Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Hafal Alquran 30 Juz, Gratis Kuliah Kedokteran di Kampus Ini
Hafal Alquran 30 Juz, Gratis Kuliah Kedokteran di Kampus Ini
8 September 2022, 14:27:39 WIB

Ilustrasi: Mahasiswi Fakultas Kedokteran (Dok.JawaPos.com)


JawaPos.com – Kabar bagi bagi para penghafal Alquran atau hafidz. Berbekal hafalan 30 juz, para hafidz bisa mengakses beasiswa kuliah di Fakultas Kedokteran (FK). Diantara perguruan tinggi yang menyediakan akses beasiswa FK bagi para penghafal Alquran adalah Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).
Wakil Rektor IV UMJ Septa Candra, mengatakan uang masuk mahasiswa baru di FK UMJ sekitar Rp 400 juta. Belum ada uang SPP yang dibayar setiap semester sekitar Rp 28,5 juta. ’’Dengan beasiswa hafidz 30 juz, digratiskan dari biaya-biaya itu,’’ katanya kepada wartawan Kamis (8/9).
Septa mengatakan kampusnya setiap tahun mengalokasikan dua kursi mahasiswa FK untuk peserta beasiswa penghafal Alquran itu. Dia mengakui jumlahnya memang belum banyak. Tetapi setiap tahun selalu ada peminat beasiswa penghafal Alquran tersebut.
Dia mengatakan setiap tahun penerima beasiswa FK dari golongan penghafal Alquran itu diuji kembali. Jika ternyata sudah tidak hafal 30 juz, digantikan pelamar berikutnya.
Septa mengatakan di masa pandemi Covid-19 ini mereka memberikan sejumlah beasiswa khusus. Diantaranya adalah beasiswa parsial bagi warga Jabodetabek yang terdampak pandemi Covid-19. Kemudian ada beasiswa UMJ Pedulu, dengan total penerimanya ada sekitar 142 orang.
Dia menjelaskan saat ini perguruan tinggi di bawah naungan PP Muhammadiyah sedang menyambut gelaran Muktamar Muhammadiyah ke-48. Salah satu kegiatannya adalah pemutaran film Kemuhammadiyahan, salah satunya di kampus UMJ. Salah satu film yang diputar adalah film berjudul Jejak Langkah 2 Ulama. Film ini menceritakan perjalanan hidup dari Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy’ari. Dengan menonton film ini, Septa berharap masyarakat khususnya mahasiswa tidak lagi membeda-bedakan Muhammadiyah dengan NU.


https://www.jawapos.com/nasional/pen...di-kampus-ini/
itilnjepat
viniest
bestieku
bestieku dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.4K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan