iskrimAvatar border
TS
iskrim
Intel Nyamar Jadi Kang Bakso Mainstream Itu Sih, Ikut Modern Dong!


Intel, intelijen (intelligence) bagian dalam tugas penyelidikan dilapangan memang ditugaskan bekerja senyap, berkamuflse dengan lingkungan sekitar. Menjadi intel selain dituntut penjiwaan dan akting yang berkelas tapi dituntut mendapat info yang akurat, terjaga kerahasiaan dirinya serta profesional dalam mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan keamanan negara atau suatu kasus didalam negeri.

Yang sudah mainstream sejak doeloe kala intel dalam menggali informasi suatu kasus didalam negeri banyak menyamar sebagai pemulung, gembel, orang gila, pedagang keliling, pengamen, pedagang nasi goreng, tukang ketoprak, tukang koran dan lain sebagainya, tapi itu dulu era sebelum komputerisasi dan teknologi internet memasyarakat seperti sekarang.

Sebagai komunikasi jarak jauh dulu intel dibekali dengan yang namanya HT (Handy Talky) dan bahasa sandi yang hanya dimengerti oleh teamnya dan jajarannya. Meski terlihat sederhana, tapi memang itulah cara terbaik dalam berkamuflase kerja para intel ini nyaris tidak pernah gagal.

Beda dulu beda sekarang, penyamaran intel mungkin bertambah, sekarang bisa saja menjadi kurir online shop, tukang cilok, tukang jahit-obras keliling, starbuk keliling, pasukan orange (Ppsu), ojek online atau membuka counter hp di dekat sasaran yang tengah diselidiki.



Tapi yang paling natural menurut saya adalah ojek online, mungkin bisa dengan mudah merapat dimanapun berada. Hanya berbekal motor butut, bermodal jaket online dan hape made in China serta quota unlimited kerja para intel bisa dengan lancar bekerja.

Semboyan Intel yang terkenal adalah: "Berhasil Tak Dipuji, Gagal Dicaci Maki, Hilang Tak Dicari, Mati Tak Diakui."

Menjadi intel apakah harus menempuh pendidikan formal? Tentu saja, tidak masalah kamu awalnya jurusan IPA atau IPS, tapi dengan menguasai pendidikan sejarah akan menjadi nilai plus karena dipastikan bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Lalu kemana lulusan para intel bekerja? Menurut info yang saya baca para intel yang baru lulus kuliah bisa bekerja di pemerintahan seperti Polri (Intelkam), TNI (BAIS), Badan Intelijen Negara, Kejaksaan Agung, KPK, Bea Cukai, Imigrasi, Kehakiman.

Lulusan Ilmu Intelijen juga dapat berkarir dibidang swasta, apalagi dengan maraknya spionase ekonomi dan pembajakan informasi/rahasia perusahaan yang sering terjadi saat ini.

Intelijen dalam statusnya berada dibawah naungan Badan Intelejen Nasional (BIN) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Dan BIN tidak sendiri, ada Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI yang khusus menangani internal kemiliteran berada di bawah komando Mabes TNI.




Sebuah opini
Ref. Tkp1, Tkp2
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 20-08-2022 14:53
Kruingputih4
hotamelia018807
fathroni
fathroni dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan