Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trfpjkgabrt3Avatar border
TS
trfpjkgabrt3
BPS: Inflasi Indonesia Masih Aman!



Jakarta, CNBC Indonesia - Inflasi Indonesia terus meninggi. Namun Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut secara umum perkembangan inflasi masih terkendali.

Pada Senin (1/8/2022), Kepala BPS Margo Yuwono melaporkan laju inflasi domestik bulan lalu adalah 0,64% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Lebih tinggi dibandingkan Juni 2022 yang sebesar 0,61%.

Secara tahunan (year-on-year/yoy), laju inflasi pun terakselerasi. Inflasi Juli 2022 tercatat 4,94% yoy, lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang 4,35% sekaligus jadi yang tertinggi sejak Oktober 2015.


Meski demikian, Margo menegaskan inflasi domestik masih terjaga. Dibandingkan dengan negara-negara G20, inflasi Tanah Air relatif rendah.

"Dibandingkan beberapa negara, di G20 utamanya, kita masih lebih baik. Di bawah kita ada Tiongkok," tegas Margo.


Foto: BPS

Inflasi inti, tambah Margo, juga masih terkendali. Pada Juli 2022, inflasi inti tercatat 0,28% mtm dan 2,86% yoy.

"Kategori masih aman, karena inflasi inti relatif rendah. Ini menggambarkan fundamental ekonomi kita masih bagus," tutur Margo.


Kenaikan harga komoditas di tingkat global, menurut Margo, bisa diredam di level domestik karena subsidi dari pemerintah. Harga sejumlah kebutuhan pangan, terutama produk hortikultura, memang naik tetapi lebih disebabkan faktor musiman yaitu curah hujan yang tinggi di sejumlah daerah penghasil.

"Kenaikan harga energi di tingkat global bisa diredam dengan subsidi. Sementara dari sisi pangan, inflasi kelompok volatile foods disebabkan cuaca yang anomali di sentra produksi," katanya.


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...sia-masih-aman



Kenaikan inflasi yang menggerus daya beli masyarakat kata ketua DPR RI

Puan Pemimpin Berpengalaman

Inflasi yang masih di taraf aman ini sebenarnya juga melihat kondisi inflasi inti pada Juli 2022. #CiptakanIndonesiaHebat

Banyak2 baca berita jangan nyinyir mulu, semua orang tau negara lain pada kesusahan. Amerika aja inflasi 8%, paling jg ga paham inflasi apaan 😂.
gunliejack
accretia8
accretia8 dan gunliejack memberi reputasi
-2
558
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan