ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Laksana Legacy SR3 Meluncur Di GIIAS, Kini Lebih Futuristis & Modern!
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis semua. Kali ini ane bakal bahas seputar Laksana SR3 yang sudah meluncur di GIIAS 2022 kemarin.


Body Laksana Legacy SR-2 sudah lama beredar di Indonesia. Terhitung sudah 6 tahun sejak SR2 pertama kali muncul di tahun 2016. Tentu butuh penyegaran baru agar lebih up-to-date.

Rumor tentang pengganti SR-2, yaitu SR3 sudah banyak berhembus sejak lama. Netizen (dan termasuk ane juga) penasaran sekali. Hanya saja, tidak ada rumor mengenai detil bentuk yang seperti apa, hanya ada teaser yang diupload ke akun Instagram Laksana beberapa minggu yang lalu. 


Namun di GIIAS tahun ini, semua terjawab. Laksana SR3 resmi launching, dengan segudang desain baru, serta beberapa fitur-fitur baru yang unik. Tentu dengan varian-varian baru juga.

Laksana memajang tiga unit SR3 di GIIAS 2022. Satu unit SR3 Suites Combi, satu unit SR3 Ultimate Panorama XHD, dan satu lagi unit SR3 Family sleeper. Unit lainnya, ada sebuah Motorhome dan juga bus medium Tourista.


Headlamp baru Legacy SR3, terlihat ada banyak perbedaan dibanding headlamp Legacy SR2.

sumber gambar

Facia depan SR3 terlihat jauh lebih mengotak dan agresif. Posisi aksen chrome tengah juga mengingatkan ane terhadap desain Legacy SR1 Facelift. Sayangnya, lampu LED di bagian tengah kini tidak lagi menyambung ke headlamp kiri dan kanan. Sepertinya Laksana memang mengambil inspirasi dari SR1 Facelift untuk facia depannya.

Seperti SR2, headlamp Legacy SR3 menggunakan headlamp yang didesain sendiri oleh Laksana. Headlamp ini menggunakan teknologi LED dengan 2 buah projector, dan lampu kota LED yang bentuknya sekilas mirip lampu kota Innova Reborn tipe atas. Lampu depan baru ini pun juga dilengkapi fitur pengaturan manual leveling dari driver dan fitur yang memungkinkan seolah-olah ada "animasi" saat lampu dinyalakan.

Detil facia depan SR3 Ultimate.

Laksana juga menyematkan satu pasang foglamp dan satu lampu LED di bagian bawah. Foglampnya berjenis BI-LED, yang bisa diubah warnanya dan bisa juga difungsikan sebagai lampu dim. 

Bentuk bumpernya kini baru, untuk menambah kesan futuristis. Bentuk kaca depan hingga atap juga lebih mengotak. Bentuk spion sebenarnya masih sama seperti sebelumnya, hanya saja ada pembaruan di lampu sein, kini memanjang hingga samping. Menurut Laksana, lampu ini juga bisa berfungsi sebagai lampu senja.


Jika dilihat dari samping, memang bentuknya sekilas masih sama dengan SR-2. Selendang SR3 tetap menggunakan selendang S-Series yang sudah ada sebelumnya. Hanya saja, terutama untuk varian SR3 Suite, tarikan garis body dibawah selendang diubah. Ada juga tambahan lekukan body diatas garis pintu bagasi guna menambah kesan yang lebih tinggi dari Legacy SR3.

Khusus varian Panorama, varian single glass dari SR3, desain selendang berubah total. Kini segaris dengan spion . Hal ini dimaksudkan untuk memperluas pandangan penumpang kesamping, agar pemandangan samping lebih terasa nikmat. 


Ada desain "punuk" baru juga di bagian depan, samping sebelah atas. Tarikan garis pun lebih tajam dan mengotak dibanding SR2 lama. Menurut desainer Laksana, ini agar bus menjadi lebih berkarakter. Bus-bus Laksana zaman dulu juga banyak yang punya desain "punuk" seperti SR2.

Garis body yang diubah dimaksudkan untuk memberikan pandangan kesamping kepada penumpang yang dapat kursi di paling depan, bagian bawah. Sebelumnya, memang ada isu besar di SR2 Suite, dimana penumpang yang duduk di paling depan, dibawah, tidak mendapat pandangan ke samping. Tentunya ini menjadi salah satu komplain utama penumpang. Isu ini bisa diatasi di SR3 dengan memberikan desain baru.


Dari belakang, yang paling terlihat adalah stoplamp-nya. Yup, stoplamp SR3 berubah total. Dahulu, SR-2 menggunakan stoplamp bentuk "L" yang mirip sekali dengan logo Laksana. Namun sekarang, itu diubah dengan stoplamp yang sepenuhnya baru. Stoplamp ini juga merupakan hasil desain Laksana sendiri. 

Lampu yang menjadi ciri khas SR2, yaitu lampu belakang bagian atas yang melengkung tetap ada. Hanya saja, posisinya diubah, tepat dibawah kaca belakang. Menurut desainer Laksana, ini dimaksudkan untuk memberikan kesan lebih tinggi pada bus.


Di samping kaca belakang, khusus varian Ultimate, ada tambahan lampu. Lampu ini adalah lampu LED yang berada dibalik kaca. Lampu LED ini unik, bisa diatur sebagai lampu kota belakang, atau lampu rem.

Interior SR3 juga mengalami pembaharuan minor. Dashboard sedikit berubah jika dibandingkan dengan SR2, khususnya varian Ultimate. Lampu diatas kursi penumpang juga diperbaharui menggunakan bentuk seperti diamond. Langit-langit, terutama varian Ultimate juga diubah agar memberikan kesan yang lebih mewah didalam kabin. Ada tambahan lampu LED berwarna biru di pembatas depan untuk menambah kesan modern. Nuansa kabin pun berubah berkat perubahan warna-warna di SR3.

Interior Legacy SR3 Ultimate, bagian depan. Terlihat ada beberapa perbedaan dengan Legacy SR2.
sumber gambar

Varian SR3 bertambah menjadi dua varian utama, ada Laksana SR3 dan SR3 Ultimate. Varian SR3 sebagai varian standar, dan SR3 Ultimate sebagai varian flagship. Ada satu varian baru juga yang unik, yaitu SR3 Ultimate XHD Panorama. Kebetulan, varian ini salah satu yang dipamerkan langsung di GIIAS. XHD Panorama merupakan bus SHD dengan kaca single glass. 

Ada satu fitur baru yang baru pertama kali diaplikasikan di bus Indonesia. Power window! Yup, pada SR3 Ultimate, kaca driver kini dilengkapi power window untuk memudahkan ketika mau bayar tol.


Yang paling menarik dari SR3 baru ini adalah safety improvement. SR3 kini menggunakan standar safety Front Under-ride Protection, atau FUPS. Standar FUPS sangat berguna untuk meminimalisir resiko mobil terapit saat mengalami tabrak depan dengan bus. 

SR3 juga telah diuji tes kestabilan, tes rollover, dan tes kekuatan kursi. Ini membuat Legacy SR3 membuat jalanan menjadi lebih aman dibanding Legacy SR2. Meski memang, tergantung drivernya juga.

SR3 varian Suites Combi.
sumber gambar

Sayangnya, di GIIAS 2021 tidak ada varian SR3 Double Glass. Hanya saja, menurut Laksana, sudah banyak PO yang order SR3 varian Double Glass. Tinggal ditunggu saja tanggal rilisnya.

Saat ini pun, yang sudah terlihat hanya 3 varian saja, varian Ultimate Panorama XHD, Suites Combi, dan Suite Class. Semuanya single glass, dengan kaca tunggal, belum ada yang double glass.

Teaser Legacy SR-3 Double Decker

SR3 Double Decker pun belum ada. Hanya saja, desainer Laksana telah mengupload spoiler sketsa Legacy SR3 Double Decker. Tinggal ditunggu saja, tidak lama lagi mungkin akan keluar dari Ungaran.

Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas seputar Laksana Legacy SR3. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 12345
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-Rate 5 Staremoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toast

Diubah oleh ulungrinjani 24-08-2022 16:21
provocator3301
si.matamalaikat
sontoloyo81
sontoloyo81 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan