Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Permudah Wisatawan, Menkes Malaysia Hapus Syarat isi Data Covid-19 di MySejahterah
Foto tampilan aplikasi MySejahtera | kumparan.com


Mulai 1 Agustus, para wisatawan lokal maupun mancanegara yang memasuki Malaysia tidak perlu lagi mengisi data dan informasi di aplikasi smartphone "MySejahtera" kalau di Indonesia namanya"Peduli Lindungi". Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan atau Menkes Malaysia yang bernama Khairy Jamaluddin.

Menkes mengatakan langkah tersebut bertujuan untuk menyederhanakan prosedur imigrasi warga Malaysia atau wisawatan dari lain daerah, dan sebenarnya keputusan ini telah diwacanakan pada akhir Juli setelah pemerintahmempertimbangkan sistem kesehatan Malaysia saat ini dalam kondisi sangat baik dan terkendali.

Sebelum keputusan baru dibuat, setiap pengunjung ke Malaysia harus mengunduh, mengaktifkan, dan mendaftarkan aplikasi MySehjatera terlebih dahulu dari AppStore maupun Play store dan melengkapi kartu pengunjung sebelum memulai perjalanan.

Foto Menkes Malaysia Khairy Jamaluddin | malaymail.com


Khairy Jamaluddin mengatakan pemerintah akan memperkuat pemantauan gejala kesehatan pelancong dari berbagai berbagi negara, namun karena wabah Covid-19 sepertinya tidak menganggu kestabilan negara maka aturan tersebut dicabut dan mulai disederhanakan agar minat para wisatawan tidak terhalang oleh aturan yang ribet

Akan tetapi Menkes Malaysia mengatakan, bila wisatawan atau pengunjung diduga atau dicurigai mengidap penyakit menular seperti Covid-19, monkeypox atau MERS-CoV, maka ia akan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

Foto tampilan aplikasi MySejahtera | sinarharian.com.my


Kepala Kementerian Kesehatan negara itu juga merekomendasikan bahwa semua pengunjung asing harus memantau kesehatan mereka sendiri, mengikuti prosedur pencegahan epidemi maupun pandemi yang berlaku di Malaysia Dan sebaiknya para wisatawan terlebih dahulu pergi ke fasilitas kesehatan (faskes) atau ke dokter terdekat untuk memastikan kesehatan mereka.

Aplikasi MySejahtera ini dirancang khusus untuk memfasilitasi pelacakan, kontak, dan pengelolaan terkait infeksi SARS-CoV-2 oleh pemerintah. Dan ini merupakan kebijakan tergolong bijak meskipun agak berbahaya, tapi pihak pemerintah Malaysia sudah benar-benar yakin bila bahaya covid-19 sudah menurun drastis bahkan tidak bakalan mengancam nyawa lagi.

Ini merupakan bentuk pemerintah untuk mendapatkan pendapatan tambahan negara melalui para wisatawan.


Penulis: Sambelterasi052
Referensi: malaymail.com - MoH: From Aug 1, all travellers entering Malaysia need not fill up Traveller's Card in MySejahtera

Diubah oleh Sambelterasi052 02-08-2022 08:01
yeduoka
provocator3301
provocator3301 dan yeduoka memberi reputasi
2
1.8K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan