Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

D.D.o.SAvatar border
TS
D.D.o.S
Jokowi Kembali Masuk Daftar Tokoh Berpengaruh Versi The Muslim 500

TEMPO.COJakarta - The Muslim 500 merilis daftar tokoh muslim yang berpengaruh pada edisi 2022. Sejumlah tokoh di berbagai bidang masuk 50 besar daftar tersebut, di antaranya Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi, Striker Liverpool Mohamed Salah, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, sampai Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

Publikasi tahunan The 500 Most Influential Muslims mengurutkan tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. Itu pertama kali diterbitkan pada 2009. Publikasinya disusun oleh Royal Islamic Strategic Studies Center di Amman, Yordania.

Menurut situs resminya, Royal Islamic Strategic Studies Centre adalah entitas penelitian independen yang terafiliasi dengan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought.

Emir Qatar Tamim bin Hamad Al-Thani menempati urutan pertama tokoh muslim paling berpengaruh versi publikasi ini, disusul Raja Arab Saudi Salman bin Abdul-Aziz di tempat kedua. Kemudian di posisi ketiga ada Pemimpin Agung Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei.

Erdogan ada di urutan keempat pada edisi tahun ini. Sementara Jokowi menduduki posisi 13 dan Salah ada di urutan 41. Habib Muhammad Luthfi bin Yahya menempati urutan 32. Tokoh Indonesia lain, Ketua NU Said Aqil Siradj bercokol di posisi 19.

The Muslim 500 menyoroti sosok Jokowi sebagai presiden terpilih melawan oposisi yang mempertanyakan kepercayaan Islamnya. Saat itu dia berpasangan dengan Ulama Ma'ruf Amin sebagai wakil presiden.

Beberapa kategori dibagikan oleh The Muslim 500 atas 50 besar tokoh berpengaruh tersebut, seperti politisi, akademisi, budayawan, atlet, sampai aktivis. Sejumlah tokoh yang tidak masuk 50 besar mendapat panggilan terhormat, seperti Pesepakbola asal Senegal Sadio Mane, Aktivis Malala Yousafzai, Pegulat asal Rusia Khabib Nurmagomedov, sampai tokoh Muhammadiyah Din Syamsudin.

Jokowi juga masuk dalam daftar tokoh muslim berpengaruh ini pada tahun lalu. Di 2021, dia menempati urutan 12. 

TOKOH MUSLIM

ini fenghinaan buat bibib yang bersinar dan bercahaya, masa tidak masuk kategori manapun, warbiyasah ya akhi, emoticon-Mad
nurade247
bukan.bomat
xneakerz
xneakerz dan 8 lainnya memberi reputasi
9
987
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan