Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Indonesia Akan Beli Minyak Rusia? Ini Bocoran Kemlu



Foto: Mangki minyak operator pipa minyak Transneft di terminal minyak mentah Kozmino di pantai Teluk Nakhodka dekat kota pelabuhan Nakhodka, Rusia. (REUTERS/Tatiana Meel)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia dikabarkan memiliki keinginan untuk melakukan impor minyak mentah murah dari Rusia. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah buka suara terkait hal ini.
"Mungkin yang lebih tepat menjawab pertanyaan ini adalah pelaku business-to-business di pasar bebas ya. Tentunya institusi atau badan yang melakukan bisnis di sektor minyak bisa memutuskan dengan berbagai pertimbangan," kata Teuku dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/8/2022).

"Dari sisi pemerintah, tentunya dalam konteks diplomasi, segala sesuatu kita lakukan untuk memastikan untuk difasilitasikan."

Di sisi lain, Teuku mengatakan selain isu impor minyak, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berkesempatan melakukan misi bagi perdamaian Ukraina-Rusia. Di sana Jokowi dilaporkan juga menyinggung isu-isu bilateral negara, seperti hal-hal yang dapat dikerjasamakan dalam rangka hubungan ekonomi kedua negara.

"Kemlu memiliki keperdulian dan salah satu ... diplomasi Indonesia adalah diplomasi ekonomi. Dengan demikian sebagai perkembangan di dunia internasional terkait isu ekonomi, khusunya energi yang menjadi perhatian dan keperdulian Indonesia," katanya.

"Khusus mengenai isu minyak, kita juga harus melihatnya dalam konteks yang lebih besar, bagaimana dampak keberlanjutannya dari peperangan menimbulkan tekanan yang sangat besar di sektor energi," tambahnya.

Dalam konteks diplomasi ekonomi, Teuku mengatakan Indonesia, dengan segala upaya juga mencoba mencari alternatif bagi sumber-sumber energi yang dapat menjangkau kebutuhan dan secara harga ekonomis.

"Dengan peluang-peluang yang ada, Kemlu memberikan saran pandangan atas hal-hal sebagai bahan keputusan, termasuk isu minyak. Mungkin itu saja respon kami terkait hal ini," tutupnya.

Sebelumnya niat Indonesia melakukan impor minyak mentah dari Rusia keluar dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ia mengatakan Jokowi dikabarkan telah menyetujui rencana mengimpor minyak dari Rusia, karena lebih murah dibandingkan harga pasar internasional.

Menurut Sandiaga, harga minyak Rusia lebih murah 30% dibandingkan harga di pasar internasional. Namun, meskipun harga minyak mentah Rusia lebih murah, ada kekhawatiran mengenai sanksi embargo oleh Amerika Serikat dan bisa saja meluas juga ke aliansi baratnya seperti yang terjadi oleh Rusia. Sandiaga pun men
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-bocoran-kemlu


Kenaikan BBM masih pikir-pikir pemerintah tapi isu kenaikan sudah kenceng.
Keberadaan minyak murah dari Rusia bisa jadi alternatif...
s.c.a.
nomorelies
scorpiolama
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3
994
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan