Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Apakah Rasa Malu Itu Penting? Ternyata Ini Dia Manfaat Menjaga Rasa Malu
Sering dianggap sebagai hal yang sepele, ternyata menjaga rasa malu memiliki banyak manfaat


Sifat atau rasa malu, merupakan sifat dan perasaan tidak enak hati, merasa rendah, dan hina ketika melakukan atau berbuat sesuatu yang tidak baik.

Sifat ini biasa dimiliki oleh seseorang yang masih memegang teguh sikap sopan santun dan norma kesusilaan, sehingga mereka selalu memikirkan segala dampak dari entah itu tindakan atau ucapan yang dilontarkan serta dilakukan kepada orang lain.

Meskipun rasa dan sifat malu itu sebenarnya baik untuk tetap dipegang teguh karena dapat membentengi diri seseorang dari berlaku tidak baik atau tercela, tetapi ternyata tidak sedikit orang yang menganggap orang dengan sifat dan rasa malu adalah orang yang munafik. Pemikiran tersebut muncul karena orang yang memberikan penilaian buruk kepada orang yang pemalu melihat si pemalu terlalu agamis dan lurus dalam menjalani hidupnya.

Membahas tentang sifat dan rasa malu, di era modern ini dapat dikatakan banyak orang yang mulai kehilangan rasa malu, bahkan tidak sedikit orang yang tidak punya rasa malu serta bangga saat melakukan kesalahan dan pamer perilaku buruknya ke halayak ramai seolah itu adalah sebuah prestasi.

Lalu apa sih sebenarnya manfaat menjaga rasa malu saat rasa malu sendiri penting untuk dimiliki setiap orang yang masih hidup di dunia?
Berikut ini beberapa manfaatnya GanSis.




1. Menghindarkan Diri dari Dosa

Orang yang memiliki sifat dan rasa malu mereka akan terhindar dari berbuat dosa GanSis.
Kenapa itu bisa terjadi?
Alasannya adalah karena orang yang memiliki sifat dan rasa malu tahu benar bahwa Tuhan Maha melihat, maka semua yang dilakukan seorang hamba akan selalu diketahui oleh Tuhannya.

Saat seseorang sadar bahwa Tuhan Maha melihat kemudian mereka malu jika Tuhan mengetahui dirinya berbuaf dosa, maka mereka akan berhenti melakukan sesuatu yang menghasilkan dosa.

2. Mencegah Tindakan Tercela dan Perbuatan Buruk

Masih berkaitan dengan manfaat poin pertama yaitu takut dan malu untuk berbuat dosa karena Tuhan melihat semua yang dilakukan hamba-Nya.

Memiliki rasa malu juga dipercaya dapat mencegah tindakan tercela dan perbuatan buruk, karena saat seseorang ketahuan melakukan berbuat buruk maka bukan hanya dilihat oleh Tuhan tetapi juga dilihat serta ditanggapi oleh orang sekitar.

3. Harga Diri Terjaga dengan Baik

Selain menghindarkan diri dari dosa dan mencegah tindakan tercela, memiliki rasa dan sifat malu juga bermanfaat untuk menjaga harga diri GanSis.

Orang yang memiliki rasa dan sifat malu maka secara otomatis mereka akan menghindari perbuatan buruk atau tidak baik yang bisa mencoreng nama baiknya sendiri.

4. Dipercaya Banyak Orang

Manfaat selanjutnya dari memiliki rasa dan sifat malu adalah mudah dipercaya banyak orang karena amanah GanSis.

Orang yang memiliki sifat dan rasa malu mereka akan takut untuk mengecewakan orang yang telah memberikan kepercayaan sehingga mereka akan menjaga kepercayaan tersebut.



Itulah sekilas tentang manfaat dari memiliki sifat dan rasa malu yang mungkin Agan Sista belum ketahui.

Sifat dan rasa malu ini berbeda dengan sifat kurang percaya diri, karena sejauh ini banyak orang yang mengkait-kaitkan rasa dan sifat malu dengan rasa kurang percaya diri yang sebenarnya keduanya benar-benar memiliki perbedaan.

Perbedaan antara rasa malu dengan rasa kurang percaya diri atau insecure tentu saja sangat berbeda. Rasa dan sifat malu dimiliki seseorang karena memang mereka takut kepada Tuhan terhadap dosa yang Agan dan Sista lakukan, sedangkan insecure muncul karena seseorang kurang bersyukur dengan pemberian Tuhan.

Oke mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
danQe
evywahyuni
mypurplesaturn
mypurplesaturn dan 19 lainnya memberi reputasi
20
2.8K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan