cintadineAvatar border
TS
cintadine
Mengenang Aqua Splash of Fruit, Kenapa Bisa Gagal Tapi Good Mood Bisa Sukses?


Apakah agan masih ingat dengan Aqua Splash of Fruit? Produk minuman rasa buah yang sempat diproduksi oleh Aqua sekitar tahun 2005. Minuman ini tidak terlalu lama bertahan di pasaran karena tidak laku. Beberapa lama setelahnya Aqua meluncurkan Mizone dan sukses di pasaran. Kemudian sekitar pertengahan 2010an, Suntory Indonesia meluncurkan produk bernama Good Mood yang mengingatkan kita dengan Aqua Splash of Fruit yaitu minuman bening tapi ada rasa buahnya, bedanya Good Mood berhasil di pasaran?

Pertanyaannya, kenapa Aqua Splash of Fruit bisa gagal di pasaran, padahal ada nama besar Aqua di belakangnya? Yang kita tahu Aqua adalah produsen AMDK terbesar di Indonesia dan jadi merek generik air minum.

Konsumen Terlanjur Tahu Image Aqua

Yang pertama adalah karena konsumen sudah terlanjur tahu kalau Aqua adalah merek AMDK yang isinya adalah air biasa yang rasanya tawar. Splash of Fruit kemasannya tidak terlalu jauh berbeda dengan Aqua biasa ditambah dengan warna airnya yang juga sama. Menjadikan konsumen bingung dan merasa kalau ini sama saja dengan Aqua yang biasa, bahkan akan malas membeli karena harganya lebih mahal dan ukurannya lebih kecil.

Nilai Tambah yang Sedikit

Minuman soda seperti Fanta dan Coca Cola hanya punya fungsi sebagai minuman yang menyegarkan dan tak punya manfaat apapun selain itu tapi bisa laku karena ya sedari awal sudah begitu. Berbeda dengan Aqua Splash of Fruit, selain karena orang-orang sudah mengenal Aqua sebagai air minum biasa. Juga karen Splash of Fruit hanya memiliki nilai tambah yang sedikit yaitu rasa buahnya saja, tidak ada yang lain. Berbeda dengan minuman yang lain yang saat itu sudah ada, sebut saja Pocari Sweat yang berfungsi sebagai minuman isotonic yang bermanfaat setelah orang kehilangan cairan tubuh seperti berolahraga.

Promosi yang Gagal


Aqua Splash of Fruit sempat diiklankan di tv kala itu, tapi iklannya gagal menyampaikan kalau ini adalah produk Aqua yang berbeda dengan Aqua biasa. Ditambah dengan harusnya produk ini diminum saat kondisinya dingin alias harus dimasukan ke dalam lemari es dulu.

Kenapa Mizone dan Good Mood Bisa Sukses?

Belajar dari kegagalan Splash of Fruit, Aqua kemudian memperbaiki semuanya pada produknya yang bernama Mizone. Mereka tidak mengekspos nama Aqua pada produk ini, membuat warna kemasan yang berbeda (biru), dan memberikan fungsi yang juga berbeda yaitu minuman isotonik dan bukan hanya untuk sekedar menghilangkan haus saja. Konsumen benar-benar tahu kalau Mizone adalah produk yang berbeda dengan Aqua dan punya nilai tambah.

Sedangkan Good Mood yang lebih mirip dengan Splash of Fruit adalah produk dari Suntory Garuda bisa berhasil karena produknya yang original dan tak terikat brand lainnya. Ditambah dengan tren minuman dalam kemasan yang sudah bervariasi dan konsumen sudah "melek" terhadap aneka jenis minuman dalam kemasan alias tidak kurang wawasan lagi seperti di tahun 2005.

Jadi intinya adalah Splash of Fruit gagal karena branding yang salah, kebingungan tujuan diciptakan produk ini, dan juga diluncurkan di waktu yang tidak tepat.

Nah, kalah menurut agan bagaimana gan? emoticon-Ngakak (S)

Referensi

provocator3301
jiresh
nowbitool
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4
6.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan