iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tips Cepat Belajar Mobil yang Tidak Disadari (Bahkan Oleh Gurunya Sendiri)


Ini pengalaman pribadi, beberapa tahun lalu saya niatkan tekad dengan bulat untuk bisa menyetir mobil. Jujur saja saya datang sendiri ke tempat kursus stir mobil lalu dengan polosnya asal tunjuk model mobilnya, yang penting manual, itu fokus utama saya kala itu.

Dihadapan saya ada 3 jenis mobil dari kelas City Car, Lmpv, dan LSuv.. jelas saya pilih Lmpv karena saya fikir tipe ini paling banyak wara-wiri dijalan, dan keluarga besar saya kebetulan juga pecinta tipe ini. Tapi tepatnya saya memilih MPV bukan Lmpv. MPV yang saya pakai untuk latihan berbody lebar dan tinggi, kaum mendang-mending menyebutnya sebagai kasta tertingginya LMPV Jepang.

Ya, meski interior dan eksteriornya sudah nggak indah lagi tapi suspensinya enak bener, bikin betah latihan berkendaranya, 1½ jam berasa sebentar saja. Sumpah ini mobil terasa gede bener, terutama bagi saya yang baru pertamakali duduk dibelakang stir, tapi akhirnya lumayan terbiasa.

4 pertemuan berhasil saya lalui dengan lancar, meski kala itu teknik menguasai parkir saya masih gagap manuver tapi akhirnya lancar dan filling terasah setelah bawa mobil sendiri. Bisa setelah biasa, gitulah kira-kira.



Suatu ketika saya dimintai tolong oleh saudara untuk membawa mobilnya karena supir yang biasa mengantarnya sedang tidak masuk kerja. "Wew, enteng bener ini mobil, selap selip, manuver dan akselerasinya enak, masuk parkiran nggak pakai lama,"kata saya dalam hati.

Saya berfikir, berarti tidak salah saya pertamakali kursus memilih mobil dengan body yang lebih besar, adaptasi ke mobil kecil nyaris tanpa kendala, apalagi ini matic, serasa bawa mobil mainan. Heuheu.

Ternyata fikiran saya benar, tetangga rumah saya yang bulan lalu baru saja membeli mobil masih kesulitan cara membawa dan terutama memposisikan mobilnya untuk parkir. "Katanya kemarin udah lancar, bro... kok ini malah kagok sih?" kata saya. "Iya lancar kok, tapi ini kegedean... gw masih perlu adaptasi lagi nih," jawab dia.



Terang saja dia jadi punya pe-er lagi untuk beradaptasi dengan mobilnya karena sewaktu kursus stir mobil yang dia pilih untuk belajar mobil adalah model city car, dengan alasan biar cepat lancar. Tapi, mobil baru yang dia beli modelnya Suv. Jelas saja jadi gagal pahami, adaptasi baru lagi.

Saran saya buat kamu yang memang berniat bisa menyetir mobil sebaiknya sedari awal fikirkan dulu akan sering membawa mobil apa nantinya, jangan seperti tetangga saya tadi.

Tapi cara paling aman, ya belajar dengan mobil besar sekalian seperti saya, maka ketika harus membawa mobil kecil tidak perlu adaptasi lama, justeru lebih mudah dan enteng bawanya atau bawa mobil lebih besar adaptasinya juga tidak pakai lama. Demikian.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 29-07-2022 15:45
nowbitool
jiresh
jakompank
jakompank dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan