Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

confusionjackAvatar border
TS
confusionjack
Tips Touring Jauh Menggunakan Motor Biar Tetap Aman
Sejak kasus pandemi menurun, kegiatan travelling mulai ramai lagi dilakukan oleh banyak orang, termasuk pemotor. Bagi pecinta motor, touring jarak jauh menggunakan motor kesayangan itu bisa jadi healing yang menyenangkan. Banyak juga pemula yang baru menjajal jarak jauh pertama kali menggunakan motor.


Sumber foto: https://imgx.gridoto.com/crop/0x0:0x...1232507978.jpg

Agar touring menggunakan motor tetap lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih, gan:

Jaga kesehatan

Touring menggunakan motor membutuhkan stamina yang oke. Jadi sebelum touring, pastikan tubuh dalam kondisi fit. Usahakan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, dan berolahraga. Minum suplemen juga jika perlu. Kalo lo tiba-tiba sakit menjelang touring, lebih baik cancel aja touring-nya daripada sakitnya makin parah di perjalanan. Nanti malah menyulitkan diri sendiri dan orang lain.

Outfit yang sesuai


Sumber foto: https://s0.bukalapak.com/uploads/con...ra-ala-IWB.jpg

Di tengah maraknya penggunaan medsos, fashion dan penampilan jadi lebih diperhatikan oleh banyak orang. Tapi, saat touring, pastikan lo menggunakan outfit yang sesuai, aman, dan nyaman untuk berkendara. Bukan sekadar enak dilihat atau bagus difoto doang. Karena perjalanan jarak jauh bisa terganggu jika outfit lo misalnya panas, menimbulkan rasa gatal, bikin kedinginan, atau bikin gak nyaman karena terlalu ketat/longgar. Gunakan juga helm yang nyaman dan bawa kaca mata hitam agar mata tidak silau saat touring di siang hari yang terik. Bila perlu, tambahkan sarung tangan, sepatu khusus riding, elbow & knee protector, dll.

Cek & Servis motor sebelum berangkat


Sumber foto: https://cdn0-production-images-kly.a...Planet_Ban.jpg

Sepanjang perjalanan jarak jauh, motor akan dipacu terus-menerus. Hal ini bisa menimbulkan masalah pada mesin motor jika kondisinya kurang prima. So, sebelum touring, wajib cek kondisi motor dan lakukan servis sesuai kebutuhan. Jadi, seandainya ada masalah, bisa diperbaiki dulu. Kalo lo ngerti urusan mesin, cek & servis bisa dilakukan sendiri. Kalo gak ngerti, bawa ke bengkel aja, gan. Pilih bengkel yang terpercaya, yang SDM mekaniknya mumpuni serta spare parts dan pelumasnya ori. Contohnya bengkel besar yang banyak cabang di mana-mana kayak Planet Ban. Bengkel begitu biasanya lebih terjamin karena mereka udah punya nama. Spare parts nya pasti ori dan olinya pun asli, pake oli X-Ten yang udah berbasis ester.

Bawa toolkit

Segala hal bisa terjadi pada motor selama touring. Untuk jaga-jaga, selalu siapkan toolkit. In case motor lo ada masalah, lo bisa perbaiki sendiri. Ya minimal mah masalah-masalah kecil pasti bisa dibenerin. Karena gak selamanya bengkel bisa lo temui sepanjang perjalanan. Kalo pas ada masalah, lo lagi di area yang sepi, kan ribet mau minta tolong siapa?

Tentukan rute touring

Agar waktu touring dan bahan bakar gak terbuang percuma, tentukan rute touring yang jelas. Mau ke mana aja, via jalur mana, di mana aja akan beristirahat, berapa lama perkiraan waktu tempuh, dll. Kalo ada pilihan jalan alternatif, boleh juga dijadikan opsi in case jalur utama yang dipilih macet. Manfaatkan aplikasi seperti Google Maps untuk membantu menentukan rute dan itinerary selama touring.

P3K


Sumber foto: https://www.valleydrivingschool.com/...ical%20kit.png

Jangan lupa bawa perlengkapan P3K dan obat-obatan pribadi. Misalnya obat luka, antiseptik, plester, obat tetes mata, kapas, obat pereda nyeri, dll. Benda-benda ini terkesan sepele, tapi lo gak tahu kapan membutuhkannya. Jadi mending bawa aja daripada lo butuh terus barangnya gak ada. Toh perlengkapan P3K gak berat juga.

Walaupun tujuan touring lo gak jauh-jauh amat, misalnya masih di dalam provinsi, tetap lakukan persiapan matang biar perjalanan nyaman dan tenang. Buat yang gak biasa touring motoran, mungkin agak ribet dengan persiapannya. Tapi kalo udah biasa, sebenarnya simple kok. Jangan lupa selalu patuhi peraturan lalu lintas dan utamakan keselamatan. Apa lagi kira-kira yang perlu dipersiapkan sebelum touring motoran jarak jauh? Boleh tambahin di komen dong, gan!

emoticon-Ngacir
Diubah oleh confusionjack 15-08-2022 17:50
agusrezapratam4
zaka_rudin
bonsai13
bonsai13 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan