan orang-orang sekitar.

Mirisnya meskipun mengidap gangguan jiwa itu tidak pernah diinginkan oleh seorangpun tetapi banyak orang yang merendahkan, menyakiti, dan juga mendiskriminasi ODGJ. Tidak jarang juga manusia normal berbuat keji terhadap orang dengan gangguan jiwa dengan menyakiti ODGJ yang ada di jalanan.

Perlu Agan dan Sista ketahui, bahwa sebenarnya meskipun ODGJ itu merupakan sebuah gangguan kejiwaan ternyata ada beberapa hal baik atau pelajaran hidup yang tidak bisa dipelajari dari manusia normal.

Mungkin Agan dan Sista merasa penasaran pelajaran hidup apa yang dapat dipelajari dari ODGJ, dan berikut ini beberapa diantaranya.




1. Bersyukur dengan Hidupnya

Tidak sedikit orang waras yang kurang bersyukur atau tidak mengenal bersyukur terhadap apa yang telah mereka miliki dan dapatkan.

Perasaan kurang bersyukur inilah yang membuat orang waras terobsesi untuk memiliki semuanya dan cenderung menjadi serakah, berbeda dengan ODGJ yang terima apa adanya hidup yang diberikan oleh Tuhan, bersyukur bisa makan dan tidak menginginkan yang lebih dari apa yang bisa mereka dapatkan untuk hari-hari yang dijalani.

2. Tidak Iri pada Orang Lain

Selain lebih pandai dalam bersyukur, ODGJ juga tidak pernah merasa iri dengan kehidupan orang waras. Mereka akan menjalani hidupnya sendiri dengan tanpa berusaha untuk mendapatkan milik orang lain atau memiliki niat buruk terhadap orang lain agar bisa melihat kesusahannya.

3. Tidak Ikut Campur Urusan Orang

Banyak orang waras yang selalu ikut campur terhadap hidup orang lain, bahkan ada orang-orang yang selalu hadir saat orang lain memiliki masalah entah mereka menjadi pengadu domba, penengah yang berusaha bijak, atau pembuat masalah yang sebenarnya. Orang dengan gangguan jiwa tidak peduli terhadap urusan dan masalah orang, mereka lebih fokus dengan hidupnya dan tidak ingin tahu masalah orang lain apa lagi ikut campur.

4. Tidak Menyakiti Orang Lain

Orang dengan gangguan jiwa tidak menyakiti orang lain jika mereka tidak diganggu atau diusik, dan fakta ini benar adanya. Berbeda dengan orang waras yang hobi menyakiti orang lain dengan maksud dan tujuan tertentu karena memang seringkali orang waras lebih merasa bahagia ketika melihat orang lain dalam keadaan sengsara.

5. Tidak Berbuat Dosa Pada Tuhan

Setuju atau tidak setuju, orang dengan gangguan jiwa tidak berbuat dosa kepada Tuhannya.
Mereka menjalani hidup apa adanya, tidak dengan sengaja menyakiti orang lain, tidak mencuri, berzina, dll.



Itulah tadi GanSis beberapa pelajaran hidup yang dapat diambil dan dipelajari dari orang dengan gangguan jiwa alias ODGJ.

Seringkali orang waras menyepelekan orang dengan gangguan jiwa. Menganggap mereka hina padahal orang waras yang hidup dengan menghalalkan berbagai caralah yang lebih hina dibandingkan orang dengan gangguan jiwa.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil oleh Agan dan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
indrastrid
drenovsky
s.c.a.
s.c.a. dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.7K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan