iskrimAvatar border
TS
iskrim
Misteri 'Garpu Ompong' Tukang Siomay Akhirnya Terungkap, Inilah Jawabannya!


Saya adalah salah satu dari sekian juta manusia penggemar makanan jajanan siomay, bakso pentol dan makanan yang ada beberapa bagian yang kalau mau disajikan harus diiris terlebih dahulu menggunakan garpu dan pisau.

Eh. Apakah kamu pernah memperhatikan atau selama ini sering bertanya-tanya kenapa bentuk garpu para tukang siomay dan sejenisnya itu memiliki bentuk garpu yang unik nan berbeda? Coba deh perhatikan bentuk garpu bagian tengahnya biasanya terlihat ompong, sepertinya sengaja dipatahkan dan hanya menyisakan bagian kanan dan kirinya saja. Seperti lambang dua jari musik aliran metal, hehe.



Disebuah kesempatan saya sempatkan bertanya kepada mamang siomay langganan saya yang terkenal cukup enak dengan porsi sedang seharga sepuluh ribu rupiah saja. Rasa dan harganya merakyat!

"Mang, saya sering lihat tukang siomay menggunakan garpu bentuknya tidak seperti pada umumnya, garpunya ompong bagian tengahnya, ya seperti garpu mamang yang lagi pakai ini, kenapa ya?"

"Oh, ini mah biar mudah aja gitu kalau mau mengiris siomay nya, juga kalau cuma dua gigi gini nggak bikin lengket, waktu diiris pisau lebih gampang, garpunya juga jadi mudah dicabutnya, enteng pula.." jawab si mamang singkat. "Lebih bagus lagi setelah dipakai trus dibasahin biar nggak lengket waktu mau dipakai lagi" kata si mamang menutup jawabannya. "Ooh, gitu ya."



Mungkin bagi kalian garpu unik yang digunakan oleh para tukang siomay atau bakso pentol bukan hal yang luar biasa, tapi kalau kita perhatikan ide ini cukup cerdas karena dengan ide sesederhana ini kerja para tukang siomay, tukang batagor, tukang pempek gerobakan, tukang pisang keju dan sejenisnya jadi semakin ringkas dan cepat. Tapi sayangnya tidak diketahui siapa pencetus pertamakali ide membuat garpu ompong ini dibuat.

Nah, sekarang sudah terjawab dong alasannya kenapa para tukang yang saya sebutkan diatas lebih cocok memakai garpu ompong tengah sebagai senjata andalannya dalam mengiris makanan? Jangan tanya beli dimana, tentu ini hasil kreasi mereka sendiri berdasarkan pengalamannya. Hm.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

darkwilliam00gg
azhuramasda
Surobledhek746
Surobledhek746 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.7K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan