mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
PA 212 Bakal Demo BBM di Istana Lewat Aksi Bela Rakyat 1209



PA 212 bersama sejumlah ormas Islam akan menggelar demonstrasi bertajuk 'Aksi Bela Rakyat 1209' untuk menolak kenaikan harga BBM di Istana Negara, Senin (12/9). Foto: CNNIndonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia -- PA 212 bersama sejumlah ormas Islam lainnya yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat akan menggelar demonstrasi bertajuk 'Aksi Bela Rakyat 1209' untuk menolak kenaikan harga BBM di Istana Negara, Jakarta para Senin (12/9) pekan depan.
Sekretaris Majelis Syuro PA 212 Slamet Maarif kepada CNNIndonesia.com, Jumat (9/9), mengonfirmasi rencana demo tersebut.

Terpisah, Wakorlap Aksi 1209 Buya Husen membenarkan adanya poster yang beredar di media sosial terkait rencana aksi tersebut. Poster itu bertuliskan "Aksi 1209 Akbar Aksi Bela Rakyat". " Senin 12-09-2022 di Istana Negara pukul 13.00 WIB".

Poster itu juga menuliskan tiga tuntutan yang akan dibawa pada aksi demonstrasi. Yakni turunkan harga BBM, turunkan harga-harga dan tegakkan supremasi hukum. Tampak pula logo-logo ormas dicantumkan pada poster tersebut.

"Insyaallah benar, mohon doanya. Iya di Istana Negara," kata Buya Husen.

Buya Husen mengatakan aksi itu rencananya akan dihadiri oleh para petinggi PA 212, GNPF Ulama, Front Persaudaraan Islam dan tokoh-tokoh ormas lainnya.

"Massa diperkirakan 1.000 orang," klaim dia.

Pemerintah diketahui mengumumkan rincian kenaikan harga BBM, yakni harga pertalite naik dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter, solar subsidi dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter dan pertamax dari Rp12.500 per liter menjadi Rp14.500 per liter.

Kebijakan itu menuai banyak penolakan dari pelbagai elemen masyarakat. Aksi demo penolakan kenaikan harga BBM lantas marak digelar di penjuru Indonesia belakangan ini.


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...a-rakyat-1209.

Mahasiswa juga mau demo lagi

Kembali Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Pekan Depan, BEM SI Klaim Bakal Libatkan 6.000 Orang


Mahasiswa menampilkan spanduk pada aksi di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Kamis 21 April 2022. BEM SI (Badan Eksekutif Mahasiswa seluruh Indonesia) turun untuk menuntut Jokowi agar menolak perpanjangan masa jabatan hingga mendesak pemerintah untuk menurunkan harga bahan pokok. Tempo/Muhammad Syauqi Amrulah

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal kembali turun ke jalan menolak kenaikan harga BBM pekan depan. Jumlah massa yang turun ditargetkan mencapai 6.000 orang. “Setelah aksi tanggal 8 kemarin, kami coba eskalasikan lagi untuk turun,” kata Koordinator Media BEM SI, Lutfhi Yufrizal lewat pesan teks, Sabtu, 10 September 2022.

Luthfi mengatakan BEM SI belum menentukan tanggal pasti untuk demonstrasi lanjutan ini. Dia mengatakan unjuk rasa kemungkinan akan dilaksanakan di antara tanggal 13 September sampai 15 September 2022.

Luthfi menuturkan demonstrasi tersebut akan digelar di sekitar kawasan Istana Negara, Jakarta. Tuntutan mereka masih sama, yaitu mendesak pemerintah menurunkan harga BBM.

Menurut dia, BEM SI juga masih berkomunikasi untuk mengajak elemen masyarakat untuk berunjuk rasa menolak kenaikan harga bensin. “Kami masih koordinasi,” kata dia.

Sebelumnya, BEM SI telah menggelar demonstrasi menolak kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Kamis, 8 September 2022. Demonstrasi itu diawali dengan long march dari Monas diiringi dengan aksi teatrikal sejumlah mahasiswa mendorong motor sebagai bentuk kritik atas naiknya harga bensin.

Pemerintah mengumumkan menaikkan harga BBM pada Sabtu, 3 September lalu. Harga BBM bersusidi Pertalite naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10 ribu  per liter, sementara harga Solar naik dari Rp 5.000 menjadi Rp 6.800 per liter.

Kenaikan juga terjadi pada BBM nonsubsidi Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter. Kenaikan harga Pertamax itu merupakan yang kedua kalinya dalam kurun waktu enam bulan terakhir setelah sebelumnya sempat naik dari Rp 9.500 menjadi Rp 12.500 per liter. Pemerintahan Presiden Jokowi mengalihkan subsidi BBM atau BLT.
https://nasional.tempo.co/read/16326...an-6-000-orang

Buruh juga mau demo lagi besok termasuk di Jakarta

Demo Tolak BBM Naik Belum Usai, 12 September Buruh Kepung Balai Kota


Presiden KSPI Said Iqbal di lokasi demo buruh di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (6/9/2022)


Bisnis.com, JAKARTA – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengancam akan terus menggelar demo  untuk menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Rencananya pada 12 September 2022 demo akan berlanjut di depan Balai Kota, Jakarta.

Presiden KSPI Said Iqbal menyampaikan pada 12 September nanti Partai Buruh bersama KSPI, Organisasi Rakyat Indonesia (ORI), dan elemen lainnya akan melanjutkan aksi penolakan harga BBM di masing-masing kabupaten/kota, salah satunya Jakarta.

Sebelumnya KSPI telah melakukan demo secara serentak se Indonesia pada Selasa (6/9/2022) di depan Gedung DPR. Said Iqbal bahkan menyebutkan demo akan terus berlangsung hingga Desember mendatang.

Tangal 12 September aksi akan dilakukan oleh buruh se Jakarta, Partai Buruh bersama KSPI, ORI, dan elemen lainnya akan melakukan aksi di Jakarta, di balai kota, karena ini daerah jadi tujuannya balai kota,” ujarnya dalam Konferensi Pers, Jumat (9/9/2022).

Adapun tuntutan dalam demo tersebut masih sama dengan sebelumnya, yakni tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law UU Cipta Kerja, dan naikkan UMK 2023 sebesar 10-13 persen. Menurut Said, kenaikan harga BBM tersebut akan menurunkan daya beli yang sekarang ini sudah turun 30 persen. Dengan BBM naik, maka daya beli akan turun lagi yang bahkan hingga 50 persen akibat inflasi September yang diprediksi menjadi yang tertinggi tahun ini.

Di sisi lain, upah buruh tidak naik dalam 3 tahun terakhir. Bahkan Menteri Ketenagakerjaan sudah mengumumkan jika Pemerintah dalam menghitung kenaikan UMK 2023 kembali menggunakan PP 36/2021. Mengacu pada ramuan upah tersebut, pada 2022 upah minimum naik 1,09 persen. Artinya bila tahun depan juga menggunakan ramuan yang sama, upah buruh hanya naik sekitar 1 persen.

Oleh karena itu, Partai Buruh dan Serikat Buruh akan melakukan aksi terus menerus bila tuntutannya tidak dikabulkan, puncaknya pada Desember 2022 dengan aksi mogok nasional.

Selain KSPI, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang dipimpin oleh Andi Gani juga akan melancarkan aksinya pada 12 September 2022 di depan Gedung DPR.

Selain Jakarta, demo buruh telah dilancarkan pada 8 September Provinsi Sumatra Selatan, sementara 13 September akan berlangsung di Banten, 14 September akan ada aksi demo buruh di masing-masing kab/kota di Pulau Jawa..

https://kabar24.bisnis.com/read/2022...ng-balai-kota.

Sejauh ini kondisi Jakarta masih kondusif dari demo hari pertama sampai kelima dari keterangan


Quote:



Gerakan protes Indonesia sudah jadi perhatian ekonom Steve Hanke yang dulu pernah menjadi penasehat ekonomi Presiden Suharto di masa krisis monoter 1998



Kisah Steve Hanke dan Presiden Suharto
https://www.antaranews.com/berita/97...h-dan-soeharto

Di saat sama hacker terus menyerang data-data pemerintah dan menarik simpati banyak netizen

Di waktu sama sekarang Pertamina menjalin komunikasi dengan Kedubes Rusia untuk membeli minyak Rusia dan November 2022 nanti ada G20 di mana Kedubes Rusia bersiap mempersiapkan kedatangan Presiden Putin

Semoga Indonesia tetap aman karena jika terjadi huru-hara bakal berdampak pada puncak G20 nanti



ytbjts
daratmpv
nomorelies
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
3
2.3K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan