cintadineAvatar border
TS
cintadine
Bucin dan Cringe Inilah 4 Novel Remaja Indonesia Paling Overrated Menurut Ane


Berbicara mengenai dunia kepenulisan fiksi, saat sangat berbeda dengan belasan tahun lalu, di mana satu-satunya cara menerbitkan karya sebuah buku novel adalah mengirimkannya ke penerbit mayor alias penerbit mayor. Berbeda dengan sekarang yang sudah bisa serba digital. Siapapun bisa menulis karya fiksi di berbagai platform seperti web novel Wattpad bahkan di media sosial.

Namun, ada satu yang bermasalah yaitu yang menjadi best seller genrenya selalu itu-itu saja. Bahkan kalau kita lihat Wattpad, karya yang berantakan minta ampun saja bisa mendapatkan jutaan view hanya karena temanya yang sudah pasaran. Bukan hanya di Wattpad di luar Wattpad juga begitu.

Banyak novel Indonesia yang menurut ane overrated dan dilebih-lebihkan dan berikut ini adalah beberapa contohnya.


1. Galaksi (Poppi Pertiwi)


Ini adalau salah satu dari sekian banyak novel Wattpad yang bertema anak motor dan meromantisasi dan membenarkan kalau cowok SMA yang badung, tukang berkelahi dan melawan guru itu adalah manusia yang keren. Ceritanya juga super basi, yaitu cowok bad boy yang jatuh cinta sama cewek yang biasa saja. Isinya sangat tidak masuk akal, yaitu berantem, membuat keonaran, dan saling berkelahi satu sama lain. Geng motornya bernama Ravispa dan siap melakukan kekerasan atas nama solidaritas.

Mirisnya novel ini ditulis oleh seorang perempuan dan yang membaca mayoritas adalah cewek-cewek abg. Untungnya novel ini tidak sampai diangkat ke layar lebar.

Dilan (Pidi Baiq)


Ini bukan novel Wattpad tapi novel konvensional yang ditulis oleh seniman dan musisi bernama Pidi Baiq. Trilogi Dilan sangat booming dan difilmkan. Ketiga filmnya mendapatkan jutaan penonton. Novel Dilan memang bagus tapi mendapatkan sambutan yang overhype. Padahal isinya hanyalah gombalan cringe. Tapi, novel Dilan setidaknya tidak separah novel-novel Wattpad yang ditulis oleh para abg bocil labil yang memuaskan hasrat halunya.

Mariposa (Luluk HF)

Ini bukan dongeng Barbie Mariposa melainkan hanyalah menceritakan karakter 'Mary Sue' yang merupakan pemuas hasrat penulisnya sebagai tokoh utama. Ceritanya sungguh tidak masuk akal dan banyak dikritisi oleh para penggiat literasi karena dinilai merendahkan harga diri seorang perempuan (anehnya novel ini ditulis oleh seorang perempuan).

Ceritanya mengenai seorang abg SMA bernama Acha yang mengejar-ngejar seorang laki-laki yang cool yang disukainya. Isinya ya hanya begitu, si Acha ini melakukan segala cara untuk mendapatkan hati Iqbal bahkan sampai ikut pindah sekolah. Tapi novel ini sempat difilmkan dengan dibintangi oleh Angga dan Zara.

Apa pesan yang disampaikan pada novel ini? Tidak ada.

Dear Nathan (Erisca Febriani)


Mungkin inilah novel Wattpad pertama Indonesia yang hypenya sampai difilmkan dan kemudian jadi standar novel Wattpad remaja setelahnya yaitu cowok geng motor yang badungnya luar biasa adalah yang patut dijadikan pasangan karena ternyata dia itu baik tapi rusak oleh keluarganya. Pada kenyataannya di dunia nyata, geng motor tetaplah meresahkan masyarakat dan dibenci banyak orang.

Dear Nathan juga menjadi novel Wattpad angkatan pertama yang difilmkan. Bisa dibilang kalau Dear Nathan ini adalah versi modern dari Ali Topan Anak Jalanan.

Nah, itu dia gan, pembahasannya. emoticon-Ngakak (S)

Referensi
jicho22
myasanmia
pakisal212
pakisal212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan