ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Insiden Monorel, Peristiwa Yang Mengguncang Disney

Pada tanggal 5 Juli 2009, di Walt Disney World Resort, Florida, dua kereta monorel bertabrakan, mengakibatkan kematian satu karyawan. Kecelakaan terjadi pada sistem monorel yang dirancang untuk mengangkut pengunjung berkeliling taman. Sistem monorel di Walt Disney World dibangun pada tahun 1971 dan dikembangkan beberapa kali selama tahun 1970an dan 1980an.


Pada akhir tahun 1988 sistem itu terdiri dari tiga monorel dengan total enam stasiun di sepanjang jalur dan tata letak yang tetap tidak berubah sejak saat itu. Satu dari monorel itu ditujukan menjadi bagian pertunjukkan Magic Kingdom. Dan salah satu dari monorel mengangkut pengunjung menuju loket tiket utama ke Magic Kingdom. Monorel lainnnya mengangkut pengunjung berkeliling taman dan akan berhenti di beberapa lokasi di sekitar Magic Kingdom.

Monorel ketiga mempunyai jalur terpisah dari dua jalur yang lain dan melayani pengunjung ke bagian Epcot taman. Jika pengunjung dari bagian Epcot taman ingin ke Magic Kingdom, maka mereka harus turun dan berganti kereta monorel melalui stasiun Pusat Transportasi dan loket Tiket utama. Namun, untuk pengelolaan sistem tersebut, memungkinkan setiap monorel untuk bisa berpindah jalur. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan sakelar perpindahan trek dan alat penghubung antara jalur yang berbeda.


Sejumlah pihak bertanggung jawab untuk mengelola sakelar perpindahan trek tersebut. Di dalam setiap monorel ada seorang yang bertanggung jawab untuk mengemudikan kereta tersebut. Sementara ada supervisor yang berada di ruang kendali yang bertanggung jawab untuk memberikan instruksi kepada pengemudi dan operator panel di ruang kendali lain bertanggung jawab untuk menghidupkan dan mematikan daya di lintasan dan mengaktifkan sakelar perpindahan lintasan. Semuanya berkomunikasi menggunakan radio.

Peristiwa mengerikan itu terjadi pada pukul 2 dini hari pada tanggal 5 Juli 2009. Sebagian besar taman ditutup pada malam hari, tetapi monorel tetap berjalan untuk mengangkut para tamu kembali ke hotel mereka. Tiga kereta sedang beroperasi di jalur Epcot pada saat itu, Monorel Pink, Monorel Purple dan Monorel Coral.


Monorel Pink sudah siap untuk tidak beroperasi pada malam itu. Untuk dapat kembali ke area pemeliharaan di mana monorel biasanya diparkir saat tidak digunakan, dia harus berpindah dari jalur Epcot ke jalur Magic Kingdom. Bagian pertama dari operasi itu berjalan dengan lancar, monorel Pink bergerak melewati jalur yang menghubungkan dua jalur dan berhenti, kemudian melaporkan kepada operator bahwa dia sudah siap untuk perpindahan jalur. Supervisor kemudian menghubungi operator panel dan meminta mereka untuk mengganti jalur sehingga monorel Pink dapat berpindah jalur.

Di sinilah terjadi kesalahan, operator panel memutuskan daya jalur Epcot, yang sudah siap untuk dilalui, tetapi kemudian terganggu oleh dua panggilan radio yang hampir bersamaan terkait dengan monorel lain. Setelah menangani semua itu, operator panel mengembalikan daya ke saluran Epcot dan dia salah mengira bahwa dia sudah mengalihkan jalur Monorel Pink.


Operator panel menghubungi supervisor. Supervisor menghubungi monorel Pink dan mengizinkan pengemudi untuk melanjutkan perjalanan. Karena jalurnya belum dialihkan, Monorel Pink tidak berada di jalur yang benar, melainkan bergerak kembali ke jalur Epcot. Sementara itu monorel Purple berjalan di sepanjang jalur Epcot, yang berisi satu pengemudi dan enam penumpang di dalamnya.

Pengemudi monorel Purple bereaksi untuk berusaha mengendalikan kereta. Tindakan yang jelas dimaksudkan untuk melindungi penumpang di dalamnya dari bahaya. Pada pukul 2 dini hari, kedua kereta bertabrakan dan berhenti di Loket Tiket Utama dan Pusat Transportasi. Kabin belakang monorel Pink dan kabin depan monorel Purple hancur berantakan, menjebak pengemudi monorel Purple.


Meskipun dilakukan upaya terbaik, tetapi pengemudi monorel Purple tidak dapat diselamatkan. Korban dari kecelakaan adalah Austin Wuennenberg yang berusia 21 tahun. Disney dengan cepat melakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan bagian dari sistem monorel yang tidak berfungsi. Transportasi Monorel tetap berjalan lagi keesokan harinya, bahkan saat penyelidikan sedang berlangsung. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mencatat bahwa ada beberapa hal yang mungkin bisa mencegah tabrakan. Seharusnya perusahaan besar seperti Disney melengkapi monorel dengan sistem pemblokiran yang terkomputerisasi, sehingga akan mencegah dua kereta memasuki blok rel yang sama.


Pada waktu kejadian ternyata supervisor sedang tidak berada di ruangan kendali, dia sedang membeli makanan dan hanya mengandalkan kontak radio untuk mengatur perjalanan monorel. Pengemudi Monorel Pink sempat menyadari bahwa posisinya berada di jalur yang salah, tetapi karena jalur yang terlihat sama maka dia sedikit kebingungan. Ditambah dengan kondisi pada waktu itu berkabut membuat jarak pandang semakin buruk, maka sulit bagi pengemudi monorel Pink untuk menyadari bahwa dia berada di jalur yang salah.


Banyak perubahan dilakukan oleh Disney setelah kecelakaan itu. Monorel tidak rusak diubah fungsinya, menjadi monorel Teal dan monorel Peach, yang keduanya tetap beroperasi hingga hari ini. Sejak 5 Juli 2009, sistem tersebut telah mengangkut hampir 150.000 orang per tahun tanpa insiden mematikan serupa yang pernah terjadi.

[url=https://mx-schroeder.S E N S O Runhappiest-place-on-earth-the-2009-walt-disney-world-resort-monorail-collision-f4b2b5758f5c]Referensi 1
[/url]Referensi 2

KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
Diubah oleh ashibnu 18-07-2022 05:10
fachri15
fachri15 memberi reputasi
4
2.6K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan