Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Ini Dia Waktu yang Dibutuhkan Lambung Untuk Mencerna Tiap-Tiap Jenis Makanan


Untuk mencerna makanan, lambung membutuhkan waktu yang berbeda-beda bergantung dengan apa yang dimakan. Mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan lambung untuk mencerna makanan perlu dilakukan agar kita dapat memilih makanan yang tepat ketika mau memulai aktivitas berat seperti olahraga ataupun bekerja. Jika kita memakan makanan yang lama dicerna lambung maka ketika beraktivitas berat, badan menjadi lemas dan ngantuk. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui waktu yang dibutuhkan tiap-tiap jenis makanan untuk dapat dicerna lambung.

Pada thread kali ini kita akan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan lambung untuk mencerna sejumlah makanan umum yang biasa kita konsumsi. Penasaran seperti apa waktu yang dibutuhkan tiap-tiap jenis makanan untuk dapat dicerna, yuk cermati thread berikut!

—oOo—



Buah dan Sayur
Buah-buahan dan beberapa sayur membutuhkan waktu selama 15-20 menit sehingga makanan ini cocok kita makan sesaat sebelum berolahraga. Ada baiknya jika agan memiliki waktu yang singkat ketika hendak bekerja atau melakukan olahraga, makanlah buah-buahan agar tidak mengantuk atau mual.



Kentang
Sebagai salah satu makanan yang kaya akan karbohidrat kentang membutuhkan waktu 90-120 menit untuk dicerna lambung. Jadi sebaiknya makanlah kentang 90-120 menit sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya supaya proses pencernaan ini tidak mengganggu aktivitas kita. Hal ini juga berlaku pada nasi putih. Ada kalanya jika kita kenyang memakan kentang atau nasi dan langsung beraktivitas berat maka efek yang ditimbulkan malah menjadi lemas.

Konten Sensitif


Biji-bijian
Makanan kaya akan protein ini perlu diwaspadai jika tidak ingin merasa lemas ketika melakukan aktivitas berat. Ada baiknya jika gansis mau memakan biji-bijian, makanlah 3 jam sebelumnya. Jadi proses pencernaan makanan ini tak mengganggu aktivitas berat kita. Hal inilah yang menyebabkan makanan seperti Oatmeal memberikan kenyang yang begitu lama dan cocok dijadikan menu untuk berpuasa.



Sayur-sayuran
Karena sayur-sayuran mengandung serat yang tinggi. Lambung tak dapat mencerna lebih lama dan tugas ini diserahkan kepada usus. Hal ini menyebabkan sayur-sayuran hanya membutuhkan waktu 30-40 menit untuk dicerna lambung. Walaupun demikian agan dan sista tetap harus mengkonsumsi 30-40 menit sebelumnya agar tak terasa lemas. Sayuran sangat cocok dijadikan makanan disela-sela istirahat makan siang yang berdurasi singkat.

Konten Sensitif


Air
Air tak membutuhkan waktu sama sekali untuk diproses oleh lambung. Air akan langsung dialirkan ke usus untuk kemudian diserap. Walaupun demikian lambung tetap akan mengeluarkan asam lambung untuk mematikan organisme asing yang terbawa oleh air. Jadi minumlah air matang yang bersih.



Susu dan Keju
Ada baiknya untuk gansis menghindari konsumsi susu atau keju sebelum beraktivitas berat. Susu dan keju membutuhkan waktu selama 120 menit untuk dicerna oleh lambung. Lambung akan mengeluarkan enzim pepsin untuk memecah struktur protein susu supaya dapat diserap usus. Ini dia yang menjadikan mengapa agan merasa mual dan kadang muntah jika minum susu habis itu langsung main futsal karena proses pencernaan susu menjadi terganggu akibat aktivitas berat tersebut.



Daging Sapi
Daging memiliki struktur protein yang kompleks beserta kandungan lemak di dalamnya sehingga lambung membutuhkan waktu 180 menit untuk mencernanya. Biasanya para bodybuilder mengatur jam makannya dan tidak mengkonsumsi dalam jumlah besar agar proses pencernaan daging tak mengganggu aktivitas berat mereka. Jika agan tidak ingin merasa lemas dan mengantuk ketika jam isirahat siang yang singkat maka kurangilah konsumsi daging.

Konten Sensitif


Daging Ayam
Daging ayam membutuhkan waktu 90-120 menit untuk dicerna oleh lambung menjadikannya salah satu alternatif selain daging sapi yang bisa dimakan tanpa harus menunggu lama dicerna lambung. Jadi beberapa bodybuilder juga ada yang mengandalkan daging ayam sebagai salah satu diet utamanya karena rutinitas jadwal yang padat.

Konten Sensitif


Sayur yang telah dimasak atau digoreng
Proses pemasakan sayur membuat kandungan seratnya agak sedikit lebih lama dicerna lambung. Namun tak perlu khawatir karena proses pencernaan sayuran yang telah dimasak hanya membutuhkan waktu 40 menit. Jadi makanan ini cocok dipilih sebagai makan siang agar tak menimbulkan perasaan lemas.

Konten Sensitif


Daging Ikan
Jika gansis ingin mengkonsumsi daging namun memiliki jarak waktu yang singkat antara aktivitas berat yang hendak dilakukan maka gansis dapat memilih daging ikan. Tak seperti daging sapi yang memiliki protein kompleks, daging ikan memiliki struktur protein sederhana yang membuatnya mudah dicerna dan membutuhkan waktu lebih singkat dibanding daging ayam maupun sapi. Waktu yang dibutuhkan lambung untuk mencerna daging ikan berkisar 45-60 menit.

—oOo—

Itu dia waktu yang dibutuhkan oleh lambung untuk mencerna tiap-tiap jenis makanan. Dengan mengetahui durasi tersebut gansis akan terhindar dari perasaan lemas dan ngantuk ketika melakukan beraktivitas berat. Jadi kalau bisa pilihlah makanan yang mau dikonsumsi sebelum beraktivitas berat ya!


Sumber : Disini
fathroni
materaitempel
sc5
sc5 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.6K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan