Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Cewek Usia 30-an dan Kaitannya dengan Pernikahan


Cangkeman.net - Pernah kan kamu dapat pertanyaan kepo dari lingkungan sosialmu? Atas nama basa-basi kadang orang-orang dengan entengnya bertanya A-Z tentang privasi hidupmu. Pertanyaan lumrah yang pernah kamu dengar seperti: “Kamu anak siapa?”, “Sekolah dimana?”“Kuliah jurusan apa?” “Kapan skripsi?”“Kapan wisuda?”"Kapan kerja, kok masih nganggur sih?”“Kamu sekarang sudah umur berapa, kok belum nikah?” dan bla.. bla.. bla..

Pertanyaan terakhir inilah yang sering menjadi momok bagi banyak orang terlebih jika kita sudah melewati batas usia ideal untuk menikah yang ditentukan oleh lingkungan masyarakat kita. Untuk cowok bebas usia berapapun menikah, tapi dikenakan double standard untuk cewek karena ada batasan usia spesifik bagi cewek untuk menikah. Dalihnya tentu saja teori kesuburan wanita yang semakin menurun sesuai dengan bertambahnya usia.

Cewek modern yang sudah menginjak usia 25 tahun akan dihujani pertanyaan tentang pernikahan. Pada awalnya mungkin para cewek bisa santai menjawab dengan “Masih fokus kerja” namun tanpa terasa waktu sudah berjalan hingga cewek menginjak usia 30 tahun maka semakin pusinglah mencari alasan yang masuk akal.

Tahu sih, lingkungan sosial ini cuma pengen basa-basi atau mungkin ingin menunjukan perhatiannya. Tapi please laah jangan terlalu frontal menanyakan perihal pernikahan ke cewek yang sudah menginjak 30 tahun ke-atas. .

Belum menikah di usia 30an bukan semata-mata karena cewek pemilih, ada seribu alasan di balik kondisi ini. Bisa jadi alasannya adalah memang karena Tuhan masih menyimpan rapi jodohnya dan akan dikeluarkan di saat yang menurut Tuhan tepat. Tentu kita tidak bisa menyalahkan ketentuan Tuhan dong?

Alasan lain mungkin karena cewek 30an mengalami trauma berat akan adanya komitmen sehingga dia butuh waktu untuk healingSo, please beri mereka ruang untuk menyembuhkan luka dan bersiap mencari pasangan.

Jika para cewek 30an ini tidak kunjung menikah karena mereka memiliki kriteria spesifik akan pasangan hidupnya maka coba hargai keputusan ini. Wahai manusia baik, ingatlah bahwa tiap orang berhak untuk menentukan value atau nilai akan hidupnya termasuk nilai tertentu dalam mencari pasangan hidup. Bayangin kamu menikahi orang yang tidak sefrekuensi denganmu, kamu mungkin bisa bertahan selama beberapa minggu tapi tidak untuk selamanya.

Ada juga cewek usia 30an belum menikah karena beban finansial keluarga yang harus ditanggung. Ditakdirkan sebagai tulang punggung dengan banyak anggota keluarga yang mesti disokong tentu membuat mereka berpikir ratusan kali untuk memutuskan menikah. Cewek ini terlahir tangguh dan sangat menghargai uang. Mereka pasti berharap mendapatkan pasangan yang sepenuhnya mengerti keadaanya sebagai pilar keuangan di keluarga.

Dan tentu pertanyaan kapan menikah tidak bijak untuk dilontarkan dengan membabi buta. Kadang lingkungan sosial berupaya untuk memberi saran agar cewek cepet dapat jodoh namun percayalah solusi semacam itu bukanlah bantuan yang diinginkan.

Menikah adalah mencari teman hidup yang harusnya bukan dijadikan ajang untuk siapa paling cepat menikah tapi baiknya sebagai pembuktian paling lama menjalani pernikahan. Cewek usia 30an tidak butuh diceramahi, mereka hanya butuh dukungan dengan tetap diam. Berhentilah bertanya tentang pernikahan, berhentilah memamerkan keromantisan suamimu, berhentilah menunjukan foto lucu anakmu di depannya, berhentilah membandingkan mereka dengan orang lain yang sudah sukses menikah, berhentilah menjodohkan mereka dengan kenalanmu. Percayalah cara bijak ini akan sangat berarti paling tidak dengan tetap diam dan menjaga perasaan mereka maka kalian telah menolong jiwa-jiwa hebat untuk tidak merasa tersakiti. Karena tidak semua cewek dianugerahi jalan hidup yang sama untuk menikah seperti yang ada di cerita dongeng puteri kerajaan.


Tulisan ini ditulis oleh Aqida Hakiki di Cangkeman pada tanggal 14 Juni 2022
penyukabiru
anggrekbulan
jiresh
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.8K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan