Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Era E-SIM Segera Tiba, Emang Udah Nggak Sabar ya, Termasuk Kamu?


e-Sim, apaan lagi nih? Apanya e-Tol? Saudaranya e-KTP kah? apa tetangganya e-Money??? BUKAN! Memang nama ini masih asing kita dengar terkecuali mereka yang memang melek dengan teknologi gadget.

Smartphone memang selalu dilengkapi dengan yang namanya micro SIM, yakni fisik SIM kartu perdana yang biasanya di bundling dengan operator selular. Yes, tanpa SIM smartphone kita tidak bisa berkomunikasi dengan yang lain.

Dulu sebelum hadirnya Micro SIM, ada Standard SIM, lalu Mini SIM, meski namanya ada embel-embel Mini tapi secara bentuk ya tidak mini sekali, sesuai namanya tetap Micro lebih kecil.

Lalu belum lama ini telah hadir yang namanya Nano SIM, secara bentuk fisik bagian kepingan emas PCB nya tetap sama dengan Standard SIM, mini SIM, Micro SIM dan Nano SIM hanya bagian tepiannya yang dipangkas sehingga kepingan emas PCB nya terlihat nyaris tanpa frame.



Dan, sekarang semakin santer terdengar simCard yang bernama eSIM, bentuknya benar-benar mini, saking mininya memiliki ukuran Panjang 2,5 mm x Lebar 2,3 mm dengan ketebalan hanya 0,2 mm saja. Mini sekali bukan? Hm.

Kenapa sih kesannya produsen SIM ini senang sekali gonta ganti ukuran, perasaan belum lama sudah beda lagi ukurannya, betul? Yes, lagian juga secara fungsi tidak banyak perubahan.

Tapi berbeda dengan eSIM ini yang nantinya akan ditanam langsung di komponen smartphone, tidak lagi dijual terpisah di counter-counter hp seperti saat ini, tapi saat pembelian smartphone eSIM sudah tertanam di dalam fisik smartphone.


Tentu saja setiap ada perubahan harus ada peningkatan fitur yang ternyata cukup banyak keuntungan yang bisa kita dapat ketika smartphone kita sudah menggunakan eSIM tanam ini.

Pertama, kelak tidak ada istilah lagi kita membeli sim card fisik tapi beli nomornya saja atau mungkin sudah eSIM sudah memiliki nomor sesuai dengan operator selularnya sehingga tidak ada lagi tuh.. gonta-ganti kartu yang biasanya dilakukan oleh penipu buat menghilangkan jejaknya.



Kedua, karena ukurannya kini paling kecil maka akan memberikan ruang ekstra untuk komponen lain, produsen pun bisa mengatur ulang tata letak internal perangkat mereka dan berksempatan membuat smartphone menjadi semakin tipis.

Kalau tidak salah informasi eSIM ini juga akan memiliki 2 versi yaitu versi 4G dan 5G. Hm, meski ukurannya kecil tapi sifatnya tidak pernah diam ya, ubeet... terus ini SIM emoticon-Big GrinHeuheu.




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 01-08-2022 09:45
knoopy
siloh
salvation101
salvation101 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.8K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan