Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Manfaat Segudang Kumis Kucing, Nemu Di Dekat Rumah Nih!


Mumpung hari ini cuaca adem dan udara sejuk dikawasan Jakarta Selatan tempat saya tinggal, tidak seperti biasanya panas terik atau hujan tapi matahari tetap menampakkan cahayannya. Fenomena pancaroba ini sering dialami dari sebulan lalu. Jaga kesehatan, gan.

Dekat rumah kebetulan ada taman bermain, saya dan keluarga setiap ada kesempatan sering main dan menyejukkan diri disana. Ada kolam ikan, ayunan, prosotan, lapangan basket dan permainan standar untuk anak-anak yang dikelilingi oleh pohon tinggi nan rimbun.

Laju saya tadi sempat terhenti karena secara tiba-tiba mata ini tanpa sengaja melihat sebuah tanaman yang menarik mata kemudian saya pun segera menghampiri. "Hm, kumis kucing..."kata saya dalam hati.



Tidak pakai lama saya pun mengabadikan tanaman langka ini disekitar rumah saya. Beberapa sudut pengambilan foto berhasil saya dokumentasikan, lalu lanjut berjalan disekitar taman. Seperti biasa saya dan keponakan juga biasanya sering bertemu Memeng si kucing tetangga yang senangnya berteduh di rerumputan, ya setiap hari saya selalu melihatnya ada disana.

Nah, kebetulan si Memeng memiliki kumis maka klop lah tanaman si kumis kucing ini dengan kumis sungguhan miliknya si Memeng. Kalau dilihat sepintas memang ada kemiripan, itulah mengapa orang menyebutnya tanaman kumis kucing.

Meski sama-sama bernama kumis kucing ternyata yang versi tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat. Dan yang selama ini saya fikir bagian bunga 'kumisnya' yang dipakai tapi ternyata daunnya yang justru digunakan sebagai pengobatan.


Memeng kucing tetangga kami, si pemalas penjaga taman komplek emoticon-Big Grin

Yes, daun kumis kucing menurut sumber yang saya baca memiliki 14 manfaat bagi kesehatan dan pengobatan manusia, yaitu bisa mengobati masalah pernafasan dan nafas pendek, masalah tekanan darah tinggi, anti jamur, melancarkan buang air seni, menyembuhkan masalah pada kandung kemih, masalah pada batu ginjal, sebagai detoks, menurunkan berat badan, mengatur kadar glukosa pada gula, anti bakteri, mengobati masalah pada gusi, gangguan kulit, dan menyembuhkan asam urat.

{thread_title}

Bonus: mancing semutemoticon-Big Grin

Meeeh.., ternyata kalau dikumpulkan cukup banyak manfaat tanaman kumis kucing ini. Sayangnya tanaman yang saya temukan di taman dekat rumah ini hanya ada satu, entah tumbuh liar atau sengaja ada yang menanamnya. Saya jadi penasaran bagaimana cara memperbanyak tanaman ini, adakah kamu punya info bagus bagaimana caranya?




Sebuah opini
Img. Dok. Pri
Ref. Tkp




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 17-09-2022 05:23
gabener.edan
Okutet
septcember
septcember dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan