iskrimAvatar border
TS
iskrim
1 Alasan (Lain) Kenapa Mobil Eropa Masih yg Terbaik


Mobil eropa kelasnya memang beda, mulai dari bahasa designnya, ketangguhannya, build qualitynya dan harganya juga meyakinkan. Seperti hukum pasar, ada harga ada rupa, mobil eropa semakin mahal bukan semakin bagus tapi semakin istimewa 1 level diatas bagus. Hm.

Meski begitu mobil eropa diproduksi bukan tanpa minus, contohnya adalah tidak begitu friendlybila digunakan dinegara tropis karena interiornya lebih cepat rusak dan cepat kusam, pemiliknya harus benar-benar disiplin dalam hal service dan perawatan, dan sekali perbaikan hanya part kecil saja harganya rata-rata lebih mahal.

Menurut saya berbeda dengan mobil Jepang maupun yang CKD (Completely Knock Down) memiliki durabilitas tinggi karena karakter dan pasarnya tepat, ASIA yang cenderung panas dan jalan tidak pernah mulus. Mobil Jepang sesungguhnya bukan mobil manja karena karakternya pekerja keras seperti filosofi orang Jepang tapi fleksibel.

Di Indonesia banyak mobil Jepang menjadi mobil perang karena memang cocok dengan ekosistemnya. Mau diajak santai hayuuk.. mau diajak perang monggo. Fleksibel, rata-rata mobil kelas menengah kebawah suspensinya nggak empuk bener tapi juga nggak keras bener. Makanya secara kualitas berkesan serba tanggung karena harus memenuhi kebutuhan ekosistem yang banyak maunya itu. Jepang memilih bermain aman.

Mobil Jepang soal durabilitasnya, umur pakainya, kemudahan service dan lebih murah maintenancenya boleh lah diadu dengan mobil eropa. Mobil eropa memang lebih nyaman dan tangguh, tapi sekalinya 'encok' karena kurang perawatan atau terlambat waktunya ganti part dan atau karena sudah berumur biasanya jajannya akan merembet, part kadang lama didapatnya dan biayanya rata-rata juga mahal. Tapi terbayar dengan kualitasnya.



Kembali kepersoalan mobil eropa, ini menurut opini teman saya kalau mobil eropa sebelum diproduksi massal konsep platformnya memang dirancang untuk balap. Secara basis mesin, komponen, chassis dan lainnya meski dijual umum masih versi standar sudah siap balap ala-ala anak jalanan.

Intinya mobil keluaran eropa, dari mobil kelas termurahnya sampai termahal basisnya sama dalam 1 platform, siap diajak balap dan tunningnya pun lebih mudah dan lebih efesien. Mereka pasti dengan pe-denya mengajak kamu pemilik mobil Jepang sama-sama versi standar untuk balapan dijalan. Berani coba?



Mobil Jepang bukan berarti tidak siap balap tapi di butuhkan biaya lebih banyak untuk menjadikan mobil Jepang proper balapan. Ada sih mobil Jepang, GR Yaris yang bagus tapi Yaris yang dijual ke umum jelas beda jauh secara platformnya, itulah mengapa beberapa reviewer mobil lokal dan pecinta mobil balap tanah air begitu mengincar dan mengidolakan Yaris versi GR bisa dibawa ke tanah air secara CBU?




Sebuah opini
Img. Gugel





Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 31-07-2022 08:35
provocator3301
jlamp
TuanLi
TuanLi dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.6K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan