asli.alamatAvatar border
TS
asli.alamat
Pecel dan Gado-Gado Masuk Daftar Jenis Salad Terenak Di Dunia
PECEL dan gado-gado masuk daftar jenis salad terenak di dunia versi Taste Atlas. Salad identik sebagai makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral serta rendah akan kandungan lemak serta kalori.

Tidak heran, salad biasanya jadi pilihan utama sebagai menu makanan sehat dan juga orang-orang yang sedang berdiet.

Tidak melulu ala Western, Indonesia sendiri memiliki jenis salad dengan sentuhan kearifan lokal, yakni gado-gado dan pecel. Siapa sangka, dua menu tersebut ternyata masuk dalam daftar jenis salad terenak di dunia versi Taste Atlas.

Melansir laman resmi Taste Atlas, Minggu (31/7/2022) terlihat gado-gado berhasil menduduki peringkat 24 dari 50 jenis salad, membawahi jenis salad Ardei Copti asal Rumania dan Askordoulakous asal Yunani.

Sementara itu, pecel terlihat lebih unggul dengan berada di posisi ke-13 membawahi salad Mizeria asal Polandia. Posisi nomor satu, sebagai salad terlezat di dunia dipuncaki oleh Ovcharska dari Bulgaria.

Pecel dan gado-gado sendiri merupakan makanan khas Jawa dan Jakarta. Keduanya berisi beragam macam rebusan sayuran yang sama-sama disiram dengan bumbu kacang. Dua makanan sehat dan murah meriah ini bisa ditemui dan juga bahkan dimasak sendiri di rumah dengan mudah.

Walau terlihat mirip tapi kedu hidangan tersebut sebetulnya berbeda. Baik dari isian maupun penyajiannya. Untuk pecel, jenis sayuran berisi sayuran rebus yang dihidangkan dengan bumbu kacang. Isian sayur pada hidangan pecel biasanya bayam, bisa juga diganti dengan kangkung atau kenikir, taoge, kacang panjang dan sayuran lainnya. Sementara itu, isian gado-gado lebih beragam, ada kentang, tahu, taoge, kol, selada, dan timun.

Adapun cara membuat pecel dan gado-gado pada dasarnya mirip. Umumnya bahan-bahan ditata terlebih dahulu dalam piring lalu disiram bumbu sambal kacang. Untuk bumbu sambal kacang, baik gado-gado maupun pecel pada dasarnya sama.

Patut berbangga, masuknya dua menu asli Indonesia, gado-gado dan pecel ke daftar salad terenak di dunia menambah panjang prestasi kuliner Indonesia ke ranah internasional.

Sebelumnya, makanan khas Sumatera Barat, rendang juga masuk jadi salah satu makanan terenak di dunia selama delapan tahun berturut-turut.

Sumber: joss.co.id
Diubah oleh asli.alamat 17-08-2022 09:51
IlanaAnandaMide
6281584324034
dedi.meruya
dedi.meruya dan 11 lainnya memberi reputasi
2
1.3K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan