harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Akhirnya! Dua Pendapat Ini Menjelaskan Keberadaan Hantu, Berikut Penjelasannya Gan!


Sumber Gambar

Thread ini adalah kesimpulan dari beberapa thread sebelumnya di mana TS menjelaskan mengenai keberadaan hantu dan makhluk halus. Dalam thread ini sendiri TS gak mau memandang melalui satu sudut pandang. Karena ada banyak perspektif yang menilai mengenai keberadaan hantu ini.

Bagi kalian yang belum membaca thread TS sebelumnya, nanti TS kasih linknya di komentar.

Kenapa kok bahas hantu mulu? Ya karena TS merasa saga mengenai pembahasan hantu ini perlu diakhiri dengan sebuah kesimpulan yang matang. So, ini terakhir.

TS menyediakan dua perspektif sesuai kepercayaan kalian masing-masing. emoticon-Blue Guy Peace


Sumber Gambar

Berdasarkan Kepercayaan Supranatural

Dari segi spiritual, ada banyak yang menyebut bahwa hantu adalah entitas gaib yang sama bentuknya seperti siluman, jin dan iblis. Hanya berbeda dari segi kekuatan atau energinya saja.

Mereka bisa menampakkan diri sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh si manusia. Ini menjelaskan mengapa di Indonesia ada pocong sedangkan di luar negeri tidak. Karena entitas gaib ini mengikuti bentuk apa yang ditakuti manusia. Merujuk juga pada kebudayaan tertentu.

Rasa takut manusia itu bagaikan energi bagi mereka, membuat mereka bisa menampakkan diri bahkan menjatuhkan barang fisik. Kalau begitu, tanpa kita sadari kita telah memberi makan mereka dan mereka bisa menjadi begitu populer karena kuatnya kepercayaan masyarakat.


Sumber Gambar

Berdasarkan Ilmu Pengetahuan

Pertama dari sudut pandang ilmu pengetahuan, saat ini belum ada bukti kuat yang menyatakan bahwa hantu itu ada. Namun penjelasan yang paling mungkin mengenai ini adalah tentang halusinasi.

Di mana setiap manusia memiliki indera mulai dari pengelihatan, penciuman dan pendengaran. Indera inilah yang membantu otak dalam menerima informasi. Nah, masalahnya indera bahkan otak bisa saja salah menangkap informasi.

Bisa saja mata kita melihat yang seharusnya tidak ada, atau telinga kita salah mendengar suara yang sebenarnya tidak ada. Hal ini yang kemudian didefinisikan orang-orang sebagai penampakan hantu.

Hal ini diperparah dengan kuatnya kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal gaib di beberapa kebudayaan di Indonesia dan dunia. Sehingga halusinasi atau kesalahan indera itu semakin nyata membentuk apa yang dipercaya, ditakuti dan dipikirkan si orang tersebut.

Jadi, kalau kita melihat ada kuntilanak di depan kita, itu bukan karena ada kuntilanak di depan kita. Tapi karena ada kuntilanak di otak kita yang akhirnya terproyeksikan ke indera kita yang mungkin sedang bermasalah.

Karena kepercayaan ini ada dan tumbuh di masyarakat, wajar saja apabila halusinasi atau kesalahan persepsi indera memiliki bentuk yang sama di suatu kelompok masyarakat khususnya negara.


[URL=https://anitrendz.net/news/2021/03/17/mieruko-chan-horrorS E N S O Redy-manga-gets-anime-for-2021/]Sumber Gambar[/URL]
emoticon-2 Jempol

Ya, itulah kesimpulan mengenai pembahasan hantu yang sudah kita bahas beberapa hari ini. Di sini TS Fair ya! TS tidak memberikan dua perspektif dari dua kepercayaan berbeda, TS pun tidak memihak. Sekarang terserah kalian, mana yang paling kalian percaya.

TS percaya yang mana? Biarlah menjadi misteri wkwk.

So, terima kasih sudah mau menemani TS membahas mengenai perhantuan. Setelah ini tidak akan ada lagi kok thread mengenai hantu. Sampai jumpa di thread lainnya.

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
bang.toyip
darkwilliam00gg
samnkuku419
samnkuku419 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan