masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Punya Perilaku Boros dan Hobi Buang-buang Duit? Pikirkan Ini Sebelum Melakukannya
Punya perilaku boros dan hobi buang-buang uang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat?
Pikirkan beberapa hal ini sebelum melakukannya


Boros, adalah perilaku berlebih-lebihan dalam penggunaan barang, uang, atau yang lainnya, tanpa memperhitungkan manfaat dan keuntungan dari apa yang dilakukan dan dikeluarkan.

Perilaku boros sendiri sampai saat ini masih sering dimiliki dan dilakukan oleh banyak orang bahkan tanpa mereka sadari GanSis, dan itu semua dapat terjadi karena seseorang telah biasa melakukannya dan menjadikan perilaku boros tersebut sebagai karakter.

Memiliki perilaku boros tentu itu bukan sebuah perilaku yang baik, karena memang perilaku boros sendiri masuk kedalam kategori sifat dan perilaku tercela yang sudah seharusnya dihindari.

Bahkan saking bahayanya perilaku boros, pelakunya diibaratkan sebagai temannya setan GanSis, karena memang boros adalah salah satu alat tipu daya setan untuk menjauhkan seorang hamba dari Tuhannya.

Bukan hanya itu, berperilaku boros juga bisa membawa seseorang pada sifat sombong. Menuhankan diri sendiri karena merasa mampu melakukan apapun dengan apa yang mereka miliki.

Adapun yang menjadi pertanyaan disini, bagaimana cara untuk menghindari atau mencegah perilaku boros pada diri sendiri?
Berikut ini beberapa hal yang harus kalian pikirkan sebelum mendekati perilaku boros.




1. Harta Hanya Titipan

Menyadari bahwa harta hanyalah sebuah titipan, ini penting untuk dilakukan agar Agan dan Sista tidak sembarangan dalam menggunakan dan membelanjakan apa yang menjadi titipan.

Apapun yang namanya titipan pasti suatu saat akan diambil, jangan sampai saat kalian tidak amanah menjaga titipan kemudian Tuhan mengambil titipan tersebut dalam waktu singkat dan kalian belum siap, karena saat kalian berperilaku boros dan jauh dari rasa syukur terhadap yang memberi titipan maka bisa saja membuat yang memberikan titipan marah dan mengambil apa yang dititipkan.

2. Banyak Orang yang Membutuhkan

Sebelum menggunakan uang atau barang secara berlebih-lebihan maka Agan Sista harus melihat sekitar, dimana masih banyak orang yang berjuang keras untuk melanjutkan hidup meskipun itu hanya untuk sesuap nasi pengisi perut.

Ada hak mereka yang ada pada harta Agan Sista, dan itu perlu kalian keluarkan karena sudah menjadi sebuah kewajiban. Jangan sampai Agan Sista lupa terhadap kewajiban hanya karena terlalu memikirkan diri sendiri, yang nantinya pasti setiap kewajiban dimintai pertanggungjawaban.

3. Sadar Kehidupan dan Kematian

Berperilaku boros menghamburkan uang, barang, atau yang lainnya memang tidak dapat dipungkiri menciptakan kebahagiaan tersendiri bagi pelakunya GanSis.

Tapi apakah dengan kebahagiaan yang sementara ini seseorang dapat merasa aman?
Ada yang lebih besar dari hanya sekedar kebahagiaan sesaat GanSis, sadar kehidupan itu tidak kekal dan mempersiapkan bekal kematian itu penting juga dapat mencegah diri sendiri agar tidak berperilaku boros.

Saat seseorang telah mati, harta dan segala bentuk rupa apa yang dimiliki tidak akan pernah dibawa GanSis. Itulah sebabnya kenapa seseorang harus bijak membelanjakan hartanya agar menjadi amal jariyah kelak setelah mati.



Itulah GanSis beberapa hal yang harus kalian pikirkan sebelum berperilaku boros dengan membeli atau menggunakan apapun secara berlebih-lebihan.

Pelaku perilaku boros sendiri benar-benar dapat disebut sebagai saudara dari setan GanSis, karena memang boros adalah tipu daya setan untuk membuat seseorang lupa bersyukur dan menyadari dari mana datangnya rezeki.

Pentingnya menghindari perilaku boros juga berkaitan dengan menghargai perjuangan keras banting tulang mencari uang GanSis. Jangan sampai perjuangan keras Agan Sista yang sudah membuahkan hasil nantinya akan membawa pada kesengsaraan karena kalian tidak dapat menjaganya.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan pelajaran berharga bagi Agan dan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
bossburung
161209
screamo37
screamo37 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.8K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan