Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kimochigayoiAvatar border
TS
kimochigayoi
Pemda DKI Jakarta Siap 'Bakar Duit' Rp 4,9 Miliar Untuk Malam Tahun Baru 2023

Sudah menjadi agenda rutin bagi kota-kota besar menggelar perayaan malam tahun baru. Tak terkecuali di Jakarta yang selalu berlangsung meriah. Perayaan malam tahun baru di Jakarta biasanya diisi dengan pesta kembang api dan hiburan rakyat yang tersebar di beberapa titik.

Ketika Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, acara dipusatkan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Ada penampilan artis-artis tanah air, parade budaya, seni musik tradisional Betawi, Gambang Kromong, Keroncong, Dangdut hingga band masa kini.

Pada zaman Ahok sedikit berbeda karena acara difokuskan di masing-masing wilayah Kota Administrasi dengan tujuan untuk menghemat anggaran. Akan tetapi, panggung utama tetap digelar di Ancol dan Monas.

Begitu juga saat Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta. Pesta perayaan malam tahun baru bertambah meriah dengan adanya agenda nikah massal. Namun, tak seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan malam tahun baru 2021 dan 2022 ditiadakan untuk mencegah penularan Covid-19.

Kini, keadaan berangsur pulih. Meskipun masa jabatan Anies Baswedan akan berakhir pada 16 Oktober 2022, Pemerintah Daerah DKI Jakarta tampaknya telah merencanakan untuk menggelar pesta perayaan malam tahun baru 2023.

Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang disiapkan jumlahnya cukup fantastis, mencapai hampir Rp 5 miliar dan diambil dari APBD 2022.

Sayangnya, belum ada rekan-rekan aktivis, wartawan dan media yang mengendus rencana Pemda DKI 'bakar-bakar' uang Rp 5 miliar itu. Mungkin karena saat ini perhatian publik terfokus pada kenaikan harga BBM, kasus Ferdy Sambo dan Anies Baswedan yang diperiksa KPK terkait dugaan korupsi Formula E.

Lantas, tahu dari mana?

Sekarang, zaman sudah serba terbuka. Tinggal kita cermat mengawasi atau tidak.

Ada yang namanya LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik. Dalam situs LPSE DKI Jakarta, Pemerintah Daerah DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat tender 'Penyelenggaraan Festival Malam Tahun Baru'. Kode tendernya 55384127 dan dibuat pada 29 Agustus 2022.

Sampai hari ini, Sabtu, 10 September 2022, tendernya telah sampai pada tahap 'Upload Dokumen Penawaran'. Nilai Pagu Paketnya Rp 4.982.559.550 dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Rp 4.907.321.100.

Mengejutkan memang, karena selama ini sumber dan jumlah dana yang dihabiskan untuk perayaan malam tahun baru tidak pernah jelas dan pertanggungjawabannya tidak pernah dibuka ke publik. Apakah dari APBD, swasta atau sponsor. Setidaknya sekarang kita sudah punya gambaran akan hal itu.

Di satu sisi, patut diapresiasi karena mulai ada transparansi. Tapi di sisi lain mungkin perlu dievaluasi mengingat 'uang rakyat' yang akan 'dibakar' jumlahnya tidak sedikit. Mumpung belum ada pemenang dan belum tanda tangan kontrak, masih ada kesempatan untuk dibatalkan lebih awal.

Jakarta, 10 September 2022

Hormat Saya,

R. HAIDAR ALWI
Ketua Dewan Pembina Forkom Alawiyin/Habaib sekaligus Presiden Haidar Alwi Care (HAC) dan Haidar Alwi Institute (HAI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (7/9). Foto : Ricardo/jpnn.com
simsol...
daratmpv
odjay05
odjay05 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan