Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Waspada Bullying, Bekali Diri Anda dengan Hal Ini untuk Menghindari Perundungan
Pernah mengalami pembullyan dan perundungan oleh orang-orang sekitar?
Jangan takut, tetap tenang dan lakukan hal ini!


Bullying adalah penindasan yang dilakukan oleh satu orang atau sekumpulan orang entah dalam bentuk kata-kata kasar maupun kekerasan fisik dengan tujuan untuk menyakiti seseorang.

Pasti Agan dan Sista tahu dan paham tentang bullying bahkan mungkin pernah sebagian dari kalian pernah merasakan menjadi korban pembullyan.

Jujur ane pribadi pernah merasakan dibully semasa kecil GanSis. Kata-kata kasar dan juga kejailan-kejailan sering ane dapatkan sewaktu masa Sekolah Dasar.

Tentu tindakan pembullyan bukanlah sikap yang dapat dibenarkan ya GanSis, sebab dapat menyakiti hati, fisik, dan juga mental seseorang dan menciptakan trauma yang bisa terbawa sampai usia dewasa dan membuat mereka menyimpan dendam besar yang bisa sewaktu-waktu meledak dan dilampiaskan dengan tindakan nekat.




Pembullyan atau perundungan sendiri tidak hanya terjadi pada usia anak-anak saja GanSis, bullying pada orang dewasa pun sebenarnya ada kasus dan tindakan bullying meskipun tidak sebanyak kasus bullying pada usia anak-anak sampai remaja.

Dampak bullying selain membuat mental seseorang terganggu seperti sulitnya bergaul, bisa juga korban bullying akan mengalami stres dan depresi, pernah diberitakan beberapa kasus bullying yang korbannya melakukan bunuh diri karena mereka tidak tahan dengan hinaan dan kekerasan yang dilakukan oleh pelaku bullying.

Lalu bagaimana sih cara untuk menghindari bullying?
Apakah melawan itu menjadi hal yang perlu dilakukan?

Berikut beberapa hal tips dan trik menanggapi dan juga menghindari bullying dari orang sekitar!


1. Tetap Tenang
Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghindari bullying adalah dengan tetap tenang. Jangan pernah Agan atau Sista menunjukkan rasa takut saat GanSis mendapatkan perkataan kasar. Tenang, sabar, jangan melawan jika memang GanSis telah memperkirakan bahwa Agan dan Sista tidak mampu untuk melawannya sendiri.

Saat Agan dan Sista tidak menanggapi kata-kata kasar yang dilontarkan dan menganggap mereka tidak ada, maka mereka akan malu sendiri dan berhenti melakukan kebiasaan tersebut.
Namun hal ini tidak berlaku jika kekerasan fisik dilakukan ya GanSis.

2. Tunjukan Kekuatan dengan Prestasi
Menunjukkan kekuatan tidak perlu dengan baku hantam. Mungkin jika baku hantam satu lawan satu Agan Sista masih dapat menang, namun jika dikeroyok belum tentu GanSis bisa menang. Tunjukkan prestasi dan buat mereka bungkam, jika GanSis memiliki prestasi yang membanggakan maka tidak akan ada yang berani untuk melakukan bullying.

3. Perbanyak Sahabat
Sejauh ini yang ane lihat anak-anak yang mengalami bullying adalah yang suka menyendiri dan jarang bergaul dan tidak memiliki teman GanSis.
Sebab itulah mereka menjadi korban empuk bagi para anak-anak nakal yang suka menjatuhkan mental temannya dan korban tidak dapat melakukan apapun karena memang kurang memiliki teman. Namun jika GanSis memiliki banyak teman maka akan lebih terlindungi dan minim kemungkinan mengalami bullying.

4. Laporkan Pada Pihak Berwajib
Kasus bullying atau perundungan bisa dilaporkan kepada pihak berwajib GanSis. Apa lagi jika ada tindakan kekerasan yang sampai melukai fisik.
Mungkin itu adalah cara terbaik jika apa-apa yang GanSis lakukan masih belun dapat menghindari bullying, cara terakhir adalah dengan melaporkan pelaku agar jera.

sumber gambar

Kurang lebih itulah GanSis beberapa cara untuk menghindari dan juga menyikapi pembullyan.
Agan dan Sista yang sudah lelah untuk menanggung perasaan sendiri bisa ceritakan kepada orang yang bisa dipercaya dan meminta solusi kepadanya.

Jangan pernah Agan dan Sista hanya diam dan menerima saat ada yang berlaku kasar, karena itu akan membuat pelaku akan semakin semangat untuk menyakiti GanSis.

Ane berharap tidak ada lagi aksi-aksi bullying yang merugikan orang lain.
Mudah-mudahan kita semua dapat terhindar dari bullying.

Terima kasih untuk Agan dan Sista yabg telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2031
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
Cahayahalimah
Cahayahalimah memberi reputasi
1
2.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan