masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Waspada Pemalsuan Air Minum Kemasan, Berikut Cara Mengantisipasinya
Heboh air minum kemasan dipalsukan, tutup galon asli tapi isinya palsu. Berikut cara mencegah dan mengantisipasinya


Publik tengah dibuat heboh dengan beredarnya pemberitaan air minum kemasan yang dipalsukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Kejadian tersebut terjadi di Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten dan telah ditangkap 4 pelaku dari 5 tersangka oleh Kepolisian dari Polres Cilegon.

Adapun keempat pelaku ini tertangkap basah oleh petugas Kepolisian pada hari Sabtu 16 Juli 2022 tengah melakukan aktivitas mengoplos air minum kemasan isi ulang menjadi serupa dengan air minum kemasan yang asli hanya dengan merubah tutup galon dengan tutup galon asli dari salah satu produk air minum kemasan ternama di Indonesia.

Diketahui tutup botol asli ini disuplai oleh seorang berinisial SS yang saat ini berstatus sebagai DPO. SS menjual tutup botol tersebut kepada pemilik usaha air minum galon palsu tersebut dengan harga 5000 persatu tutup botol.

Air minum palsu dengan tampilan asli ini dijual kembali oleh pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka dengan harga 16.000 pergalon, sedangkan modal untuk produksi sendiri diperkirakan hanya 10 ribu untuk membeli air galon isi ulang dan juga tutup botol yang asli.

Menjadi keresahan di tengah masyarakat, kemungkinan aksi curang pedagang air minum kemasan ini tidak hanya terjadi kali ini GanSis.

Air galon salah satu merk ternama di Indonesia tersebut memang telah memiliki banyak pangsa pasar, sehingga banyak yang melakukan aksi curang dengan bonceng nama untuk mendapatkan keuntungan dari tindakan curang mereka.

Lalu bagaimana cara untuk mengantisipasi atau mencegah tertipu merk-merk air minum kemasan palsu?
Berikut ini beberapa caranya GanSis.




1. Memastikan Kemasan

Jika Agan dan Sista teliti saat membeli meskipun produk air minum kemasan ini menggunakan tutup yang asli tetapi ada perbedaan mencolok yang dapat terlihat GanSis.

Pada bagian leher tutup galon untuk yang asli terdapat sebuah lingkaran putih yang menyatu dengan tutup botol, sedangkan pada kemasan yang palsu terdapat lingkaran putih namun berupa lakban atau juga plastik tipis.

Selain itu pada bagian tutup juga terdapat alur buka yang menyerupai bentuk tetesan air, jika itu masih bagus dan tidak seperti telah dibuka maka itu galon air minum asli.

Pastikan pada bagian badan galon terdapat tulisan print tinta hitam tanggal produksi dan kadaluarsa yang sesuai dengan print yang ada di tutup galon, karena yang palsu tidak menyertakan tanggal produksi dan kadaluarsa.

2. Penampakan Air

Untuk penampakan air galon yang asli dapat dipastikan kejernihannya GanSis, berbeda dengan air galon isi ulang yang terlihat sedikit keruh dan sesekali muncul buih-buih di atas bagian galon.

Agan Sista dapat memastikan apakah air minum kemasan tersebut asli atau palsu dengan melihat kondisi penampakan air dari luar galon.

3. Rasa Air

Bagi Agan Sista yang sudah membeli dan membuka tutup galon dan ingin memastikan apakah itu air minum kemasan asli atau palsu juga bisa memastikan dari rasa airnya GanSis.

Air minum kemasan yang asli memiliki rasa yang segar dan tidak menimbulkan rasa eneg atau kesat karena memang air minum kemasan asli benar-benar telah steril dan tidak ada bahan kimia pembersih air.



Itulah GanSis beberapa cara untuk mencegah dan mengantisipasi penipuan air minum kemasan palsu sebagaimana yang tengah marah ditemukan dan terjadi di tengah masyarakat.

Mudah-mudahan kedepannya tidak ada lagi kasus serupa karena ini sangat merugikan masyarakat dan juga berbahaya bagi kesehatan karena air minum kemasan palsu belum dijamin keamanannya.

Oke, semoga thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua untuk selalu waspada.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 24-07-2022 11:34
makola
cor7
cemilanpagi
cemilanpagi dan 12 lainnya memberi reputasi
13
7.2K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan