Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Kisah orang-orang suku Ainu, penduduk asli Jepang yang terlupakan
Kisah orang-orang suku Ainu, penduduk asli Jepang yang terlupakan


Sumber gambar, Three Lions/Getty Images
Keterangan gambar,
Sekitar tahun 1960: Seorang perempuan Ainu dengan bibir bertato. Bibir atas disayat selama masa kanak-kanak dan abu digosok untuk meninggalkan bekas luka.


"Ini pondok beruang kami," seru seorang perempuan berpostur pendek tapi lincah melalui pengeras suara genggam. Senyumnya yang lebar menghiasi kedua pipinya dengan kerutan yang dalam.
Sebuah topi biru bertengger di kepalanya dan tunik pendeknya yang disulam dengan desain geometris merah muda, diikat di bagian pinggang.
Dia menunjuk ke sebuah bangunan kayu yang terbuat dari batang kayu bulat yang tinggi menjulang ke atas tanah.
"Kami menangkap beruang ketika mereka ketika mereka masih anak-anak dan membesarkan mereka sebagai anggota keluarga.
"Mereka berbagi makanan dengan kami dan tinggal di desa kami. Ketika saatnya tiba, kami membebaskan satu ekor kembali ke alam dan membunuh yang lain untuk makan. "

Selain memperlakukan beruang dengan baik dalam hidupnya, orang-orangnya percaya bahwa roh hewan suci yang mereka sembah sebagai dewa, akan memastikan keberlanjutan keberuntungan komunitas mereka.

Kimiko Naraki berusia 70 tahun tetapi tampak lebih muda puluhan tahun.
Dia adalah perempuan dari suku Ainu, penduduk asli yang sekarang sebagian besar tinggal di Hokkaido, pulau paling utara Jepang.
Dahulu kala, tanah mereka terbentang dari utara Honshu (daratan Jepang) ke utara hingga Sakhalin dan Kepulauan Kuril (yang sekarang menjadi bagian yang disengketakan dengan Federasi Rusia).
Suku Ainu telah lama menjadi subjek penelitian para antropolog karena identitas budaya, bahasa, dan fisik mereka, tetapi kebanyakan pelancong tidak akan pernah mendengar tentang mereka.
Itu karena meskipun mereka adalah pemukim paling awal di Hokkaido, mereka ditindas dan dipinggirkan oleh pemerintahan Jepang selama berabad-abad.

Sumber gambar, Azuki25/Getty Images
Keterangan gambar,
Taman Nasional Shiretoko di Hokkaido adalah tempat berburu dan mencari ikan bagi suku Ainu.


Suku Ainu memiliki sejarah yang rumit. Asal-usul mereka tidak jelas, tetapi beberapa pakar meyakini mereka adalah keturunan dari penduduk asli yang pernah tersebar di Asia Utara.
Orang Ainu menyebut Hokkaido sebagai Ainu Moshiri (Tanah Ainu) dan mata pencaharian asli mereka ialah berburu, mencari makan dan memancing, layaknya banyak penduduk asli di seluruh dunia.
Kebanyakan dari mereka tinggal di sepanjang pantai selatan Hokkaido yang lebih hangat dan berdagang dengan Jepang.
Namun setelah Restorasi Meiji - sekitar 150 tahun yang lalu - orang-orang dari Jepang daratan mulai bermigrasi ke Hokkaido, ketika Jepang menjajah pulau paling utara.
Sejak saat itu, praktik-praktik diskriminatif seperti Undang-Undang tentang perlindungan mantan penduduk asli Hokkaido pada 1899 menggusur suku Ainu dari tanah air mereka ke pegunungan tandus, yang terletak di tengah pulau.

"Itu kisah yang sangat buruk," kata Profesor Kunihiko Yoshida, profesor hukum di Universitas Hokkaido.
Dipaksa bertani, mereka tidak lagi bisa menangkap ikan salmon di sungai mereka dan berburu rusa di tanah mereka, kata Yoshida.
Mereka diharuskan mengadopsi nama Jepang, berbicara bahasa Jepang dan perlahan-lahan budaya dan tradisi mereka dilucuti, termasuk upacara tradisional mereka yang melibatkan beruang.
Karena stigmatisasi yang luas, banyak orang Ainu yang menyembunyikan leluhur mereka.
Dan efek jangka panjangnya jelas terlihat saat ini, dengan sebagian besar penduduk Ainu tetap miskin dan kehilangan hak secara politik, dengan banyak tradisi dan pengetahuan leluhur mereka hilang.
Di antara praktik keji lainnya, peneliti Jepang membongkar pemakaman suku Ainu sejak akhir abad ke-19 hingga 1960-an, mengumpulkan banyak koleksi peninggalan suku Ainu untuk dipelajari, tapi tidak pernah mengembalikan tulangnya.

Sumber gambar, Toshifumi Kitamura/Getty Images
Keterangan gambar,
Ainu membangun rumah mereka di sepanjang sungai atau di tepi laut di mana air melimpah dan aman dari bencana alam


Baru-baru ini, perlakuan terhadap orang-orang Ainu mulai berubah.
Pada bulan April 2019, mereka secara resmi diakui sebagai penduduk asli Jepang oleh pemerintah Jepang, setelah melalui musyawarah selama bertahun-tahun, yang menghasilkan apresiasi yang lebih positif terhadap budaya Ainu dan memperbarui kebanggaan akan bahasa dan warisan mereka.
"Penting untuk melindungi kehormatan dan martabat orang Ainu dan untuk mewariskannya ke generasi berikutnya untuk mewujudkan masyarakat yang dinamis dengan nilai-nilai yang beragam," kata juru bicara pemerintah Yoshihide Suga, seperti dilansir The Straits Times.
Naraki terus mengajak kami berkeliling kotan (desa) Ainu.
Masih tersenyum, dia menunjuk ke struktur kayu seperti lemari.
"Ini toilet untuk laki-laki," katanya sambil cekikikan.
Di sebelahnya ada pondok kecil bergaya teepee (tenda yang terbuat dari kulit binatang).
"Dan yang ini untuk para perempuan."

Naraki memimpin tur kotan ini untuk mengajari pengunjung tentang budayanya.
Ini adalah bagian dari Sapporo Pirka Kotan (Pusat Promosi Budaya Ainu), fasilitas kota pertama di Jepang yang menampilkan penduduk asli, di mana pengunjung dapat merasakan kerajinan tangan Ainu, menonton tarian tradisional dan membayangkan kehidupan tradisional Ainu ketika daerah ini merupakan hutan belantara yang luas dan orang-orang tinggal di dalam dan tinggal bersama.
Terletak sekitar 40 menit dengan berkendara mobil dari pusat kota Sapporo, ibu kota Hokkaido, pusat budaya tersebut dibuka pada tahun 2003 untuk mengajari baik pengunjung Jepang maupun asing lainnya tentang budaya Ainu dan menyebarkan pesan mereka kepada dunia.
"97% Ainu berada di bawah tanah. Tetapi orang-orang yang datang ke sini sangat bangga dengan budayanya, " kata Jeffry Gayman, antropolog pendidikan di Universitas Hokkaido yang telah bekerja dengan suku Ainu selama 15 tahun.

Sumber gambar, Three Lions/Getty Images
Keterangan gambar,
Suku Ainu berasimilasi dengan masyarakat Jepang dan tato tradisional serta adat istiadat mereka dilarang


Kebanggaan ini terutama terlihat di museum kecil yang terawat baik di pusat budaya itu, tempat artefak budaya Ainu, seperti pakaian dan peralatan tradisional, dipajang dengan cermat.
Di lantai atas terdapat ruangan tempat pengunjung dapat mengikuti lokakarya sulaman Ainu atau belajar cara membuat alat musik khas Ainu, mukkuri (harpa mulut bambu).
Dengan menjadi tuan rumah acara itu, anggota komunitas dapat mendidik dunia yang lebih luas tentang sejarah dan situasi mereka.
"Jika saya mencoba memberi tahu orang-orang tentang hak dan pemberdayaan Ainu, tidak ada yang tertarik. Tetapi ketika orang melihat tarian atau musik kami, itu membuat mereka tertarik untuk belajar lebih banyak tentang kami," jelas Ryoko Tahara, seorang aktivis Ainu dan presiden Asosiasi Perempuan Ainu.
Kendati pusat budaya ini merupakan langkah penting dalam memperkenalkan budaya Ainu secara nasional dan internasional, tidak ada yang tinggal di sini.

Kotan adalah replika desa Ainu untuk menunjukkan kepada orang-orang seperti apa kehidupan tradisional Ainu.
Hanya beberapa kantong pemukiman orang Ainu yang tersisa, tersebar di seluruh Hokkaido, dengan sebagian besar dari total sekitar 20.000 Ainu (tidak ada angka resmi) berasimilasi ke kota-kota di sekitar pulau.
Namun, wisatawan yang memperhatikan dengan cermat akan dapat melihat jejak budaya mereka di mana-mana.
Banyak nama tempat di Hokkaido yang berasal dari bahasa Ainu, seperti Sapporo, yang berasal dari kata Ainu sat (kering), poro (besar) dan pet (sungai) karena lokasinya di sekitar Sungai Toyohir; atau Shiretoko - semenanjung yang menonjol dari ujung timur laut Hokkaido - yang dapat diterjemahkan sebagai "tanah" (siri) dan "titik yang menonjol" (etuk).

Sumber gambar, DEA/W BUSS/Getty Images
Keterangan gambar,
Ainu menyembah beruang sebagai hewan suci, memasukkan mereka ke dalam arsitektur dan tradisi mereka.


Dan kebanggaan Ainu terlihat pada acara-acara seperti Festival Marimo yang digelar tiap tahun di Danau Akan dan festival Shakushain di Shizunai; dan dalam grup seperti The Ainu Art Project, kelompok beranggotakan 40 orang yang mengkombinasikan musik budaya Ainu dan rock serta seni dan kerajinan tangan.
Restoran seperti Kerapirka di Sapporo menyajikan makanan tradisional Ainu dan bertindak sebagai penghubung bagi komunitas lokal.
"Dan Anda dapat melihat nilai-nilai Ainu dalam pengaturan mana pun di mana orang Ainu berkumpul, apakah itu di dalam rumah mereka, di pertemuan kota setempat atau acara. Tapi Anda perlu tahu apa yang Anda cari," kata Gayman, menjelaskan bahwa" kemurahan hati dan keramahtamahan "adalah prinsip inti suku Ainu.

Sumber gambar, TOSHIFUMI KITAMURA/AFP/GettyImages
Keterangan gambar,
Suku Ainu juga menjadi lebih menonjol di panggung nasional, dengan aktivis Ainu, Kayano Shigeru, terpilih menjadi anggota parlemen Jepang pada tahun 1994 dan menjabat selama lima periode


Mereka adalah orang-orang yang periang, katanya.
Suku Ainu juga menjadi lebih menonjol di panggung nasional. Aktivis Ainu, Kayano Shigeru, terpilih menjadi anggota parlemen Jepang pada tahun 1994 dan menjabat selama lima periode.
Selain itu, serial manga yang sangat populer, Golden Kamuy, mendorong budaya Ainu menjadi sorotan nasional selama beberapa tahun terakhir.
"Dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang menjadi lebih tertarik pada Ainu; itu telah menjadi topik hangat di Jepang," kata Tahara.
"Itu membuat saya bangga bahwa orang-orang akan mengetahui tentang Ainu, tetapi masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan."

Sumber gambar, Ellie Cobb
Keterangan gambar,
Pengunjung dapat datang ke Sapporo Pirka Kotan untuk merasakan kerajinan Ainu, menonton tarian tradisional dan membayangkan kehidupan tradisional Ainu.


Langkah maju terbaru untuk komunitas ini adalah Ruang Simbolik untuk Kerukunan Etnis di Shiraoi, Hokkaido, sebuah kompleks baru yang sedang dibangun oleh pemerintah untuk menampilkan budaya Ainu.
Terdiri dari Museum Ainu Nasional, Taman Nasional untuk Kerukunan Etnis, dan fasilitas peringatan, itu dijadwalkan dibuka pada April 2020 saat Olimpiade, tetapi terpaksa ditunda karena Covid-19.
Namun, banyak pakar meyakini bahwa pengakuan masyarakat baru-baru ini tidak cukup, dengan mengatakan itu hanya basa-basi oleh pemerintah, dengan RUU tentang suku Ainu yang baru gagal memberikan hak yang jelas dan kuat kepada penduduk asli Jepang.
"Suku Ainu masih belum bisa menangkap ikan salmon mereka dan bendungan masih dibangun untuk menenggelamkan situs-situs suci," kata Yoshida.
"Tidak ada penentuan nasib sendiri, tidak ada hak kolektif dan tidak ada reparasi. Itu hanya pertunjukan budaya. "
"Pengakuan itu sangat simbolis, tetapi tidak begitu berarti," tambahnya sambil tertawa sedih, mencatat bahwa Jepang jauh di belakang standar dunia dalam perlakuan terhadap penduduk aslinya.
"Ini situasi yang memalukan. Itulah kenyataannya. "
Ketika saya mengikuti Naraki dalam tur kotannya, terlihat jelas bahwa minat publik terhadap budaya Ainu sangat kuat.
Sekelompok orang Jepang dan pengunjung lainnya, yang datang dengan bus dari Sapporo, berdesak-desakan untuk berfoto di depan pu, gubuk untuk menyimpan makanan, yang terletak tepat di seberang poro-ci-set, tempat kepala desa tinggal untuk mengawasi dengan ketat lemari makanan komunal desa.
"Para tetua akan menyelesaikan setiap perselisihan di desa," kata Naraki.
Jika tidak ada yang setuju, mereka akan berdiskusi selama tiga hari tiga malam dan kemudian membuat keputusan.

Sumber gambar, DeAgostini/Getty Images
Keterangan gambar,
Pakaian tradisional Ainu dibuat dari kulit binatang atau ikan, atau ditenun dengan kulit kayu pohon atau serat jelatang.


Dia menjelaskan bagaimana kehidupan Ainu terkait dengan tanah.
Kotan akan dibangun di sepanjang sungai atau di laut yang airnya berlimpah dan aman dari bencana alam.
Makanan diburu, dengan protein pokok termasuk salmon, rusa, dan beruang.
Mereka akan memetik rumput liar, sayur mayur, jamur dan buah beri, seperti kitopiro (daun bawang Alpine) dan shikerepe (buah beri dari pohon gabus Amur), tidak pernah memetik semuanya sekaligus dan selalu meninggalkan akarnya agar tanaman dapat terus tumbuh.
Makanannya sederhana, dengan minyak hewani, rumput laut dan garam sebagai satu-satunya penyedap rasa, dan millet merupakan biji-bijian utama mereka.
Pakaian dibuat dari kulit binatang atau ikan, atau ditenun dengan kulit kayu pohon atau serat jelatang.
Hidup selaras dengan alam adalah cara hidup yang diinginkan banyak orang Ainu untuk dilakukan kembali.
"Pada akhirnya yang saya inginkan adalah mendapatkan kembali sebagian tanah sehingga kami bisa berburu dan mencari ikan dengan bebas serta melakukan pertanian tradisional kami," kata Tahara kepada saya.
Semakin banyak orang Ainu juga mulai mempelajari kembali bahasa mereka, yang secara linguistik terisolasi dan dinyatakan terancam punah oleh Unesco.
Apa harapanmu yang lain untuk masa depan, tanya saya pada Tahara.
"Saya ingin memberi tahu dunia bahwa Jepang memiliki penduduk asli. Orang-orang tidak tahu,"katanya.
"Saya ingin kita semua saling menghormati, memperlakukan satu sama lain dengan hormat dan hidup damai di negara ini.
"Dan, tentu saja, saya ingin tulang nenek moyang kita dikembalikan. Bawa mereka kembali ke kuburan tempat mereka diambil."

https://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-55513175



fachri15
eni050885
ario.bagaskoro
ario.bagaskoro dan 7 lainnya memberi reputasi
6
2.3K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan