masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Perilaku Buruk yang Di Era Modern Dianggap Biasa dan Dinormalisasi, Apa Sajakah Itu?
Konten Sensitif
Banyak orang berperilaku buruk dianggap biasa dan dinormalisasikan di era modern, apa saja kira-kira?


Era modern dimana saat ini tekhnologi telah berpengaruh pesat dengan kehidupan manusia.
Hampir seluruh aktivitas dan kegiatan manusia selalu berhubungan dengan adanya kemodernan tekhnologi, mulai dari bisnis, komunikasi, transportasi, semua menggunakan kecanggihan teknologi yang sudah benar-benar berkembang dan tumbuh dengan pesat.

Pertumbuhan tekhnologi tidak selamanya membawa dampak positif untuk manusia GanSis. Ternyata kemodernan tekhnologi juga banyak disalah gunakan dan juga menjadi penyebab akal dan moral manusia berubah. Kemudahan mengadopsi budaya luar, mengakses sesuatu yang sebelumnya sulit diakses, dan menjajakan sesuatu yang sebelumnya hanya dijajakan untuk kalangan khusus dengan ruang lingkup yang terbatas kini menjadi semakin luas.

Diakui atau tidak memang tekhnologi modern banyak dipersalah gunakan oleh Masyarakat yang tidak bijak dalam menghadapi kemodernan GanSis.
Bahkan di era saat ini banyak sekali hal-hal atau perilaku buruk yang mulai dianggap biasa untuk dilakukan atau dinormalisasikan oleh masyarakat GanSis.

Apa saja kira-kira perilaku buruk yang dulu dianggap sangat tidak baik dan sekarang dianggap biasa dan normal dilakukan?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Penggunaan Narkoba

Menggunakan narkoba selain dalam hukum agama adalah haram pada hukum Negara di Indonesia juga tidak legal alias ilegal.

Namun apa fakta yang terjadi dan ada?
Penggunaan dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan remaja dan dewasa dianggap sebagai sebuah perilaku atau tindakan yang lumrah untuk dilakukan dengan alasan untuk menambah pengalaman dan dinilai sebagai kenakalan biasa.

Narkoba merupakan sebuab narkotika yang bisa membuat kecanduan, dan membuat otak manusia lama kelamaan tidak berfungsi dengan normal sehingga rusaklah generasi penerus bangsa.

2. Penggunaan Uang Riba

Pinjaman-pinjaman berbunga saat ini dengan modernnya tekhnologi ditawarkan dengan bebas dan dapat digunakan dengan bebas. Hanya bermodalkan KTP seseorang dapat meminjam uang bahkan tanpa jaminan meskipun dengan bunga yang sangat besar dan itu hukumnya riba.

Orang-orang di zaman dulu mereka sangat menjauhi yang namanya hutang riba GanSis. Hanya saja memang dulu riba bisa didapatkan dari rentenir atau Bank, dan saat ini aplikasi perpinjaman pun sudah banyak mencari mangsa atau sering disebut dengan istilah pinjaman online.

3. Prostitusi Online

Lokalisasi dinonaktifkan karena dianggap sebagai tempat sumber penyakit masyarakat, tapi apa yang terjadi dengan modernnya tekhnologi?
Lapak-lapak online dibuat dan sering disebut sebagai prostitusi online dengan market atau jangkauan yang lebih luas dan sulitnya pengawasan karena tidak terpusat.

Tapi apa penilaian masyarakat saat ini terhadap prostitusi?
Banyak orang menganggap itu sebagai profesi, menganggap itu biasa dan dinormalisasi karena pelaku menjajakan asetnya sendiri tanpa paksaan dan banyak yang minat untuk menggunakan.

4. Mabuk, Judi, dan Sejenisnya

Mabuk, judi, dan aktivitas buruk yang dilarang oleh hukum, ini juga menjadi habit di tengah masyarakat yang sulit untuk ditinggalkan sehingga dianggap sebagai sebuah kebiasaan yang normal untuk dilakukan karena tidak adanya penentangan dari masyarakat.

Aktivitas seperti mabuk dan judi telah dianggap biasa karena dianggap tidak merugikan orang lain meskipun pada faktanya itu sangat mengganggu dan tidak jarang juga meresahkan.

5. Kenakalan Remaja

Alih-alih memberikan seks edukasi, menasehati untuk sebuah kebaikan dan keburukan lengkap dengan dampaknya, hanya saja itu semua hanya dalam bentuk omongan tanpa adanya pengawasan atau larangan sehingga anak-anak muda menganggap mereka dapat melakukan apapun asalkan mau bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan.

Tentu cara ini kurang tepat GanSis, karena meskipun ada seks edukasi jika tidak ada pengawasan atau larangan maka seks edukasi ini dapat diibaratkan sebagai perintah bagi anak-anak untuk melakukan sesuatu yang bersifat negatif. Bukan hanya itu, masih banyak kenakalan remaja lainnya yang saat ini dianggap normal dan biasa untuk dilakukan.



Itulah GanSis beberapa aktivitas atau perilaku negatif yang di era modern ini dianggap biasa untuk dilakukan dan dinormalisasi oleh masyarakat.

Bergeseran kebiasaan dan norma-norma kehidupan ini dipengaruhi oleh banyak faktor, dan faktor-faktor tersebut sulit dihindari di era modern seperti sekarang.

Harapannya hanya satu, setiap orang mau untuk menjaga diri dengan tetap mengikuti adat budaya yang luhur dan mengajarkan kebaikan yang benar kepada anak dan lingkungan sekitar.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
zelafriadi
kaskushunters
evywahyuni
evywahyuni dan 15 lainnya memberi reputasi
16
6K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan