Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Jurnalis Asli Papua Victor Mambor Raih Udin Award 2022


Pemimpin Umum Media Jubi Papua Victor C Mambor saat memberikan orasi singkat seusai terpilih mendapatkan Udin Award 2022 dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) - Jubi/Edho Sinaga
Jakarta, Jubi – Pemimpin Umum Media Jubi Papua yang juga mantan Ketua AJI Jayapura, Papua Victor Mambor mendapatkan penghargaan Udin Award dalam perayaan ulang tahun Aliansi Jurnalis Independen – AJI ke-28.
Victor Mambor merupakan jurnalis asli Papua yang sudah mendedikasikan hidupnya selama puluhan tahun di bidang jurnalisme.

Victor kerap dituduh sebagai otak di balik terjadinya demonstrasi, di mana yang menuduh pun tak jua menemukan buktinya. Selain itu, Victor pun sering mengalami kekerasan digital dan perusakan inventaris pribadi.

Baru-baru ini, kendaraan roda empat milik Victor dirusak orang tak dikenal. Sebelum itu, sosial media miliknya juga didoxing, serta data pribadinya diumbar di dunia maya.



Victor Mambor saat diperiksa oleh Polisi – Dok.AJI
Walau begitu, Victor bersama Jubi terus meletakkan dasar dan prinsip jurnalisme dalam karya-karya jurnalistiknya. Atas dasar itulah, sejumlah dewan juri memilih Victor untuk mendapatkan Udin Award di 2022 ini.

Dalam unggahan di media sosialnya, Victor pun mengucapkan terima kasih atas penghargaan Udin Award ini.

“Penghargaan ini tentunya mengingatkan kita kembali bahwa intimidasi, kriminalisasi, kekerasan fisik, verbal dan digital terhadap jurnalis seperti yang dialami oleh Fuad Muhammad Syafruddin (Udin), pemilik nama penghargaan ini, masih ada hingga saat ini dan kita masih berjuang demi pers yang bebas,” ungkapnya, Minggu (07/08/2022).

Victor melanjutkan, meskipun secara umum Indonesia menghadapi represi oligarki dan penyempitan ruang demokrasi, namun secara khusus dirinya ingin menekankan bahwa kebebasan pers di Tanah Papua, masih berada di posisi paling rendah di Indonesia.

“Jika kita percaya bahwa pers adalah pilar demokrasi keempat, maka sudah seharusnya kita mendorong kebebasan pers yang lebih baik di Tanah Papua agar demokrasi di Tanah Papua semakin baik juga, sehingga benar-benar menjadi surga kecil yang jatuh ke bumi,” ungkapnya.

Malam resepsi HUT AJI ke-28 ini dihadiri oleh ratusan orang secara digital. Tahun 2022 menjadi tahun ketiga AJI merayakan ulang tahunnya secara digital akibat Pandemi Covid-19.

“Semoga tahun depan kita bisa laksanakan secara langsung. Terima kasih kepada seluruh anggota AJI dan rekan-rekan mitra AJI,” ungkap Sekjen AJI Indonesia, Ika Ningtyas.

Selain itu, dalam resepsi HUT AJI ke-28 ini, ada sejumlah nama yang mendapatkan penghargaan. Yakni, peraih penghargaan Tasrif Award yakni Herlambang Perdana dan Project Multatuli. Sedangkan SK Trimurti Award diraih oleh Puji Astuti.

Ada penghargaan baru di HUT AJI ke-28 ini, yakni penghargaan pada Lembaga Pers Mahasiswa Lintas IAIN Ambon, serta penghargaan pada jurnalisme warga versi perorangan yakni Buono dan versi lembaga yakni Nggalek.co. (*)

https://jubi.id/nasional-internasion...-award-2022/2/
Udin Award berasal dari tokoh jurnalis Bernas, Muhammad Syariffudin yang dibunuh sebelum tanggal 17 Agustus 1996 dengan dikeroyok orang setelah menuliskan artikel mengenai Bupati Bantul Sri Roso. Sempat selama 1 tahun ditetapkan seorang tersangka, tapi saudara Iwak ternyata tak bersalah dan ia hanya disuruh-suruh mengaku sebagai tersangka dan diperkuat dengan keterangan para saksi yang menyebut dirinya tak terlibat.
Alhasil sampai sekarang siapa yang membunuh Udin tak terungkap sedangkan Sri Roso dilengserkan dari Bupati Bantul atas dampak reformasi dengan turunnya Suharto.
Victor Mambor salah satu jurnalis di Jubi yang sering melaporkan kejadian demonstrasi menentang daerah otonomi baru


scorpiolama
hantumasam
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
1
635
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan