Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4sodasodiAvatar border
TS
4sodasodi
Situs PSE Sempat Diretas, Kominfo Curhat Diserbu Jutaan Serangan



Sempat geger situs daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Kominfo diretas atau kena hack. Kominfo pun mengatakan bahwa ternyata pihaknya kerap mendapatkan serangan siber.

Semuel Abrijani Pangerapan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo menjabarkan hal ini dalam Media Gathering Kominfo 'Literasi Digital dan Membuat Ruang Digital Kondusif', Jumat (29/7/2022).

"Sempat ada serangan besar-besaran terkait list. Itu bukan pendaftaran, itu hanya untuk list. Itu pun kami mengalami puluhan jutaan serangan. Kok info buat masyarakat diserang, musuh dalam selimut. Kita sudah benerin, diserang lagi," keluhnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ardi Sutedja Kepala Indonesia Cyber Security Forum dalam kesempatan yang sama menjabarkan bahwa tidak ada website yang bisa lepas dari risiko kena hack. "Tidak ada teknologi yang bahkan Rp 1 miliar yang aman, semua pasti bisa dihack," ujarnya.

Menurutnya kejadian peretasan yang dialami oleh situs PSE bukan hal yang istimewa. Apalagi, internet bukanlah ranah eksklusif, dalam artian siapa saja bisa bermain.

Masalahnya, kita harus memahami bahwa harus selalu ada ancaman sehingga pondasi harus kuat.

"Bukan mengkritik tapi ada faktor siapa yg membuat, harus di-review, apakah perusahaan yang dipakai memiliki kompetensi? Kasusnya banyak pemerintah bikin situs dan kena retas," ucap Ardi.

"Kita sadari bukan semua harus digital ramai-ramai buat situs, lomba-lomba berdagang online, kita harus ada perhatian risiko.

https://inet.detik.com/law-and-polic...utaan-serangan

Uwow

emoticon-Wow
0
2.1K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan